by

5 Jenis Usaha yang Cocok Dijalankan di Lingkungan Sekolah atau Kampus

-Bisnis-4,256 views

Membuka usaha atau menjalankan bisnis sampingan merupakan pilihan tepat demi mendapatkan penghasilan tambahan yang menjanjikan. Jika Anda yang sudah bekerja atau ibu rumah tangga yang tidak memiliki kegiatan di rumah, maka tak ada salahnya jika memanfaatkan waktu senggang dengan menjalankan usaha/bisnis dirumah. Dan sebelum membuka suatu usaha, sebaiknya pahami dulu apa saja yang perlu di perhatikan agar usaha yang akan Anda jalankan memiliki potensi untuk menjadi usaha yang sukses. Salah satu faktor kesuksesan usaha adalah faktor tempat atau lokasi. Dimana lokasi usaha sangat memiliki peranan yang vital/sangat penting bagi jalannya usaha, dengan lokasi yang tepat serta strategis akan lebih cepat dan mudah mencari konsumen, serta akan menghasilkan banyak pengunjung dan pembeli, karena inilah orientasi kita jika membuka bisnis seperti toko dan semacamnya.

5 Jenis Usaha yang Cocok Dijalankan di Lingkungan Sekolah atau Kampus
5 Jenis Usaha yang Cocok Dijalankan di Lingkungan Sekolah atau Kampus

Dan berbicara mengenai masalah lokasi, buat Anda yang tinggalnya di dekat sekolah atau kampus maka itu merupakan nilai plus yang sebaiknya harus Anda manfaatkan. Banyak ide peluang usaha menguntungkan yang bisa Anda pertimbangkan. Dan sebagai referensi berikut ini kami bagikan contoh ide usaha terbaik yang bisa dijalankan di lingkungan sekitar sekolah/kampus. Usaha apa sajakah itu?

Inilah Jenis Usaha yang Cocok Untuk di Lingkungan Sekolah/Kampus

  1. Membuka Kos-kosan

Ngekos tidak dapat di lepaskan dari kehidupan siswa atau mahasiswa. Biasanya mulai dari siswa SMP hingga mereka para mahasiswa yang tempat tinggalnya jauh dari kampus/sekolahnya, akan mencari tempat kos agar lebih mudah dalam kegiatan belajar.

Terlebih untuk sekolah favorit yang memiliki reputasi bagus, atau kampus terbaik yang memiliki akreditasi bagus, maka pelajarnya tentu bukan hanya anak-anak di daerah situ saja. Bisa jadi siswa lain daerah, bahkan lain provinsi akan menuntut ilmu di situ juga. Nah, dengan kondisi tersebut, bila Anda punya rumah di dekat lingkungan sekolah/kampus, kenapa tidak menjadikan ruangan atau kamar Anda yang tak terpakai guna menampung mereka. Atau kalau perlu, jika Anda punya modal, Anda membangun rumah khusus yang memang di peruntukkan sebagai rumah kost.

Ditempat Saya tinggal di daerah Kota Malang – Jawa Timur khususnya, bisnis kos-kosan sangat banyak sekali ditemukan dan tidak pernah sepi. Hal ini karena memang Kota Malang terkenal sebagai Kota Pendidikan, banyak orang luar daerah yang bersekolah/kuliah di Kota Malang, sehingga sangat tepat jika masyarakat sekitar sekolah/kampus membuka bisnis kos-kosan. Selain keuntungan yang lumayan banyak, membuka kos-kosan juga tidak terlalu menuntut kita untuk bekerja seperti di kantor. Bisnis ini memang cocok bagi ibu rumah tangga. Untuk itulah bagi Anda yang memiliki tempat tinggal yang tidak jauh dari sekolah/kampus bisa mencoba peluang usaha membuka kos-kosan ini, karena peluangnya sangat menjanjikan.

  1. Usaha Kuliner

Usaha yang satu ini jelas memiliki prospek yang menjanjikan. Dan salah satu tempat strategis untuk membuka usaha kuliner tentu saja di lingkungan sekolah/kampus. Anda dapat menjual beraneka ragam kuliner, baik itu makanan dan minuman ataupun aneka camilan dan snack yang di gemari oleh siswa maupun mahasiswa.

Yang terpenting tentunya Anda harus menjual makanan dan minuman yang benar-benar sehat dan enak. Selain itu, harga makanannya juga jangan terlalu mahal dan harus disesuaikan dengan kantong para pelajar/mahasiswa supaya nantinya usaha kuliner yang Anda miliki ini selalu ramai.

