by

10 Trik Promosi Cerdas untuk Bisnis Kuliner

Memiliki keahlian memasak yang top saja ternyata tidak bisa menjamin keberhasilan seseorang dalam membangun sebuah bisnis makanan atau kuliner. Masih ada banyak aspek lain yang juga perlu untuk dipelajari untuk menunjang kesuksesan bisnis kuliner Anda.

Dan salah satu aspek yang menjadi penentu keberhasilan suatu bisnis makanan, tak lain ialah tentang strategi promosi yang cerdas. Nah, apakah yang dimaksud dengan strategi promosi yang cerdas tersebut? Berikut ulasan lengkapnya, silakan simak ulasannya berikut ini.

Trik Promosi Cerdas untuk Bisnis Kuliner
Trik Promosi Cerdas untuk Bisnis Kuliner

Trik Promosi Cerdas untuk Bisnis Kuliner

  1. Jaga Kualitas Produk

Bicara tentang usaha makanan, ada satu hal  penting yang perlu diperhatikan yaitu jaminan kualitas rasa dari makanan yang nantinya akan dipromosikan. Dalam hal ini, konsistensi cita rasa sangat perlu dipertahankan/dijaga, meskipun bahan bakunya mengalami kenaikan sekalipun.

Jangan asal mengubah bumbu maupun bahan yang digunakan dalam pembuatan makanan, sebab hal ini bisa membuat konsumen kecewa jika makanan yang dijual kadang-kadang rasanya lezat, namun kadang sedang-sedang saja atau bahkan sama sekali tidak menggugah selera makan pelanggan. Hal ini bisa membuat pelanggan berhenti berlangganan dari masakan Anda.

  1. Manfaatkan Peristiwa-peristiwa yang Bisa Mengundang Keramaian 

Berpromosi di tempat-tempat yang ramai biasanya sangat efektif. Oleh karenanya, jangan segan-segan untuk berkunjung dan ikut berpartisipasi sebagai pengisi booth di acara pasar malam, bazaar, eksebisi, maupun perayaan resmi momen-momen tertentu. 

  1. Sebarkan Selebaran di Tempat-tempat yang Tepat

Ini dia satu strategi ampuh untuk mendapatkan banyak konsumen potensial. Dalam menyebarkan brosur, jangan lupa untuk sertakan kontak telepon dan gambar yang bisa menarik konsumen. Selain itu, agar selebaran yang Anda bagikan tidak dibuang begitu saja, sebaiknya cantumkan isi dari brosur yang bermanfaat. Misalnya saja sertakan resep makanan, tips memasak, atau mungkin informasi lain yang sekiranya relevan dengan tema brosur tersebut.

  1. Buat Stiker dan Rekatkan pada Benda-benda yang Mudah Dilihat 

Untuk mencetak stiker mungkin masih tergolong pekerjaan yang mudah. Namun yang sedikit sulit di ini adalah menemukan tempat yang tepat untuk menempelkan/menempatkan stiker-stiker ini agar bisa dilihat oleh khalayak umum dengan mudah. Tempatkan di tempat yang strategis misalnya perempatan/pertigaan jalan, namun jangan sampai merusak estetika dan melanggar aturan.

  1. Bikin Peta Lokasi Penjualan pada Kemasan Produk 

Pemilihan lokasi yang kurang strategis kadang bisa jadi kendala tersendiri bagi sebuah bisnis untuk berkembang pesat. Kelezatan dari makanan Anda mungkin sudah terbilang top, namun jika orang kesulitan mencari lokasi penjualan Anda maka semua usaha bisa saja sia-sia. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu menyertakan petunjuk lokasi yang jelas bagi pelanggan, agar mereka bisa dengan mudah membeli langsung ke lokasi penjualan Anda.

  1. Gabung dalam Komunitas 

Dengan menjadi bagian dalam sebuah komunitas, keberadaan bisnis makanan Anda akan lebih diketahui banyak orang. Di samping itu, Anda pun bisa saling tukar informasi dengan anggota lainnya dan menemukan banyak peluang baru yang pasti akan lebih menjanjikan. 

  1. Berinteraksi di Berbagai Media 

Sebarkan keberadaan bisnis Anda bukan hanya lewat promosi direct selling saja, namun juga berusaha untuk membangun komunikasi dua arah dengan penduduk sekitar.

Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan jalur-jalur konvensional seperti TV dan radio yang mungkin membutuhkan anggaran khusus dan terbilang tidak sedikit. Atau Anda bisa juga menggunakan jalan alternatif seperti media sosial yang murah, cepat dan tak terbatas. Namun untuk melakukannya tetap membutuhkan strategi dan waktu yang cukup banyak. 

  1. Kenalkan ke Departemen atau Instansi Terdekat 

Jangan lupa untuk mengenalkan produk Anda pada departemen maupun instansi yang relevan di sekitar Anda. Sebagai contoh, kepada Dinas Pariwisata, Departemen Perindustrian dan Departemen Koperasi serta  UKM. 

  1. Bekerjasama dengan Agen Perjalanan

Jika makanan yang diproduksi sangat lekat dengan citra suatu daerah atau kawasan, maka Anda bisa mendapatkan peluang bisnis yang menggiurkan dari para pengguna jasa agen perjalanan yang melalui daerah atau toko  Anda. 

  1. Adakan Program Diskon di Waktu-waktu yang Spesial 

Adakan program-program diskon pada waktu tertentu sehingga dapat menarik orang dalam jumlah besar untuk merayakannya dan membeli produk makanan hasil olahan Anda. Hal ini juga bermanfaat untuk menarik pelanggan baru.

Itulah 10 taktik jitu dalam memasarkan produk makanan. Jika tertarik membangun bisnis makanan, mungkin tidak ada salahnya jika menerapkan trik-trik ampuh di tersebut. Selamat mencoba. (Ano).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *