by

3 Trik Lolos Wawancara Kerja

-Opini-158 views

Buka rahasia bahwa wawancara kerja adalah momentum yang sangat penting dan menakutkan bagi mayoritas kandidat yang diwawancarai. Pada dasarnya, sesi ini termasuk poin yang menentukan apakah Anda diterima bekerja atau sebaliknya. Namun, tentu saja sebelum ikut wawancara kerja Anda harus berpikir dulu dan membuat strategi perilaku saat akan diwawancarai. Para pemberi kerja cenderung untuk sengaja menanyakan hal-hal yang dapat membuat Anda terkesan atau pun terkejut. Untuk dapat menghindari situasi yang sangat tidak enak ini, seharusnya Anda memiliki pengetahuan atau skema tertentu tentang cara dan peraturan berkomunikasi pada pertemuan pertama dengan perwakilan perusahaan.

3 Trik Lolos Wawancara Kerja
3 Trik Lolos Wawancara Kerja

Akan tetapi, jangan langsung gelisah dan takut. Dengan tips dan trik berikut ini dari tim Jooble, Anda dapat mengesankan pewawancara saat interview, sehingga akan dengan mudah diterima ke tempat kerja impian.

Trik Lolos Wawancara Kerja

  1. Sabar dulu

Selain pengetahuan dan pengalaman, hal yang juga berperan sangat tinggi saat wawancara kerja adalah kondisi emosional Anda.  Supaya tetap sabar, tenang dan tidak terlihat gelisah, cobalah siapkan semua informasi yang ingin disampaikan sebelumnya. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan pikiran Anda supaya pada saat wawancara kerja dapat menjawab setiap pertanyaan dengan serba jelas dan akurat. Pastikan bahwa ketika Anda dipanggil masuk, Anda sudah siap untuk 100%.

  1. Bahasa dan mimika

Bahasa tubuh dan cara berbicara dapat menunjukkan karakter dan individualitas seorang kandidat baru. Oleh karena itu, buatlah kesan positif ketika berdialog dengan seorang pewawancara. Cobalah bersikap sopan dan profesional, sehingga yang mewawancarai tidak akan ragu satu menit pun untuk memberi pekerjaan kepada Anda.

Selain itu, selalu menjelaskan pikiran Anda dengan jelas dan logis tanpa menceritakan tentang hal-hal yang tidak berkaitan dengan pertanyaan. Dengan ini, pemberi kerja pasti akan menanggap Anda dengan lebih serius.

  1. Siapkan data pribadi

Pengalaman dan latar belakang Anda adalah faktor terpenting bagi perusahaan saat mengambil keputusan memberi kerja atau tidak. Maka, sebelum ikut wawancara kerja, pastikan dulu seluruh informasi yang Anda butuh telah Anda siapkan, dan jika diperlukan, bawa beserta buktinya.

Itulah sedikit tips bagaimana agar mudah lolos saat wawancara kerja. Semoga trik ini bermanfaat buat Anda, khususnya yang sedang mencari dan melamar pekerjaan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *