by

5 Manfaat Mengelola Keuangan Dengan Baik

Kebutuhan hidup yang semakin tinggi membuat banyak orang harus putar otak dalam mengelola keuangan yang dimilikinya dengan baik dan bijak. Bagaimana agar uang tersebut semakin bertambah, dan bukan malah sebaliknya habis begitu saja tanpa membawa manfaat apa-apa. Tentu saja dalam mengelola keuangan yang baik sangatlah tidak mudah. Namun jika Anda mampu melakukannya, ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan. Dan berikut ini adalah beberapa contoh manfaatnya.

5 Manfaat Mengelola Keuangan Dengan Baik
5 Manfaat Mengelola Keuangan Dengan Baik

5 Manfaat Mengelola Keuangan Dengan Baik

  1. Berlatih hidup hemat

Keberhasilan Anda dalam mengelola keuangan dengan baik, tentulah dimulai dari kebiasaan Anda berlatih hidup hemat. Ketika Anda berhasil dalam menghemat uang Anda, dalam artian berhasil memilih serta memilah kebutuhan mana yang paling penting dan wajib di penuhi (kebutuhan premier), dan mana yang termasuk kebutuhan tambahan (sekunder) dan kemewahan (tersier). Itu artinya Anda sudah berhasil mengelola keuangan Anda dengan baik. Hidup hemat itu artinya Anda berhasil mengontrol hidup Anda. Itulah salah satu manfaat dari keberhasilan Anda dalam mengelola keuangan.

  1. Membantu mengurangi stress

Uang merupakan salah satu sumber stress seseorang. Ketika seseorang gagal dalam mengelola keuangannya dengan baik, maka hal itu akan berdampak pada kondisi psikologisnya. Akibat dari gangguan psikologis tersebut tentu akan semakin membuat seseorang menjadi lebih sulit dalam menghasilkan uang. Lalu kemudian bagaimana dampaknya? Tentu akan semakin memperparah kondisi psikologis orang tersebut.

Itulah mengapa, ketika Anda berhasil mengelola keuangan Anda dengan sangat baik dapat membantu mengurangi stress Anda. Selanjutnya. Ketika sumber penyebab stress Anda berkurang maka akan membuat hidup Anda menjadi lebih baik. Hidup Anda yang lebih baik itu akan membuat Anda lebih produktif lagi.

Lalu dampaknya akan sangat baik bagi kondisi keuangan Anda, karena semakin produktif Anda, maka akan semakin banyak uang yang dapat dihasilkan. Semakin banyaknya uang yang Anda hasilkan, maka Anda dapat memulai untuk menabung. Semakin banyak uang yang Anda tabung, maka perjalanan di kemudian hari akan menjadi semakin mudah. Itulah sebabnya keberhasilan dalam mengelola keuangan sangat penting untuk dilakukan mulai sejak dini.

  1. Belajar untuk hidup lebih tertib dan teratur

Kemampuan Anda dalam mengelola keuangan dengan baik akan membantu Anda untuk menjalani hidup dengan lebih tertib dan teratur. Maksudnya, Anda menjadi lebih terbiasa dalam membuat perencanaan keuangan untuk hal-hal seperti liburan, hiburan dan hal lain yang memang tubuh kita berhak untuk mendapatkannya.

Otomatis, keuangan Anda akan menjadi lebih terkontrol meskipun Anda gunakan untuk keperluan istimewa (tersier). Tentu hal itu akan menciptakan keseimbangan/balance yang sangat baik. Sedikit saran, sebaiknya Anda tidak hanya mengatur porsi keuangan saja, akan tetapi juga memberikan sebuah tindakan tegas jika Anda merasa tindakan yang dilakukan dalam mengatur keuangan sudah tidak baik. Jadi, secara tidak langsung akan menimbulkan efek takut dalam diri Anda untuk melakukannya.

  1. Kesempatan bersedekah jadi lebih banyak

Manfaat yang satu ini akan sangat berdampak baik bagi hidup Anda. Sebab kita tidak akan mungkin hidup abadi selamanya di dunia ini. Ada saatnya kita harus kembali dan pulang ke tempat darimana kita berasal. Bersedekah merupakan salah satu cara yang akan sangat membantu kehidupan kita di akhirat sana. Oleh sebab itu, ketika Anda mampu dalam mengelola keuangan Anda, maka itu artinya kesempatan untuk bersedekah akan semakin terbuka lebar.

Ketika Anda bersedekah itu artinya Anda sedang menabung pelan-pelan bekal untuk kehidupan abadi Anda. Hal tersebut tentu akan sangat luar biasa bagi hidup Anda. Secara psikologis melakukan sedekah tentu akan membuat hidup Anda menjadi lebih bahagia dan membuat Anda merasa mempunyai manfaat bagi orang lain. Maka dari itu, tidak ada salahnya bukan mencoba mengelola keuangan dengan baik sehingga kita masih sempat untuk bersedekah bagi sesama?

  1. Adanya perlindungan dari kejadian tak terduga

Era yang semakin termodernisasi memungkinkan  banyaknya peluang kejadian tak terduga. Kejadian yang tak terduga itu, bisa jadi memaksa Anda untuk bisa mengeluarkan uang dengan jumlah nominal yang besar. Bayangkan, apa jadinya ketika Anda tidak memiliki simpanan sepeser pun? Tentu akan membuat keadaan semakin rumit dan itu akan menjadi sangat tidak baik bagi hidup Anda. Andapun bisa menjadi stres dibuatnya.

Itulah mengapa mengelola keuangan dengan baik menjadi sangat penting dan harus di prioritaskan. Sebab, Anda tidak pernah tahu kejadian tak terduga apa yang akan terjadi dalam hidup Anda.

Namun demikian, mengelola keuangan dengan baik bukan berarti kita harus selalu takut mengeluarkan uang untuk hal yang penting, seperti misalnya uang itu digunakan untuk mencoba berbisnis atau membuka tempat usaha. Hal ini dikarenakan apapun yang kita lakukan pasti butuh sedikit pengorbanan, dan Anda tidak perlu takut jika yang kita lakukan itu masih termasuk hal yang baik.

Itulah 5 manfaat mengelola keuangan dengan baik. Semoga dapat membantu mencerahkan Anda untuk segera mengatur arus keluar-masuk keuangan, serta memprioritaskan kebutuhan mana yang memang benar-benar harus di penuhi dan mana yang sekedar tambahan atau hiburan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *