by

Apa itu Proses Masking Dalam Video dan Foto?

Dalam mengedit video kita sering mendengar tentang istilah Mask/Masking. Istilah ini seringkali muncul ketika kita sudah mengedit video atau foto menggunakan lebih dari satu layer. Bagi Anda yang sedikit bingung mengenai penjelasan masking, berikut adalah penjelasan sederhananya.

Masking adalah proses dimana saat kita mengedit sebuah layer atau object, kita ingin menampilkan layer yang di mask (diberi topeng/penutup), akan tetapi layer/object aslinya tetap tidak berubah dan tidak ditampilkan. Yang membuat kita bingung dalam masking topeng/penutupnya sendiri tidak terlihat/transparan jadi memang sedikit rumit untuk dijelaskan, namun ketika Anda telah praktek menggunakan masking, lama-lama Anda akan mengetahuinya dengan tersendiri.

Proses masking banyak terdapat pada software photo editor dan video editor, katakanlah seperti Adobe Photoshop, Adobe Premiere, Sony Vegas atau bahkan Adobe Flash.

Masking membuat video atau photo yang kita edit menjadi lebih menarik dan profesional, karena beda langkah masking akan berbeda juga hasilnya. Bagi kalian yang masih bingung seperti apa proses masking, nih dibawah ada contohnya silakan disimak.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *