by

Aplikasi Absensi Visual Basic

-Aplikasi-1,044 views

Source code aplikasi absensi yang dibuat menggunakan visual basic VB.NET ini adalah pengembangan dari aplikasi absensi yang source codenya pernah saya bagikan di situs lama saya inavb. Kenapa saya mengembangkan ulang aplikasi ini? Karena, ternyata diluar sana banyak sekali orang terutama mahasiswa yang bertanya secara pribadi dan menanggapi positif aplikasi absensi dari visual basic yang saya buat, sehingga niat saya ingin membantu mereka kembali jadi lebih berapi-api.

Saya kembangkan ulang dan saya perbaiki aplikasinya juga karena ada beberapa alasan teknis di aplikasi absensi visual basic ini, menurut saya orang-orang (saya sendiri termasuk) akan bingung terutama dengan database aplikasi absensi yang dahulu (karena jujur kalau database yang dahulu saya membuatnya tidak terlalu lama, sehingga mungkin tidak dipikir matang-matang hehe), dan hasilnyapun bisa ditebak, kalau sekarang saya cek ulang bahkan saya sedikit agak bingung terutama masalah relasi pada tabel databasenya.

Dan setelah saya kaji ulang sambil merenung untuk beberapa saat, memang menurut saya ada beberapa relasi dan field dari database aplikasi absensi yang lama menurut saya kurang efisien, sehingga dalam kesempatan ini saya dengan senang hati memperlihatkan kepada anda struktur dan relasi dari database lama ke yang baru, (meskipun masih ada kekurangannya) saya yakinkan kepada anda bahwa aplikasi absensi yang sekarang jauh lebih baik dan efisien daripada aplikasi dan database lama yang pernah saya berikan kepada anda.

Harapan saya: saya sebenarnya punya niat mengembangkan aplikasi ini terus menerus agar dapat digunakan untuk usaha kecil mikro menengah, sehingga akan membantu mereka mendapat aplikasi absensi gratis untuk sistem absensi karyawan mereka. Selain itu sampai saat ini saya juga ingin membuat dua versi, yang satu dengan finger print yang satu tidak, tetapi untuk finger print sendiri saya masih punya keterbatasan ilmu untuk menghubungkannya dengan visual basic. Mungkin dari anda ada yang pernah berpengalaman dan bisa membantu saya mengembangkannya, tentu akan sangat hebat !

Namun untuk untuk saat ini saya akan berikan panduan ulang, bagaimana agar anda bisa membuka aplikasi absensi dari visual basic VB.NET ini, agar anda juga dapat mengembangkannya jika memang ingin anda kembangkan.

Bahan dan aplikasi yang dibutuhkan untuk membuka project aplikasi absensi visual basic vb.net:

  • Microsoft Visual Studio 2015 (Saya menggunakan yang update 3).
  • Visual Styler (Saya menggunakan versi 2.4.xxx).
  • Crystal Report (CRforVS_13_0_19).
  • Skin ‘AlienBREED b2 (special)’.
  • Xampp saya menggunakan versi ‘xampp-win32-7.1.4-0-VC14-installer’.
  • MySQL for Visual Studio (mysql-for-visualstudio-2.0.5).
  • MySQL Connector (mysql-connector-net-6.9.9).

Informasi, petunjuk dan hal-hal yang berkaitan dengan source code project aplikasi absensi yang saya bagikan:

  1. Database

Lagi-lagi sebelum anda membuat dan mengembangkan aplikasi yang menggunakan sebuah data. Maka hal yang terpenting adalah databasenya, bagaimana aplikasi itu nanti akan berjalan hanya merupakan pengembangan kode dari waktu ke waktu, namun jika dari awal database anda sudah tidak efisien, ketika kode yang anda tulis sudah terlalu kompleks, saya yakin untuk merombaknyapun tidak akan jadi hal yang mudah, meskipun anda sendiri pencipta aplikasinya.

Oleh karena itu anda bisa melihat struktur dan relasi dari database aplikasi absensi lama yang pernah saya bagikan ke anda beserta hasil perubahan yang telah saya lakukan.

Database Aplikasi Absensi Lama
Database Aplikasi Absensi Lama
Database Aplikasi Absensi Baru
Database Aplikasi Absensi Baru

Pada struktur dan relasi terlihat kecil sekali perbedaannya, yang paling mencolok mungkin adalah pada bagian tabel ‘tbakses’, disitu saya telah menghapus field ‘KODEJABATAN’ sehingga pada database yang baru di tabel ‘tbakses’ sudah tidak ada lagi ‘KODEJABATAN’, selain itu juga ada perubahan dari field pada tabel ‘tbjabatan’ beserta relasinya. Ada juga perubahan pada field tabel ‘tbgolongan’ beserta relasinya juga. Namun meski terlihat hanya sedikit perubahan, di dalam struktur database aplikasi absensi ini saya pastikan sudah banyak yang berubah, dan saya pastikan pula yang baru jauh lebih baik serta efisien daripada yang lama.

  1. Form Hak Akses

Inilah form terpenting menurut saya yang ada pada source code aplikasi absensi visual basic VB.NET yang saya bagikan kepada anda. Form inilah yang bertanggung jawab dan bertugas mengatur hak akses atau ‘priviledges’ pegawai untuk dapat mengakses dan mengelola form-form lain yang ada pada aplikasi absensi ini. Sehingga fatal akibatnya jika anda coba-coba pengaturan atau merubah hak akses pegawai tanpa mengetahui benar apa yang anda lakukan pada form hak akses aplikasi absensi. Di form inilah batasan seorang pegawai di atur untuk dapat melakukan perintah simpan, hapus, edit, upload dan priviledges lainnya. Berikut adalah screenshot pada form hak akses.

Form Hak Akses Absensi Visual Basic
Form Hak Akses Absensi Visual Basic
  1. Form Setting Database

Form setting database adalah form kedua terpenting setelah form hak akses. Di form setting database ini diatur bagaimana aplikasi absensi dapat terhubung ke databasenya di server. Sehingga anda bisa melakukan konfigurasi database seperti nama server, nama database, nama user database, dan nama password database sesuai dengan detail konfigurasi server anda.

Sedikit saja anda salah mengkonfigurasi, maka aplikasi absensi tidak akan dapat terhubung ke database milik anda, sehingga anda hanya diharuskan menginstall ulang dan mensetting server anda sesuai bawaan aplikasi absensi visual basic yang saya bagikan (namun tenang saja data lama yang tersimpan di database tidak akan hilang). Berikut adalah detail dan screenshot dari form setting database.

Form Setting Database Absensi Visual Basic
Form Setting Database Absensi Visual Basic
  1. Form Data Pegawai

Seperti namanya, form data pegawai ini adalah master untuk menyimpan data-data pegawai di aplikasi absensi, ada berbagai inputan seperti nama, alamat, jenis kelamin, tanggal lahir, nomor telepon, upload foto dan lain-lain pada form data pegawai. Ketika anda menginputkan data diri seorang pegawai maka NIPnya akan menjadi ‘username’ dan 3 digit nama depannya akan menjadi ‘password’ sementara untuk pegawai tersebut login di aplikasi absensi. Namun pegawai tersebut berhak dan bisa untuk merubah passwordnya sendiri dihalaman rubah password. Berikut adalah screenshot form data pegawai.

Form Data Pegawai Absensi Visual Basic
Form Data Pegawai Absensi Visual Basic
  1. Form Absensi

Seperti namanya, selain dapat absen cepat melalui form utama, seorang pegawai juga dapat absen melalui form absensi ini. Di form absensi, seorang pegawai dapat lebih jelas melihat status kedatangannya saat dia ingin melakukan absensi, seperti jam berapa, terlambatkah, atau mau melihat data siapa saja yang sudah absen pada hari itu. Berikut adalah tampilan screenshot dari form absensi.

Form Absensi Visual Basic
Form Absensi Visual Basic
  1. Form Jabatan

Form jabatan digunakan untuk mengatur, dan menyimpan nama jabatan yang nanti akan dimunculkan pada form pegawai, sehingga di form pegawai nanti anda tidak perlu mengetik ulang untuk jabatan pegawai yang sama ketika ingin menginputnya di form data pegawai aplikasi absensi.

Form Jabatan Absensi Visual Basic
Form Jabatan Absensi Visual Basic
  1. Form Golongan

Fungsinya hampir serupa dengan form jabatan, form golongan digunakan sebagai tempat menyimpan data master golongan. Hal ini mungkin hanya dibutuhkan jika aplikasi absensi ini digunakan oleh kantor pemerintahan.

Form Golongan Absensi Visual Basic
Form Golongan Absensi Visual Basic
  1. Form Update Form

Form update form ini lumayan penting, namun karena sudah diberi penjelasan dan catatan pada bagian bawah form, saya rasa pengguna dan pegawai tidak akan bingung untuk inputan yang ada pada bagian form update form. Untuk lebih amannya, anda bisa membiarkan pengaturan form update form ini secara default, atau anda hanya boleh merubah nama formnya jangan mengganti atau menghapus kode formnya, karena form ini masih berkaitan dengan hak akses atau pengaturan priviledges pada user di aplikasi absensi.

Form Update Form Absensi Visual Basic
Form Update Form Absensi Visual Basic
  1. Form Laporan

Seperti namanya, form laporan digunakan untuk melihat dan mencetak laporan. Di form laporan terdapat banyak sekali opsi, baik untuk memilih laporan harian, laporan bulanan atau berdasarkan laporan tahunan, sehingga setelah anda cetak anda dapat mengarsipkannya buat bukti maupun buat backup data kantor/usaha anda.

Form Laporan Absensi Visual Basic
Form Laporan Absensi Visual Basic
  1. Form Pencarian

Form ini fungsi utamanya adalah mencari data pegawai yang terlambat, sehingga lebih memudahkan atasan untuk mengontrol kedisiplinan para pegawainya. Di form ini juga terdapat menu untuk mencari pegawai yang tidak hadir, namun fungsi ini akan saya hapus di update berikutnya (karena saya rasa hal ini tidak diperlukan).

Form Pencarian Absensi Visual Basic
Form Pencarian Absensi Visual Basic
  1. Form Bantuan

Di form ini terdapat informasi yang mungkin akan dapat membantu anda saat menggunakan aplikasi absensi. Di form bantuan juga terdapat petunjuk teknis, misalnya tombol shortcut dan informasi berkenaan dengan aplikasi absensi ini.

Form Bantuan Absensi Visual Basic
Form Bantuan Absensi Visual Basic

Seperti itulah penjelasan mengenai source code aplikasi absensi yang akan saya bagikan kepada anda. Anda dapat mendownload project dan source code aplikasi absensi lengkap dengan databasenya melalui link dibawah. Jika menurut anda source code aplikasi absensi ini bermanfaat, anda dapat membagikannya ke teman-teman anda terutama untuk masalah edukasi. Anda boleh mengembangkannya sesuka hati, jika ada yang kurang jelas dan paham bisa ditanyakan melalui kontak saya, fanspage maupun kolom komentar dibawah.

[ Download Source Code Aplikasi Absensi VB.NET + Database ]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 comments

      1. Mas no wa’x berapa
        Saya lagi skripsi
        Dan saya disuruh bikin program aplikasi absen dgn vb.net dan sqlserver
        Lagi bingung bikin form absen dan sambungin k sqlservernya gmna

  1. untuk merubah usernam default yg 1111111, itu gimana bang ? udah saya rubah di texbox tpi tetep gx rubah, sama tulisan berjalan di header juga gx bisa di rubah bang, saya butuh buat presentasi tugas UAS.