Karena siswa dan mahasiswa biasanya sering ngumpul rame-rame apalagi jika sedang makan, maka suasana tempat dan pengaturan tata letak usaha kuliner Anda juga harus menjadi perhatian. Siswa/mahasiswa akan lebih sering memilih tempat-tempat makan yang enak untuk bersantai dan ngobrol bersama teman sejawat, untuk itulah jika memungkinkan membuka kuliner dengan tata letak/tempat duduk bertema “lesehan” akan sangat memiliki peluang mendapatkan banyak pelanggan dari kalangan siswa/mahasiswa.

  1. Menjalankan Toko ATK dan Fotocopy

Usaha ATK dan fotocopy adalah usaha yang sangat potensial untuk dijalankan di dekat sekolah. Kedua usaha ini biasanya bergabung menjadi satu, dimana menjual keperluan alat tulis lengkap dengan jasa fotocopy. Para siswa pasti selalu membutuhkan alat tulis, entah itu pulpen, buku, penggaris ataupun keperluan alat tulis lainnya. Sedangkan jasa fotocopy juga dibutuhkan oleh Bapak atau Ibu guru untuk sekedar fotocopy soal maupun dokumen.

Jika memungkinkan masukkan juga “penjilidan” sebagai layanan di tempat usaha ATK dan fotocopy Anda. Karena di sekolah ataupun kampus akan sering dijumpai siswa/mahasiswa/guru/dosen/karyawan mendapat tugas untuk menjilidkan laporan dan dokumen lain, biasanya untuk keperluan arsip/ujian/tuntutan.

Karena banyaknya usaha ATK dan fotocopy yang berada disekitar area sekolah/kampus, mau tidak mau Anda akan memiliki banyak pesaing dibidang usaha yang sama. Oleh karena itu pelayanan terbaik dan memuaskan akan menjadi faktor kunci sukses tidaknya Anda menjalankan bisnis ini di area sekitar sekolah maupun kampus.

  1. Membuka Warnet

Membuka warnet sangat pas dijalankan di lingkungan sekolah/kampus. Para siswa/mahasiswa di jaman sekarang sangat dituntut aktif untuk mencari ilmu dan perkembangan informasi melalui internet. Selain itu, para guru/dosen biasanya sering memberi tugas kemudian menyuruh siswa/mahasiswanya untuk mencari bahannya di internet. Dengan begitu, tentunya warnet yang Anda jalankan tak pernah sepi dari pelanggan dari kalangan siswa/mahasiswa ini.

Tips untuk membuka warnet di area sekitar sekolah/kampus adalah, usahakan internet di warnet yang Anda buka memiliki koneksi yang sangat kencang. Karena “waktu” menjadi hal yang sangat penting bagi seorang siswa/mahasiswa. Jangan hanya dengan harga murah tetapi internet sangat lambat, Anda akan kalah dengan warnet yang menawarkan harga “terjangkau” namun memiliki koneksi internet yang sangat cepat dan stabil. Diakui atau tidak anak jaman sekarang sudah tidak suka yang lelet, apalagi jika internet itu digunakan untuk main game.

  1. Membuka Usaha Rental Komputer dan Pengetikan

Walaupun mungkin usaha rental komputer ini mirip warnet akan tetapi fokusnya adalah dibidang pengetikan dan pengeditan dokumen bukan internet. Sudah sering saya jumpai usaha rental komputer dan pengetikan/pengeditan dokumen ini akan selalu ramai jika dijalankan di area sekitar sekolah maupun kampus.

Hal ini karena tidak semua siswa/mahasiswa/guru/dosen/karyawan mempunyai banyak waku untuk mengetik ulang sebuah dokumen yang memang perlu diketik ulang untuk sebuah keperluan. Tentu saja hal ini bisa menjadi lahan bisnis bagi Anda.

Tips untuk usaha rental dan pengeditan dokumen ini adalah tetapkan tarif pengetikan atau pengeditan diawal waktu. Misalnya untuk satu halaman ukuran A4 Anda kenakan tarif Rp. 7000,- (tujuh ribu rupiah) dan seterusnya. Hal ini agar siswa/mahasiswa maupun orang lain yang akan menggunakan jasa Anda ini dapat mengkalkulasi/menghitung biayanya diawal. Jangan sampai mereka kaget dan kecewa karena merasa rental Anda memiliki tarif yang sangat mahal hanya untuk sebuah jasa pengetikan/pengeditan dokumen.

Itulah beberapa contoh usaha yang dapat Anda jalankan di dekat area sekolah maupun kampus. Jangan sia-siakan lingkungan strategis di sekitar Anda untuk memulai usaha yang menjanjikan. Lihat, pahami dan cobalah untuk berbisnis. Jangan menunggu untuk siap karena tidak akan pernah “kesampaian”, dengan memulai berbisnis Anda sebenarnya juga sedang belajar dan dihadapkan bagaimana cara mengatasi masalah yang sangat nyata di depan mata. Jadi segera memulai dengan tindakan adalah langkah yang tepat dalam dunia bisnis. Semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment