by

3 Hosting File Terbaik di Internet

Di jaman yang serba internet seperti sekarang ini, rasa-rasanya setiap orang terutama anda para pekerja kantoran maupun freelance seringkali membutuhkan hosting untuk menyimpan file pekerjaan yang sangat penting atau berisiko hilang jika hanya disimpan di komputer ataupun drive anda.

3 Hosting File Terbaik di Internet
3 Hosting File Terbaik di Internet

Seperti yang saya alami, saya seringkali membutuhkan tempat hosting file untuk membackup data-data penting pekerjaan kantor maupun pribadi, agar jika sewaktu-waktu terjadi apa-apa (kerusakan maupun hilang) dengan komputer/drive saya, data pekerjaan penting tidak akan ikut hilang. Saya pernah mempunyai seorang pimpinan yang mengatakan, ”salah satu cara menghargai diri sendiri adalah dengan membackup hasil pekerjaan kita”.

Mengingat di dunia komputer sering kali terjadi kasus hardware/software yang rawan rusak baik yang di akibatkan oleh virus maupun kesalahan manusia (human error), sehingga menjadi sangat penting untuk selalu membackup data penting kita terutama yang berhubungan dengan pekerjaan.

Untuk itulah, pada postingan kali ini saya akan berbagi informasi kepada anda tentang 3 Hosting File Terbaik di Internet menurut penilaian saya secara pribadi. Lalu situs hosting file apa sajakah itu?

3 Hosting File Terbaik di Internet

  1. ­­­Google Drive

Sudah tidak diragukan lagi jika Google Drive menjadi urutan pertama sebagai tempat penyimpanan/hosting file terbaik. Selain menyediakan 15 GB free storage, Google juga menyediakan fasilitas upgrade akun menjadi premium, sehingga anda akan mendapatkan tempat penyimpanan/hosting yang jauh lebih besar daripada yang free (gratis), tentu saja hal ini akan dapat digunakan untuk menyimpan data penting pekerjaan kita dengan jauh lebih leluasa.

Google Drive sendiri adalah hosting file milik perusahaan Google Inc., dan setahu saya adalah fasilitas hosting yang menggantikan Code Google Project Hosting lama milik Google, yang dulunya dapat diakses di https://code.google.com.

Selain menyimpan data di Google Drive aman, karena dikelola oleh Google yang notabene adalah perusahaan besar, Google Drive juga sangat mudah digunakan. Jika anda sudah mempunyai akun Google misalnya email dari gmail.com, maka sudah dipastikan anda juga memiliki hak untuk mengakses Google Drive anda yang dapat diakses melalui alamat https://drive.google.com.

Di Google Drive anda bebas membuat direktori atau folder, sehingga anda dapat mengelola file-file/data anda dengan rapi. Jika menggunakan Google Drive baca terlebih dahulu aturan/policynya agar file atau data yang anda upload tidak melanggar kebijakan Google, sehingga file dan data yang anda simpan akan tetap aman.

  1. Dropbox

Dropbox saya rasa juga hosting file yang lumayan terkenal sehingga saya meletakkannya diurutan nomor dua (2). Sama seperti Google Drive, di Dropbox anda juga bisa menyimpan file secara gratis dengan kapasitas kurang lebih 2 GB untuk versi yang free, namun jika anda ingin memiliki tempat penyimpanan yang jauh lebih besar, Dropboxpun juga menyediakan fasilitas untuk upgrade menjadi akun premium, sehingga kapasitas Dropbox milik anda akan menjadi jauh lebih besar lagi.

Sama seperti di Google Drive, di Dropbox kita juga dapat membuat folder/direktori untuk menyimpan file-file pekerjaan kita, namun Dropbox menjadi idola karena mereka mempunyai Dropbox aplikasi versi desktop yang dapat digunakan untuk menyinkronkan drive komputer lokal kita dengan aplikasi penyimpanan milik Dropbox. Sehingga file apapun yang kita buat di drive atau folder yang kita sinkronkan tersebut, akan otomatis di upload dan di backup di akun Dropbox kita, sehingga kita tidak perlu repot-repot menguploadnya secara manual melalui web.

Bagi anda yang ingin menggunakan Dropbox sebagai tempat/hosting untuk menyimpan file, anda dapat membukanya di alamat https://www.dropbox.com.

  1. Data File Host

Terakhir tempat penyimpanan file/hosting di internet yang terbaik menurut saya adalah DataFileHost, hal ini karena menurut pengalaman saya ketika mendownload file dari DataFileHost, kecepatan downloadnya sama sekali tidak rendah alias seperti tidak pernah dibatasi, sehingga hal ini mungkin juga sangat cocok bagi pemilik situs-situs download, selain bagi para pekerja yang ingin menyimpan hasil pekerjaannya.

Berikut adalah fitur-fitur yang terdapat di DataFileHost:

  • Setiap file maksimal berukuran 512 MB.
  • Unlimited file upload/tidak terbatas jumlah file yang di upload.
  • Unlimited file download/tidak terbatas jumlah file yang di download.
  • File aktif di simpan selamanya di DataFileHost, namun untuk file yang tidak aktif (tidak pernah di download lebih dari sama dengan 60 hari, maka setelahnya bisa jadi akan dihapus).
  • Semua tipe file di ijinkan untuk di upload di DataFileHost.

Walaupun ada sedikit kekurangan pada bagian file yang tidak aktif, namun saya berani menjamin jika memang tujuan anda ingin menyimpan file yang mungkin akan sering dibagikan/didownload, DataFileHost layak menjadi pilihan, ini mungkin akan sangat cocok bagi anda para blogger/freelancer pemilik situs download. Dan bagi anda para pekerja, setidaknya 2 bulan sekali harus rutin menekan tombol download untuk menjaga file tetap aman. Situs DataFileHost dapat dibuka dengan alamat: www.datafilehost.com.

Bagaimana? Akhirnya situs hosting file manakah yang jadi pilihan anda? Mungkin yang terbaik adalah memilih berdasarkan jenis kebutuhan anda, baik para pekerja kantor maupun freelance. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda yang sedang mencari situs hosting file terbaik.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *