by

5 Tips Jitu Agar Sukses Berbisnis

Terbatasnya lapangan pekerjaan menuntut seseorang untuk lebih berpikir kreatif dalam menghasilkan uang. Salah satu cara yang sering di tempuh untuk menghadapi hal ini adalah dengan membuka usaha/bisnis sendiri. Tetapi, seperti yang Anda ketahui, dunia bisnis bukanlah perkara mudah untuk dijalankan. Memulai suatu bisnis tentu saja tidak boleh asal-asalan, jika tak mau menderita kerugian waktu, tenaga maupun materi. Oleh karena itu, 5 syarat jitu yang akan dijelaskan pada artikel berikut ini sangat penting untuk Anda miliki sebagai langkah awal untuk memulai suatu bisnis agar tidak mudah gagal nantinya. Mau tahu apa saja syarat dan tips tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

5 Tips Jitu Agar Sukses Berbisnis
5 Tips Jitu Agar Sukses Berbisnis

5 Tips Jitu Agar Sukses Berbisnis

  1. Berusaha fokus pada satu peluang bisnis

Perkembangan teknologi yang ditandai dengan menjamurnya macam-macam sosial media membuka banyak peluang bisnis yang sangat mungkin untuk dilakukan. Hal tersebut menimbulkan banyaknya ide yang muncul untuk memanfaatkan peluang yang ada. Ketika ada ide A kemudian muncul ide B, hingga pada akhirnya membuat Anda sangat bingung untuk memilih ide yang mana. Kebingungan yang timbul tersebut. Akhirnya memaksa Anda memilih untuk menjalankan dua ide bisnis yang ada dalam waktu yang bersamaan.

Tidak masalah Anda ingin menjalankan dua macam bisnis sekaligus jika Anda merasa mampu. Namun sebagai seorang pemula atau yang masih sangat baru dalam dunia bisnis, sangat di anjurkan, hanya tekun dan fokus pada satu ide bisnis lebih dulu. Nantinya, jika ide itu sudah terealisasi menjadi suatu bisnis dan bisnis tersebut berjalan sangat lancar, maka tidak masalah jika Anda ingin merealisasikan ide bisnis lain yang sempat tertunda.

Namun parahnya sebagian besar para pebisnis pemula banyak yang “tumbang” dan gagal gara-gara masalah tidak fokus ini. Sering saya jumpai para pebisnis pemula ketika menjalankan ide bisnis “A” baru setengah jalan, lalu pindah menjalankan bisnis “B” karena melihat rekannya lebih sukses di bisnis “B” tersebut. Selanjutnya pebisnis pemula ini tiba-tiba pindah lagi ditengah jalan dan ingin menggantinya ke bisnis “C” karena merasa bisnis “B” terlalu berat untuk dilakukan. Begitu seterusnya, karena godaan dan mudah ikut-ikutan sehingga tidak fokus, maka tidak ada bisnisnya yang benar-benar berjalan lancar, tidak terealisasi dan akhirnya tidak berhasil menjadi bisnis yang sukses. Oleh karena itu fokuslah di satu bisnis terlebih dahulu. Anda boleh memulai bisnis yang kedua ketika bisnis yang pertama telah berhasil Anda jalankan dengan lancar dan sukses.

  1. Menguasai seluk-beluk bisnis tersebut

Tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat nanti ada seorang investor yang ingin berinvestasi dalam bisnis Anda. Oleh sebab itu, jika Anda paham betul bagaimana seluk-beluk bisnis Anda, dan tentang mengapa Anda memilih bisnis itu, bagaimana keunggulannya dan apa kelemahannya, maka hal tersebut akan sangat berguna di kemudian hari ketika bisnis Anda mulai berjalan. Investor pun kemudian akan sangat berminat untuk menginvestasikan uangnya di bisnis Anda. Kesempatan inilah yang harus Anda manfaatkan, untuk mengelola keuangan dari investor dengan baik, benar dan tepat, yang akhirnya nanti membawa kemajuan bagi bisnis Anda.

Untuk itulah memahami seluk-beluk bisnisnya sendiri merupakan hal wajib yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis. Jangan sampai Anda memulai bisnis, tetapi tidak tahu alasannya apa. Anda akan kesulitan untuk mengembangkan bisnis Anda dikemudian hari jika seperti itu. Terlebih lagi, tidak akan ada investor yang mendekat kepada bisnis Anda jika visi dan misi bisnis Anda saja tidak dapat Anda kuasai dan jelaskan dengan baik.

  1. Membuat rencana bisnis

Langkah ketiga merupakan langkah yang sangat penting untuk Anda lakukan. Ketika Anda sudah memiliki ide usaha, belajar memahami seluk-beluk bisnis Anda, maka langkah selanjutnya adalah melakukan sebuah perencanaan bisnis yang matang. Ada banyak alasan mengapa Anda harus membuat rencana bisnis, dimana salah satu di antaranya adalah dunia bisnis memiliki banyak masalah yang sifatnya tidak terduga. Maksudnya, mungkin hari ini bisnis Anda terasa baik dan aman-aman saja, tetapi bagaimana dengan hari-hari berikutnya? Mungkinkah Anda akan tahu? Tentu saja tidak.

Oleh sebab itu, disinilah pentingnya membuat rencana bisnis. Jadi ketika cara yang satu gagal, cara cadangan/cara lainnya akan selalu siaga untuk membackup. Selain itu, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika membuat rencana bisnis sebelum memulainya.

Pertama, Anda bisa menetapkan mau ke arah mana bisnis ini dibawa, dan yang kedua, Anda jadi tahu berapa nilai keuntungan yang harus Anda capai/targetkan untuk mengembalikan modal awal bisnis Anda.  Dengan begitu, setiap harinya Anda akan selalu berusaha menghasilkan sesuatu yang maksimal dan tertarget.

  1. Melakukan persiapan bisnis

Melakukan persiapan bisnis merupakan langkah selanjutnya yang sangat penting untuk dilakukan. Ketika Anda ingin memulai bisnis yang membutuhkan dokumen-dokumen perizinan seperti SIUP dan lain-lain, maka dokumen-dokumen tersebut harus segera diurus agar bisnis Anda dapat segera dimulai. Selain menyiapkan dokumen-dokumen perijinan maka persiapan yang paling penting adalah memohon doa kepada Tuhan dan meminta restu dari kedua orang tua. Tujuannya agar bisnis yang Anda mulai itu mendapat kelancaran dan keberkahan.

  1. Memulai bisnis

Inilah langkah yang sangat penting dan paling krusial. Setelah rencana bisnis ada, dokumen perijinan lengkap, maka langkah selanjutnya adalah segera memulai bisnis tersebut. Tidak hanya ada dalam perencanaan Anda saja, tetapi juga benar-benar dilakukan. Di sinilah tempat pengujian sebenarnya. Ketangguhan Anda sebagai seorang pebisnis akan mulai diuji disini. Jika niat dan bisnis Anda baik, Anda tidak perlu ragu untuk segera memulainya.

Mulailah bisnis Anda sesuai dengan yang telah Anda rencanakan diawal. Jangan meloncati langkah atau urutannya jika memang benar-benar tidak diperlukan/dibutuhkan. Tetaplah yakin, optimis dan percaya diri kalau nantinya bisnis Anda dapat menjadi bisnis yang berhasil dan sukses. Dengan berpikiran positif seperti itu, Anda akan selalu bersemangat dalam menjalan bisnis Anda.

Itulah tadi artikel mengenai 5 tips jitu agar sukses berbisnis. Nah, sangat penting sekali bagi Anda untuk memiliki dan menerapkan 5 langkah tersebut sebelum memulai bisnis. Sebab, untuk menjadi seorang pebisnis/pengusaha sukses, tentulah tidak mudah, perlu strategi, teknik, cara, tenaga, waktu, mindset dan tentu saja sangat perlu yang namanya pengorbanan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *