by

6 Tips Investasi Menguntungkan Meski Tidak Mempunyai Cukup Uang

Banyak orang yang ketika mendengar kata investasi berpikir bahwa untuk melakukannya haruslah mempunyai banyak uang agar bisa berinvestasi. Memang, pada umumnya jumlah dana untuk investasi biasanya memerlukan modal/dana yang cukup besar, apalagi jika jenis investasi yang dipilih memang memiliki potensi return melimpah.

Namun, bagaimana jika kondisinya tidak mempunyai modal, tetapi ingin tetap berinvestasi? Atau modal yang dipunyai sangat minim, apakah bisa?  Jawabannya adalah anda hanya perlu mengetahui ‘aturan mainnya’ saja.

6 Tips Investasi Menguntungkan Meski Tidak Mempunyai Cukup Uang
6 Tips Investasi Menguntungkan Meski Tidak Mempunyai Cukup Uang

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah tips berinvestasi untuk anda yang tidak mempunyai banyak uang. Silahkan disimak.

Tips Investasi Walaupun Tidak Memiliki Banyak Modal

  1. Membuat tabungan rencana

Beberapa bank menawarkan tabungan berencana. Nah, investasi dengan bentuk tabungan rencana sangat cocok bagi anda yang tidak bisa menyisihkan uang setiap bulannya. Untuk jumlah uang yang akan anda masukkan ke dalam tabungan rencana sangat fleksibel, yaitu sesuai dengan kesepakatan anda.

Jadi, nanti setiap bulannya bank akan mengambil uang dari rekening anda untuk dimasukkan ke dalam tabungan rencana. Jenis investasi dalam bentuk tabungan rencana  dapat dibuat dalam jangka waktu yang pendek maupun panjang.

  1. Investasi dalam bentuk reksadana

Reksadana adalah jenis investasi dengan modal atau dana yang sangat rendah. Hanya dengan uang Rp.100.000,- saja, anda dapat berinvestasi di bank-bank tertentu yang memberikan batas iuran kecil perbulannya. Namun, sebaiknya sebelum terjun ke dalam investasi reksadana, belajarlah lebih dulu mengenai seluk beluk investasi reksadana, baik itu mengenai aturan mainnya dan trik bagaimana supaya mendapatkan imbal balik maksimal dengan resiko rendah.

  1. Investasi dalam bentuk website

Saat ini, website adalah salah satu aspek teknologi yang berkembang pesat. Dengan website, anda dapat membuat sebuah bisnis online atau sebuah media yang bermanfaat untuk banyak orang. Aktivitas online berpotensi besar mendatangkan keuntungan yang besar dan berlipat-lipat apabila anda mengelolanya dengan baik dan konsisten. Kunci dalam investasi bentuk website ini adalah konsisten.

  1. Investasi logam mulia

Jika anda memiliki uang sekitar Rp.1 juta, sebaiknya anda gunakan untuk membeli perhiasan emas. Anda dapat berinvestasi dengan membeli perhiasan emas misalnya 1 atau 2 gram emas setiap bulannya. Dapat anda hitung berapa kemungkinan keuntungan yang didapatkan selama satu tahun ke depan apabila anda menabung emas dan menjualnya ketika harga beli emas melambung tinggi.

  1. Membeli saham langsung dari perusahaan yang bersangkutan

Jika anda tetap ingin menginvestasikan uang anda dalam bentuk saham, sebaiknya anda membeli saham langsung dari perusahaan yang bersangkutan, jangan lewat broker karena anda akan dikenakan komisi untuk memainkan saham yang anda punya. Jika anda melihat saham suatu perusahaan sedang turun dan anda ingin membelinya, tanyakan langsung pada perusahaan tersebut.

  1. Investasi ETF-s (Exchange-traded funds)

Exchange-traded funds sebenarnya mirip dengan investasi dalam bentuk reksadana. Namun, transaksi jual-beli ini layaknya saham, yaitu dilakukan di bursa. Jika berinvestasi saham, anda harus membelinya dengan jumlah lot minimal dan anda harus mengeluarkan banyak uang. Namun, dalam investasi ETF-s, anda dapat menginvestasikan uang yang anda punya dalam jumlah yang kecil dan broker tidak akan meminta komisi dari anda.

Nah, itulah 6 tips berinvestasi dengan modal yang sangat rendah. Bagi anda yang ingin berinvestasi meskipun tidak memiliki cukup banyak modal, anda dapat memilih jenis investasi yang telah dijelaskan di atas. Jadi, tidak ada alasan lagi bagi anda untuk tidak berinvestasi meskipun dana yang anda punya sangat minim. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu anda. (Ano).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *