by

5 Contoh Usaha Rumahan Bagi Pensiunan yang Menguntungkan

-Bisnis-318 views

Pensiunan adalah mereka yang berhenti bekerja karena telah memasuki masa pensiun yakni orang-orang yang usianya di atas 55 tahun. Banyak dari pensiunan ini yang kemudian hanya menghabiskan waktu di rumah dengan berbekal tunjangan hari tua mereka. Karena perubahan pola hidup dari yang semula aktif bekerja kemudian tidak melakukan apa-apa di rumah, maka banyak pula dari para pensiunan ini yang merasa bosan.

5 Contoh Usaha Rumahan Bagi Pensiunan yang Menguntungkan
5 Contoh Usaha Rumahan Bagi Pensiunan yang Menguntungkan

Banyak orang yang berpendapat bahwa tidak melakukan kegiatan apapun justru akan mempercepat proses penuaan pada diri Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda para pensiunan untuk kembali beraktivitas, dengan membuka usaha atau bisnis sendiri di rumah misalnya. Nah, sebagai referensi, berikut ini kami bagikan berbagai jenis usaha yang cocok dan berpotensi menguntungkan untuk para pensiunan, yang sebaiknya Anda pertimbangkan untuk dicoba dirumah.

Berikut 5 Contoh Usaha Rumahan Bagi Pensiunan yang Menguntungkan

  1. Usaha Bidang Peternakan atau Pertanian

Bagi Anda yang suka berkebun atau beternak, Anda dapat mencoba membuka usaha di rumah. Misalnya Anda dapat memelihara ayam hingga bebek atau memilih untuk berkebun dengan cara yang sederhana dan tidak membebani Anda. Usaha ini cocok bagi Anda para pensiunan yang memiliki pekarangan yang luas apalagi jika tempat tinggal Anda di pedesaan. Tentunya dengan beternak dan berkebun selain mendatangkan keuntungan juga mampu menghilangkan stres Anda di masa tua.

  1. Membuka Usaha Rental

Selagi Anda masih mendapat gaji bulanan, maka sisihkanlah sedikit penghasilan Anda sebagai bekal investasi saat pensiun. Nah, saat Anda telah memasuki usia masa pensiun, Anda dapat memanfaatkan modal tersebut untuk membuka berbagai jenis usaha.

Usaha yang dapat Anda pertimbangkan untuk dicoba adalah rental. Bisa berupa rental motor, mobil, playstation, game online, bahkan rental perlengkapan acara hajatan. Usaha ini tentunya menguntungkan dan Anda tidak perlu melakukannya dari luar rumah.  Apalagi dengan usaha seperti ini Anda juga tidak akan terlalu dibebani, karena pekerjaannya mungkin hanya sebatas mengontrol maupun mencatat, sehingga tidak akan terlalu membosankan, apalagi jika Anda mampu mempekerjakan karyawan, tentunya pekerjaan ini akan sangat ringan untuk Anda.

  1. Membuka Usaha Sesuai Hobi

Tentunya sangat menyenangkan dapat membuka usaha sesuai hobi Anda di hari tua. Misalnya bagi Anda yang suka memancing, kenapa tidak Anda membuka usaha kolam pemancingan atau toko alat-alat pancing? Sangat menggiurkan bukan? Selain usaha macam ini tidak perlu membutuhkan tenaga yang besar, kalau didasari oleh hobi tentunya usaha dan pekerjaan yang kita lakukan akan sangat menyenangkan.

Bagi ibu-ibu yang hobi memasak, Anda bisa membuka jasa catering atau kursus memasak. Selain menyenangkan, tentunya hobi ini akan memberikan keuntungan di masa tua Anda. Anda tidak perlu berkecil hati dan merasa terlalu tua untuk mencoba usaha dari hobi Anda yang sejak lama Anda inginkan. Tentunya Anda pasti sudah tahu cerita pengusaha ayam goreng sukses asal Amerika yang kini restoran waralabanya merajalela di Indonesia dan banyak “menjamur” di negara lainnya? Ya, ternyata ia memulai bisnis kulinernya di usia 60 tahun, woow hebat bukan?

  1. Bisnis Properti

Usaha ini mungkin dapat dilakukan bagi Anda pensiunan yang memiliki cukup banyak modal/tabungan. Properti di sini bukan hanya sebatas perumahan atau apartemen seperti bisnis properti yang sering Anda lihat iklannya di televisi. Karena jika seperti itu, mungkin usaha ini akan memberatkan Anda yang sudah berumur dan tidak cukup banyak tenaga.

Yang saya maksud bisnis properti disini adalah lebih kearah jasa properti. Misalnya Anda bisa mencoba memulai bisnis dengan membangun rumah kos, homestay atau kontrakan di daerah-daerah strategis. Anda yang tinggal di daerah dekat kampus atau di daerah tempat wisata dapat mulai melirik bisnis yang cukup menjanjikan ini. Anda dapat mencoba membangun sebuah homestay murah bagi para wisatawan, jika Anda berada di daerah dekat tempat pariwisata. Percayalah, tempat seperti homestay murah akan sering dicari oleh wisatawan daripada hotel yang mahal.

  1. Membuka Usaha Sesuai Keahlian

Bagi Anda yang memiliki bakat di bidang seni, maka Anda dapat menyalurkan bakat Anda menjadi bisnis yang menghasilkan uang. Begitu pula bagi Anda yang duluya bekerja sebagai guru, Anda dapat membuka jasa les privat di rumah Anda untuk mengisi hari tua. Namun tentu saja pekerjaan ini jangan sampai memberatkan Anda, ambilah secukupnya untuk sekedar mengisi waktu luang sebagai prioritas, jangan orientasinya kepada uang.

Nah, bagi Anda yang sebentar lagi atau sudah memasuki masa pensiun serta sering merasa bosan jika tidak melakukan kegiatan apa-apa dirumah. Jangan biarkan masa tua Anda berlalu sia-sia tanpa ada kegiatan yang berarti. Anda yang melakukan usaha rumahan seperti yang telah disebutkan pasti akan merasakan dua manfaat sekaligus, yaitu menghilangkan stres dan menambah pundi-pundi pemasukan Anda.

Meskipun banyak usaha lain yang mungkin sangat cocok dilakukan bagi Anda yang sudah dalam masa pensiun. Sekali lagi saya ingatkan jangan sampai pekerjaan di hari pensiun Anda memberatkan Anda sendiri. Jangan terlalu berpikir/berorientasi pada uang, tetapi menikmati hidup dan menjadi bermanfaat untuk orang lain akan lebih bijaksana untuk dilakukan, apalagi jika umur kita sudah tua, hal ini dapat menjadi amal kita juga nantinya. Mungkin seperti itulah jenis-jenis pekerjaan yang cocok untuk Anda lakukan di masa pensiun.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *