by

Adsense Youtube Vs Adsense Blog

-Bisnis-128 views

Adsense Youtube Vs Adsense Blog memang menjadi satu topik tersendiri yang saat ini ramai di perbincangkan di kalangan Youtuber dan juga Blogger. Bagaimana tidak, seringkali mereka kebingungan ingin fokus menghasilkan uang dan berkarya melalui Youtube ataupun melalui Blog. Banyak juga yang sekedar iseng dan bertanya “Sebenarnya lebih besar mana pendapatan dari Google Adsense Youtube atau Google Adsense Blog?”.

Adsense Youtube Vs Adsense Blog
Adsense Youtube Vs Adsense Blog

Tentu pertanyaan seperti itu tidak bisa dijawab dengan pasti, karena hanya pihak Google saja yang tahu. Selain itu, baik adsense untuk Youtube maupun adsense untuk Blog mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga dengan kata lain anda tidak perlu bingung ingin fokus memilih yang mana. Anda hanya perlu belajar dan memahami tentang Google Adsense, lalu sesuaikan dengan minat dan bakat anda, pilih Youtube atau Blog, dan terapkan!

Maka dari itu untuk memberi referensi seperti apakah kelebihan dan kekurangan adsense Youtube maupun adsense Blog, maka dari itu saya berikan sedikit informasi gambaran keduanya, agar anda tidak sampai salah dalam memulai, dan tentu saja tidak berakhir dengan kekecewaan.

Sedikit informasi mengenai Adsense di Youtube Vs Adsense di Blog

Kelebihan Adsense Youtube

  1. Kelebihan yang utama dengan fokus berkarya dan menghasilkan uang dari Youtube adalah kita tidak perlu repot mencari serta mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya karena pengunjung Youtube sudah sangat besar dan masif. Di Youtube anda hanya harus fokus bagaimana membuat brand (merk) lalu berkarya sebaik mungkin, bagaimana membuat karya yang berkualitas, membuat karya yang bermanfaat bagi orang lain, bagaimana anda memiliki keunikan dan ciri khas, hal itulah yang akan membuat banyak pengunjung menonton video anda dan secara tidak langsung mungkin pengunjung akan membagikannya melalui sosial media, sehingga andapun tidak perlu susah dan repot-repot dengan urusan promosi, SEO dan semacamnya.
  2. Untuk mendapatkan akun adsense hosted dari Youtube tidak sesulit mendaftar akun adsense non hosted untuk Blog. Untuk mendaftar adsense dari Youtube, minimal jumlah viewer anda harus mencapai 10.000, selain itu masih ada persyaratan-persyaratan lain yang tetap harus anda patuhi agar dapat di terima sebagai mitra Youtube. Meskipun begitu, menurut pengalaman saya secara pribadi, mendaftar akun adsense di Youtube tidaklah sesulit mendaftar akun adsense non hosted menggunakan web/blog pribadi.
  3. Youtube sangat cocok bagi anda yang kreatif dan tidak suka menulis. Ini dia mengapa alasan Youtube menjadi salah satu dari situs paling terkenal di dunia. Karena di dalamnya banyak sekali orang-orang kreatif yang bahkan memang pekerjaan dan penghasilannya bergantung pada Youtube. Anda yang tidak suka menulis dan membuat artikel, cocok sekali jika menggunakan Youtube sebagai tempat berkarya dan menunjukkan bakat anda.
  4. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membuat website dan sebagainya. Di Youtube anda dapat mendaftar secara gratis, sehingga anda tidak akan di pusingkan masalah mengeluarkan biaya seperti jika anda ingin membuat web/blog professional yang tentu saja minimal anda harus membeli domain dan hosting untuk membuatnya.

Kekurangan Adsense Youtube

  1. Pada Youtube anda tidak dapat menempatkan iklan sesuai keinginan anda. Beda halnya jika mempunyai web/blog, anda bebas menempatkan iklan anda dimanapun asalkan masih mematuhi kebijakan Google Adsense, di Youtube anda hanya akan mendapat opsi untuk memilih jenis iklan yang tampil dan format iklan seperti apa, namun untuk masalah penempatannya hampir semua sudah diatur sedemikian rupa oleh Youtube.
  2. Di Youtube banyak sekali persaingan dengan niche yang sejenis. Oleh karena itu jika kualitas karya dan video anda tidak lebih baik dari kompetitor (saingan), maka sudah dipastikan video dan karya-karya anda tidak akan banyak yang melihat alias tenggelam. Untuk itulah kualitas dari karya dan video anda di Youtube akan sangat menentukan berhasil tidaknya anda berkarya di Youtube.
  3. Berkarya di Youtube tentu saja anda harus memiliki kuota internet yang kencang dan melimpah, tentu saja hal ini juga akan membutuhkan biaya. Mengupload video tidak seringan ketika mempublish sebuah artikel di blog, oleh karena itu berkarya di Youtube tidak disarankan bagi anda yang sangat jauh dari fasilitas internet murah dan cepat. Karena seringkali internet lambat akan membuat anda malah emosi dan marah-marah.

Kelebihan Adsense Blog

  1. Di adsense blog anda tidak membutuhkan kuota internet terlalu banyak. Seperti yang kita ketahui, jika anda fokus berkarya dengan menggunakan adsense untuk memonetize blog, maka anda tidak perlu mengupload video yang notabene membutuhkan banyak kuota dan kecepatan internet seperti jika anda fokus berkarya dan memonetize adsense di Youtube. Dengan menggunakan blog, anda hanya perlu mempublish tulisan atau artikel dengan hanya menambah beberapa gambar untuk menunjang artikel anda. Tentu hal ini jauh lebih hemat daripada mengupload video berkualitas tinggi.
  2. Dengan memonetize Google Adsense di blog anda bisa menempatkan posisi dan jumlah iklan sesuai keinginan anda, namun meskipun begitu anda tetap harus mematuhi atau berpedoman pada kebijakan Google Adsense. Dengan aturan yang baru bahwa Google Adsense tidak membatasi berapa jumlah slot iklan yang dipasang di blog/laman, maka jika blog anda memiliki konten yang sangat kaya/banyak, anda dapat memonetizenya dengan banyak slot iklan, yang mungkin dengan cara ini juga akan menambah penghasilan anda melalui blog.
  3. Memonetize Google Adsense di blog/laman sendiri membuat anda terlihat lebih professional. Karena anda memiliki domain sendiri, email domain sendiri, atau halaman-halaman portofolio yang anda ciptakan sendiri dan khusus menampilkan segala sesuatu tentang anda, akan membuat anda terlihat lebih professional. Dengan begitu andapun juga sudah dapat dipanggil sebagai seorang blogger.
  4. Memiliki blog pribadi juga dapat memberikan keuntungan lain. Misalnya, jika trafik pengunjung/visitor blog anda tinggi, anda dapat menarik advertiser yang ingin mengiklankan produk mereka di blog anda. Sehingga peluang mendapatkan income tidak hanya akan datang dari Google Adsense saja. Selain itu, di blog anda juga bisa dengan mudah menawarkan dan berjualan jasa/produk anda sendiri.

Kekurangan Adsense Blog

  1. Menurut saya secara pribadi untuk mendaftar adsense non hosted menggunakan blog tidaklah semudah saat kita mendaftar adsense untuk Youtube. Banyak syarat yang harus kita patuhi dan penuhi, diantaranya seperti: blog kita harus kaya konten yang bermanfaat, navigasi blog harus jelas, blog tidak amburadul, tidak memiliki konten yang melanggar hak cipta dan melanggar undang-undang, blog tidak dalam kondisi masih di bangun, bukan blog copy paste yang menampilkan sedikit karya asli anda, dan masih banyak persyaratan lainnya yang harus anda patuhi untuk di terima sebagai mitra Google Adsense non hosted.
  2. Jika memonetize Google Adsense menggunakan blog, maka akan menyita lebih banyak waktu. Hal ini karena, dalam membuat blog banyak yang harus di siapkan dan di konfigurasi. Misalnya saja anda perlu menyiapkan domain, hosting, menginstall atau membuat webnya, bahkan anda sebisa mungkin juga harus belajar tentang ilmu web/blog seperti SEO (Search Engine Optimization), Coding (Web Programming), Web Security, Web Design dan ilmu teknologi informasi yang masih berhubungan dengan web/blog. Lalu anda juga masih harus meluangkan waktu untuk membuat artikel dan memposting di blog/web anda. Sehingga jika anda adalah orang yang tidak punya banyak waktu senggang tetapi punya fasilitas koneksi internet yang bagus, mungkin Youtube bisa menjadi pilihan.
  3. Potensi pendapatan anda akan rendah jika tidak mengetahui cara memonetize Google Adsense menggunakan blog. Di blog memang banyak sekali yang harus dipelajari agar bisa menjadi publisher Google Adsense yang berhasil dan sukses (menurut saya lebih sulit dari memonetize adsense di Youtube). Mulai dari ilmu SEO, internet marketing (promosi), geo targeting, bahkan bahasa yang anda gunakanpun akan sangat mempengaruhi. Mungkin sudah menjadi rahasia umum untuk para blogger bahwa negara pengunjung blog sangat mempengaruhi BPK/CPC iklan di Google Adsense. Negara pengunjung seperti US (Amerika Serikat), UK (Inggris) masih menjadi salah satu penghasil terbesar untuk nilai BPK/CPC yang diberikan Google Adsense. Oleh karena itu, jika anda tidak serius dalam belajar blogging, atau cuma iseng-iseng maka akan sangat sulit menjadi publisher Google Adsense yang berhasil dan sukses.

Seperti itulah artikel singkat mengenai Adsense Youtube Vs Adsense Blog. Baik Adsense Youtube maupun Adsense Blog semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga yang paling bijak adalah anda cukup menentukan sesuai dengan kondisi (realita) anda, bakat dan minat, serta fasilitas di lingkungan tempat anda tinggal, apakah yang paling cocok berkarya di Youtube ataupun berkarya menggunakan Blog/Web pribadi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments

  1. Saya mau tanya mas. Kira2 adsense blogger bisa digunakan ke akun youtube ?

    Kan klau adsense youtube tidak bisa dipasang di blog berdomain blogspot atw gratisan, harus LTD kan. Cuman klo misal sebaliknya. Adsense hosted blogger ke youtube bisa enggk ?

    Atau ada syarat khusus ? Atau gimana ?

    1. Tipe adsense ada 2 macam, 1. Hosted | 2. Non Hosted.

      Jika punya Mas Maulana adalah tipe Hosted, entah itu blog/youtube, maka hanya bisa digunakan di YouTube dan Blogspot (domain .blogspot.com) yang bekerja sama dengan Google Adsense.
      Sedangkan jika punya mas Maulana adalah adsense tipe Non Hosted, maka akan bisa digunakan di semua platform yang memenuhi syarat Google Adsense, termasuk youtube, web, dan blog dengan Top Level Domain misalnya: blog.com, noos.co.id, atau maulana.com.

      Akan tetapi agar adsense diterima di YouTube minimal harus 10.000 view di channelnya.

      Semoga membantu.

  2. Terima kasih…
    Hampir stress mengejar target lulus adsense di blog…
    Tapi kini justru punya solusi untuk refreshing menjadi youtuber…
    Sambil menyusun kekuatan mencapai target…