by

5 Tipe Mobil Polisi yang Digunakan di Indonesia

Sebagai pengguna jalan tentunya anda akan sering bertemu dengan mobil-mobil polisi yang memiliki lampu strobo dan aksesoris khas polisi lainnya. Mobil polisi bukanlah mobil biasa, jika anda berada dalam kejaran mereka jangan harap anda bisa lepas karena mobil-mobil tersebut memang memiliki spesifikasi yang memungkinkan polisi untuk mengejar penjahat.

Berikut 5 Tipe Mobil Polisi yang Digunakan di Indonesia

Mobil Polisi Hyundai Elantra
Mobil Polisi Hyundai Elantra

Hyundai Elantra
Mobil asal Korea Selatan ini merupakan mobil yang paling sering terlihat sebagai mobil patroli di jalan raya. Bahkan, meski belum resmi diluncurkan untuk pasar di Indonesia, mobil ini telah menjadi armada kepolisian.

Kini Hyundai Elantra telah memasuki generasi kelimanya sejak awal dirilis pada 1990 silam. Generasi kelima Elantra diluncurkan pada tahun 2010, dengan mesin 1.8-L Nu dikombinasikan dengan transmisi manual hingga 6 percepatan. Mobil ini bisa menghasilkan tenaga hingga 148hp. Kemudian, dengan desain aerodinamis yang menarik mobil ini juga lebih kokoh dengan mesin Nu yang terbuat dari alumunium.

Mobil Polisi Ford Focus
Mobil Polisi Ford Focus

Ford Focus
Mobil besutan Amerika Serikat ini merupakan mobil yang nampak paling sering berada di jalan raya terutama saat patroli. Dengan kapasitas mesin 1800cc, kendaraan ini mampu menghasilkan tenaga hingga 125hp.

Sejak generasi pertama diluncurkan di Amerika Serikat pada tahun 1998. Ford Focus terus tersebar ke penjuru dunia, hingga akhirnya resmi diluncurkan di Indonesia pada tahun 2005. Kini mobil ini telah memasuki generasi ketiga. Selain dalam bentuk sedan, Ford Focus juga dirilis dalam bentuk Hatchback dan Station Wagon.

Mobil Polisi Mitsubishi Galant
Mobil Polisi Mitsubishi Galant

Mitsubishi Galant V6
Selain dua mobil polisi di atas, ada juga Mitsubishi Galant V6 yang merupakan mobil asal Jepang.Mobil yang memiliki kapasitas 3,0 liter ini bahkan bisa mengalahkan Ferrari Modena. Jika dipacu pada kecepatan tinggi, Mitsubishi Galant V6 bisa menghasilkan tenaga hingga 402hp, sedangkan Ferrari Modena hanya sampai 396hp.

Telah hadir sejak tahun 1993, Mobil ini sukses meledak di pasaran. Selain itu, yang menarik dari mobil ini adalah 6 silinder yang segaris, serta dalam bagian interiornya terdapat climate control yang telah menggunakan sistem digital.

Mobil Polisi Mitsubishi Lancer
Mobil Polisi Mitsubishi Lancer

Mitsubishi Lancer Ex
Tak hanya Galant V6, ternyata kepolisian Indonesia juga melirik Lancer Ex sebagai salah satu armadanya. Mobil ini sangat istimewa karena telah memiliki GPS tracker yang membuat mobil ini mudah dipantau oleh Polres bahkan bisa dihubungkan dengan Polda masing-masing daerah.

Selain itu mobil ini juga memiliki kamera yang bisa berputar 360 derajat dan bisa diperbesar hingga 20 kali.

Mobil Polisi Mazda
Mobil Polisi Mazda

Mazda 6
Selain mobil-mobil di atas, kepolisian Indonesia juga menggaet Mazda 6 sebagai armadanya. Mobil ini dipinang sebagai mobil patroli karena dikenal mirip dengan mobil balap. Dengan mesin MZR 2,5 L DOHC 16 valve, mobil ini bisa melakukan pengejaran penjahat. Kemudian tenaga yang dikeluarkan mobil ini bisa mencapai 167ph.

Mobil-mobil yang digunakan oleh kepolisian Indonesia sebagai armada patrolinya memiliki batas kecepatan maksimum yang tinggi. Hal ini dikarenakan butuh kecepatan tinggi untuk mengejar penjahat serta membuat kinerja kepolisian lebih efektif.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *