by

5 Bisnis Go Green yang Menguntungkan Serta Punya Prospek Cerah

Masih bingung mau bisnis apa? Jangan galau dan jangan risau. Bagaimana jika Anda mencoba untuk bisnis yang sifatnya go green? Tidak ada salahnya jika Anda mencoba bisnis seperti ini, karena kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekarang semakin meningkat. Jadi sangat cocok sekali bisnis ini diterapkan di tengah masyarakat Indonesia sekarang.

5 Bisnis Go Green yang Menguntungkan Serta Punya Prospek Cerah
5 Bisnis Go Green yang Menguntungkan Serta Punya Prospek Cerah

Nah, sebagai referensi berikut telah kami rangkum beberapa contoh jenis bisnis yang bersifat go green dan menguntungkan tidak hanya bagi lingkungan tetapi bagi Anda juga, apa saja daftar bisnisnya? Berikut ulasannya.

5 Contoh Bisnis Go Green yang Bisa di Coba

  1. Menjual produk jam dari botol bekas

Produk daur ulang yang ramah lingkungan juga bisa menjadi ide bisnis Go Green yang menguntungkan. Anda bisa membuat produk apa saja dari benda-benda yang bisa di daur ulang. Misalnya membuat jam dari botol bekas. Selain unik dan kreatif, bisnis seperti ini juga sangat menguntungkan jika ditekuni. Mungkin Anda memang perlu sedikit belajar bagaimana cara membuat jam dari daur ulangnya, namun tenang saja jika sudah mahir maka tinggal menunggu waktu sebelum bisnis Anda ini berkembang.

  1. Furnitur daur ulang

Tak ada salahnya jika Anda mengkreasikan dan mendaur ulang beberapa perabotan lama dan barang lainnya yang menumpuk di gudang. Selain gudang menjadi tidak penuh, tentunya juga bisa menambah nilai guna bahkan bisa menjadi ide bisnis go green yang menguntungkan.

Ada banyak cara untuk berkreasi dengan perabotan lama Anda. Misalnya mendaur ulang drum yang sudah tak terpakai menjadi sofa bercat warna-warni. Atau membuat caffe table dari peti kayu usang yang ditambahkan dengan roda di bawahnya. Atau bisa juga dengan membuat meja untuk menaruh pajangan dengan memanfaatkan mesin jahit yang sudah tidak terpakai.

  1. Bisnis penyewaan sepeda

Ide bisnis go green yang menguntungkan berikutnya adalah bisnis penyewaan sepeda. Selain menguntungkan, tentunya penyewaan sepeda ini juga berkontribusi dalam hal mengurangi polusi. Anda bisa menjadikan Ikatan Alumni ITB dan Bandung Creative City Forum (BCCF) sebagai role model. Mereka merupakan penggagas tempat penyewaan sepeda di kota Bandung.

Setidaknya di jalan Buah Batu dan Ir H. Juanda Surabaya sekarang sudah tersebar sekitar 10 shelter penyewaan sepeda. Di tempat-tempat tersebut masyarakat umum bisa menyewa sepeda dengan tarif Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu per jam.

  1. Menjual produk olahan organik

Anda ingin berbisnis dengan modal minim dan profit yang menjanjikan? Mungkin Anda bisa mencoba berjualan produk olahan organik. Misalnya membuat selai dari buah-buahan organik. Supaya menarik, Anda bisa mengemasnya dalam jar-jar yang di labeli dengan desain cantik dan memikat.

Bisnis produk olahan selai organik ini cukup menjanjikan. Pemasarannya pun mudah, bisa langsung ataupun dipasarkan via online. Salah satu referensi yang bisa Anda contoh misalnya Bumi Langit, Jogja. Disana, selain selai dan produk-produk organik, ada juga restoran, peternakan, dan kursus-kursus tentang cara bertahan hidup dari memanfaatkan bahan alami.

  1. Bank sampah

Bank sampah merupakan sebuah tempat untuk mengubah sampah menjadi uang. Caranya, warga menyetorkan sampah-sampah daur ulang yang telah dikumpulkan ke Bank Sampah. Setelah itu mereka akan mendapat uang sesuai dengan kuantitas dan kualitas jenis sampahnya.

Uang dari hasil penjualan sampah tersebut bisa ditabung di Bank Sampah dan diambil saat dibutuhkan. Misalnya digunakan untuk membayar tagihan listrik ataupun membeli keperluan sehari-hari. Jika Anda ingin membangun bisnis Bank Sampah ini, sebaiknya Anda harus koordinasi dengan pengepul sampah dan warga sekitar untuk menyetorkan sampah-sampah mereka ke Bank Sampah kepunyaan Anda.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba bisnis inspiratif yang bersifat go green? Semoga ragam bisnis go green yang menguntungkan di tersebut dapat menginspirasi Anda untuk memulai usaha yang ramah lingkungan. Jadi, bisnis tak semata untuk mencari penghasilan, namun juga bisa untuk menyelamatkan lingkungan. (Ano).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *