by

8 Ide Peluang Usaha di Kota Pariwisata Dengan Prospek Cerah nan Menjanjikan

-Bisnis-175 views

Tempat pariwasata dimanapun itu tidak akan pernah sepi dari yang namanya pengunjung. Entah di hari-hari biasa, liburan, apalagi hari-hari besar dan libur panjang. Mungkin sebagian dari Anda beruntung memiliki tempat tinggal yang dekat dengan tempat pariwisata (apalagi kalau sudah mendapat julukan desa/kota pariwisata). Tempat seperti ini memang cocok digunakan untuk membuka usaha bagi Anda terutama yang suka berbisnis.

8 Ide Peluang Usaha di Kota Pariwisata Dengan Prospek Cerah nan Menjanjikan
8 Ide Peluang Usaha di Kota Pariwisata Dengan Prospek Cerah nan Menjanjikan

Nah bagi Anda yang bertempat tinggal di daerah sekitar tempat wisata maupun bagi Anda yang ingin mencoba usaha di kota pariwisata, Anda dapat menjalankan beberapa contoh peluang usaha di kota pariwisata dengan prospek yang sangat menjanjikan, berikut adalah ulasannya.

Contoh Peluang Usaha di Kota Pariwisata 

  1. Membuka Bisnis Penginapan

Jika tempat anda dekat dengan tempat pariwisata apalagi wisata alam, maka salah satu hal yang menarik bagi para wisatawan ketika mengunjungi tempat pariwisata yaitu penginapannya. Sehingga Anda perlu mencoba peluang bisnis yang satu ini. Dengan tersediannya penginapan yang memiliki fasilitas dan kenyamanan pelayanan yang memuaskan pasti para turis akan betah berlama-lama di tempat pariwisata dan di penginapan Anda.

Bisnis penginapan yang satu ini tidak bisa diremehkan karena salah satu kebutuhan penting yang dibutuhkan turis (terutama turis asing) saat berkunjung di tempat pariwisata adalah penginapan. Baik itu untuk menginap maupun untuk sekedar beristirahat sejenak. Anda dapat membangun penginapan berupa hotel, resort, maupun homestay.

  1. Membuka Bisnis Kuliner

Kalau berbicara tentang pariwisata pasti tidak lupa berbicara tentang kulinernya juga. Anda dapat mencoba bisnis kuliner di lokasi pariwisata yang pastinya memiliki prospek yang sangat bagus. Anda dapat membuat warung biasa maupun restoran. Anda dapat menjual makanan khas daerah setempat atau makanan yang dapat memuaskan para turis setelah lelah berwisata. Biasanya yang sering dicari pengunjung adalah makanan-makanan khas (terutama makanan yang dapat dibuat oleh-oleh). 

  1. Membuka Bisnis Penyewaan Kendaraan

 Bisnis sewa kendaraan di tempat pariwisata (khususnya wisata alam) merupakan bisnis yang juga memiliki prospek sangat menjanjikan. Baik itu penyewaan kendaraan roda empat, rota dua, maupun kendaraan tradisional lain seperti kuda. Anda dapat menyewakan kendaran dengan tarif perjam misalnya. Usaha ini dapat Anda jalankan dengan modal yang lumayan besar di awal, namun lambat laun modal Anda akan kembali karena prospek bisnis ini juga sangat menjanjikan.

  1. Membuka Bisnis Penjualan Oleh-oleh

Berwisata ke suatu tempat tidak afdol rasannya jika tidak membawa oleh-oleh bukan? Nah, Anda dapat membuka usaha penjualan oleh-oleh khas di daerah sekitar tempat pariwisata. Oleh-oleh dapat berupa makanan, baju, maupun barang khas lain daerah pariwisata setempat. Anda dapat membuat oleh-oleh yang unik dan juga menarik, sehingga banyak turis akan tertarik untuk menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk keluarga mereka di rumah.

  1. Membuka Bisnis Jasa Penerjemah dan Guide Tour

Wisatawan biasanya tidak hanya berasal dari turis lokal saja, banyak juga turis asing yang berwisata di Indonesia. Hal tersebut dapat menjadi peluang bagi Anda untuk membuka usaha jasa penerjemah atau yang sering di sebut juga guide tour. Bisnis ini juga memiliki prospek yang bagus di daerah sekitar tempat pariwisata. Apalagi mata uang asing biasanya memiliki nominal yang besar. Anda berkesempatan memiliki uang asing seperti dollar ($) jika membuka bisnis ini.

  1. Membuka Bisnis Jasa Fotografi

Sudah pasti di tempat wisata para turis/pengunjung sering mengabadikan momen-momen indah serta keceriaan mereka di tempat wisata, namun tidak semua orang/turis/pengunjung memiliki kamera profesional dengan hasil yang maksimal. Untuk itulah Anda perlu membuka bisnis dibidang jasa fotografer yang masih dibutuhkan untuk mengabadikan momen keceriaan saat berlibur para turis/pengunjung. Anda juga dapat membuka usaha fotografi ataupun percetakan di daerah dekat tempat wisata. Untuk usaha percetakan mungkin Anda harus bekerja sama dengan para fotografer keliling yang ada di tempat wisata tersebut agar semakin banyak pelanggan.

  1. Bisnis Event Organizer

Tak jarang juga orang/organisasi mengadakan sebuah acara ataupun kegiatan di daerah tempat wisata baik itu untuk pertemuan bisnis, launching produk pernikahan, reuni,  dan lain-lain. Sehingga jasa event organizer sepertinya cukup dibutuhkan juga dalam hal ini. Jadi bukan hal yang aneh kalau Anda membuka bisnis event organizer di daerah dekat tempat wisata karena prospeknya juga sangat menjanjikan.

  1. Kios dan Counter

Seperti bisnis kuliner, keberadaan kios ataupun toko di berbagai tempat sangat dibutuhkan. Termasuk juga di tempat wisata memang sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan, seperti makanan, minuman, pakaian ganti dan bahkan pulsa handphone.

Demikian beberapa contoh peluang usaha yang memiliki prospek menjanjikan di tempat atau lokasi di dekat daerah pariwisata. Semoga informasi peluang bisnis/usaha tersebut dapat bermanfaat bagi Anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *