by

5 Plugin yang Wajib di Install di Blog WordPress

WordPress memang menjadi CMS yang sangat populer bagi blogger. Kemudahan pemakaian, instalasi dan konfigurasi membuat banyak blogger di dunia menggunakannya sebagai platform blogging. Meskipun setelah instalasi CMS WordPress selesai dilakukan, secara default WordPress sudah memenuhi kriteria sebagai sebuah blog yang baik. Akan tetapi untuk lebih menyempurnakan blog WordPress anda, ada beberapa plugin yang memang sangat disarankan untuk di install.

5 Plugin yang Wajib di Install di Blog WordPress
5 Plugin yang Wajib di Install di Blog WordPress

Plugin-plugin tersebut selain membuat blog WordPress anda menjadi lebih sempurna, juga menjadikan blog WordPress anda lebih interaktif, lebih aman, dan yang paling penting menjadikannya lebih mudah di index mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex dan Search Engine lain. Sehingga akan sangat membantu anda dalam memperoleh pengunjung yang potensial di blog WordPress anda dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Baca Juga: 14 Plugin Terbaik yang Direkomendasikan Oleh Hostinger

Sebagai referensi plugin apa sajakah yang harusnya di install di blog berbasis CMS WordPress, berikut ini akan saya bagikan kepada anda beberapa informasi dan rekomendasi plugin yang wajib anda install jika anda menggunakan blog WordPress.

Plugin yang Wajib di Install di WordPress

  1. Plugin untuk keperluan SEO yaitu All in One SEO Pack

All in One SEO Pack adalah salah satu plugin seo paling populer untuk digunakan di WordPress. Memiliki UI (User Interface) yang sangat user friendly atau mudah digunakan, membuat banyak blogger menginstalasinya di blog WordPress mereka. Dari data terakhir yang saya dapatkan, sudah lebih dari 3 juta blog/situs yang menggunakan All in One SEO Pack untuk keperluan seo blog tersebut.

Banyak konfigurasi dan fasilitas yang ada di All in One SEO Pack, diantaranya adalah pengaturan sitemap, pengaturan meta tag, pengaturan meta tag sosial media (sosial media module), pengaturan deskripsi, pengaturan keyword, hingga pengaturan kompleks tentang indexing blog. Bagi anda yang masih awam atau baru di dunia WordPress akan dengan mudah mempelajari plugin All in One SEO Pack, hal ini karena menurut saya plugin seo All in One SEO Pack memang benar-benar mudah digunakan untuk newbie sekalipun.

Mungkin sebagian blogger akan bertanya kenapa saya tidak mencantumkan plugin seo by Yoast? Saya tidak mencantumkan seo by Yoast karena saya sendiri tidak memakainya, cuma pernah mencoba. Sehingga apa yang saya bagikan kepada anda adalah memang benar-benar saya sudah sedikit banyak paham dan saya pakai di blog-blog WordPress yang saya gunakan. Untuk itu jika anda lebih suka serta lebih berpengalaman dengan plugin seo by Yoast juga tidak ada masalah, silakan install salah satu saja untuk keperluan seo blog WordPress anda.

  1. Plugin untuk Kecepatan Blog yaitu WP Super Cache

Jika blog anda ketika di akses sangat lambat, semata-mata itu bukan murni karena blog anda memiliki konten ataupun script yang berat. Padahal seperti yang kita tahu, baik pengunjung maupun search engine lebih menyukai blog yang waktu aksesnya sangat cepat. Hal ini tentu akan menjadi masalah bagi pengunjung blog anda jika tidak segera di selesaikan. Disinilah WP Super Cache bisa menjadi salah satu solusi.

WP Super Cache bekerja dengan cara menyimpan cookie, script, dan konten lain pada blog untuk di simpan di browser lokal pengunjung. Hal ini yang membuat waktu akses blog anda saat baru di buka pertama kali, akan jauh berbeda dengan waktu blog anda setelah pernah di buka sebelumnya. Sehingga ketika pengunjung menjelajahi banyak laman di blog anda, tidak akan semua konten di download lagi dari web server blog milik anda, melainkan dari browser lokal pengunjung tersebut. Karena hal ini pengunjung akan merasa seakan-akan blog anda sangat cepat ketika di akses. Padahal plugin WP Super Cache inilah yang membantu konten blog anda di simpan di browser pengunjung tersebut yang membuat blog anda memang lebih cepat di akses untuk kedua kalinya atau lebih.

Selain ada WP Super Cache banyak juga blogger yang menggunakan W3C Total Cache, akan tetapi saya merekomendasikan WP Super Cache karena berdasarkan pengalaman saya sendiri. Lagi pula author atau pembuat plugin WP Super Cache adalah Automattic yang notabennya adalah kontributor resmi dari pengembang WordPress, sehingga kehandalan WP Super Cache sebagai plugin blog WordPress sudah tidak perlu diragukan.

  1. Plugin untuk SMTP Mailer yaitu Postman SMTP Mailer/Email Log

Sebagian dari anda mungkin asing dengan plugin Postman SMTP Mailer. Plugin Postman SMTP Mailer ini digunakan untuk mereplace ataupun mengganti server default SMTP yang digunakan blog WordPress. Jika secara default blog WordPress menggunakan SMTP dari hosting tempat anda menginstall CMS WordPress, maka plugin ini dapat menggantinya dengan server SMTP milik Google maupun Microsoft.

Seperti yang kita tahu server SMTP yang di gunakan Google untuk Gmail, maupun Microsoft untuk hotmail sangat cepat, up time dan reliable. Sehingga jika server hosting anda sering mengalami gangguan akan sangat disarankan untuk menginstall plugin Postman SMTP Mailer ini, dan mengganti server SMTP bawaan hosting anda.

Lalu bagaimanakah kita mengetahui bahwa server SMTP hosting kita sering mengalami masalah? Mudah saja, jika anda coba mengirim ke email hosting, mengirim feedback atau mengirim komentar di blog WordPress anda, seringkali feedback atau pesan-pesan yang anda kirim tidak pernah sampai di alamat tujuan ataupun di blog WordPress anda sendiri. Bekerja dengan API, HTTPS, dan fitur OAUTH 2.0 serta memanfaatkan layanan email seperti gmail/hotmail akan membuat Postman SMTP Mailer menjadikan server SMTP blog WordPress anda lebih baik, handal, cepat dan aman. Sehingga dapat membantu menangani masalah SMTP hosting anda seperti yang saya sebutkan tadi.

  1. Plugin untuk Kontak/Inputan Interaktif yaitu Contact Form 7

Saya yakin jika anda blogger yang pernah menggunakan WordPress pasti pernah mendengar plugin Contact Form 7 ini? Ya, plugin Contact Form 7 di gunakan untuk membuat form kontak dan form-form interaktif lain yang berkaitan dengan kuisioner atau feedback dengan pengunjung blog WordPress anda. Meskipun pembuat plugin ini adalah seorang individu yang bernama Takayuki Miyoshi, namun plugin ini begitu familiar dikalangan blogger pengguna WordPress. Bagaimana tidak, data terakhir yang saya dapatkan sudah lebih dari 3 juta situs/blog yang menginstall dan mengaktifkan plugin Contact Form 7. Karena WordPress secara default tidak menyediakan form kontak dan form interaktif tambahan selain komentar, jadi sangat wajar jika Contact Form 7 akhirnya menjadi pilihan para blogger.

Contact Form 7 bekerja dengan menggunakan AJAX sehingga membuatnya lebih halus dan professional untuk sebuah inputan form. Tidak hanya itu, selain sangat mudah di gunakan, Contact Form 7 juga menyediakan fasilitas keamanan lain untuk mendukung form yang telah dibuat, sebut saja seperti CAPTCHA dan Akismet Spam Filtering. Sehingga selain membuat blog WordPress anda lebih professional dan lengkap, tentu saja hal ini membuat anda tidak perlu repot-repot membuat code/script contact form sendiri untuk fasilitas interaktif yang anda sediakan bagi pengunjung di blog WordPress anda.

Di Contact Form 7 anda dapat membuat form yang sederhana hingga yang sedikit rumit, tergantung kebutuh blog WordPress anda. Beberapa fasilitas inputan diantaranya seperti field telepon, field tanggal/bulan/tahun/, field text, field email, field drop down, field check box hingga field URL, membuat Contact Form 7 sangat power full untuk sebuah plugin interaktif/inputan. Tidak hanya itu, yang paling membuatnya lebih power full lagi adalah Contact Form 7 juga mampu mengirimkan file attachment, sehingga hal ini akan sangat membantu anda ketika memiliki fasilitas di blog WordPress yang anda jadikan seperti toko online.

  1. Plugin untuk menangani masalah SPAM yaitu Akismet

Sampailah anda pada plugin terakhir yang sebaiknya anda install di blog WordPress anda, yaitu plugin anti spam Akismet. Kali ini saya jauh lebih yakin lagi kalau anda hampir ‘pasti’ pernah menggunakan plugin ini. Bagaimana tidak? Plugin Akismet memang otomatis terbawa atau di package bersama paket CMS WordPress. Selain itu ada lagi plugin default Hello Dolly yang ada di paket CMS WordPress. Jika anda menghapus plugin Hello Dolly memang tidak ada masalah, namun untuk plugin Akismet jangan sampai anda tidak menggunakannya, atau malah menghapusnya.

Plugin Akismet digunakan untuk melawan Spammer sehingga sangat penting untuk anda mengaktifkannya di blog WordPress anda. Cara kerja plugin Akismet adalah dengan cara memfilter pesan atau komentar masuk ke blog WordPress anda, sekaligus otomatis memeriksa apakah pesan dan komentar tersebut termasuk dan terindikasi sebagai SPAM/bukan, lalu secara otomatis juga memilah-milahnya pada kolom SPAM atau komentar. Selain itu saya rasa plugin Akismet juga sudah mempunyai database IP Address mana saja yang sering di gunakan untuk kegiatan spamming, sehingga jika komentar atau pesan masuk dari IP Address yang terindikasi spamming tersebut, maka Akismet langsung memasukkannya kedalam kategori SPAM. Hal ini tentu saja akan sangat memudahkan anda melakukan kontrol terhadap komentar atau pesan yang masuk di blog WordPress anda.

Bagi pemilik blog WordPress yang masih belum banyak pengunjungnya mungkin plugin ini belum akan terasa manfaatnya. Akan tetapi jika blog WordPress anda sudah mendapatkan pengunjung yang besar/banyak, maka manfaat plugin Akismet akan terasa sangat besar sekali. Jika blog anda memiliki banyak pengunjung dan komentar, tidak dapat dibayangkan jika anda harus memfilter one by one atau satu persatu untuk memilah mana yang jelas-jelas SPAM atau bukan. Sehingga setelah anda selesai menginstall blog WordPress anda, sangat direkomendasikan untuk mengaktifkan plugin Akismet ini.

Itulah pembahasan artikel mengenai 5 plugin yang wajib di install di blog WordPress. Mungkin diluar sana banyak plugin-plugin bagus lain yang dapat di gunakan untuk menyempurnakan blog WordPress anda, akan tetapi 5 plugin yang telah saya sebutkan adalah plugin yang memang telah saya gunakan dan saya memiliki pengalaman yang baik saat menggunakannya, semoga hal ini bermanfaat buat anda para blogger yang bingung ingin menggunakan plugin apa saja di blog WordPress anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *