by

Bagaimana Cara Memasarkan Produk di Internet yang Efektif

-Bisnis-412 views

Internet merupakan ladang bisnis menggiurkan dan tentunya sangat potensial, apabila anda bisa memaksimalkan peluang yang ada. Dalam hal ini internet bisa di manfaatkan sebagai sarana untuk mempromosikan barang yang anda jual. Dengan memanfaatkan internet, maka jangkauan promosi anda bukan hanya sebatas daerah tertentu, melainkan mencakup semua wilayah di Indonesia bahkan bisa di akses di seluruh dunia.

Bagaimana Cara Memasarkan Produk di Internet yang Efektif
Bagaimana Cara Memasarkan Produk di Internet yang Efektif

Nah, apabila saat ini anda ingin mencoba memasarkan suatu produk di internet dan belum tahu caranya agar efektif, sebaiknya simak ulasan yang kami bagikan berikut ini.

Cara Memasarkan Produk di Internet yang Efektif 

1). Promosi Produk lewat Forum

Pemasaran atau promosi produk via forum tidak akan dipungut biaya alias gratis. Anda hanya perlu menjadi anggota forum tersebut kemudian membuat thread yang membahas tentang produk yang akan anda promosikan di forum tersebut. Terdapat banyak forum gratis di internet yang bisa anda coba, misalnya ads.id, kaskus.co.id, forum.detik.com dan lainnya.

2). Promosi Produk lewat Media Sosial

Indonesia adalah Negara dengan penggunaan media sosial yang cukup banyak. Media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Linkedin dan semacamnya dapat anda manfaatkan untuk mempromosikan produk anda.

Contohnya anda ingin mempromosikan produk anda lewat Facebook. Anda bisa membuat fanpage kemudian promosikan produk tersebut mulai dari nama, khasiat, komposisi, dan semacamnya di fanpage tersebut. Jika produk anda menarik, bermanfaat dan harganya terjangkau, pastinya banyak yang akan menyukai fanpage tersebut dan memesan produk anda.

3). Promosi lewat Artikel Berbayar

Memanfaatkan jasa review juga merupakan cara terbaik dalam  mensosialisasikan produk anda. Banyak pengelola blog yang membuka peluang untuk review produk. Namun jangan asal pilih, pastikan blog yang anda sewa untuk mereview memiliki kredibilitas bagus, punya banyak penggemar fanatik dan memiliki pengunjung ribuan perharinya.

4). Promosi lewat Blog

Mensosialisasikan dan mempromosikan produk dagangan anda dengan membuat sebuah blog atau website adalah salah satu cara terbaik untuk pengenalan dan media promosi. Dan sebaiknya gunakan website dengan domain yang berbayar. Agar lebih terlihat profesional. Jika anda menggunakan domain gratisan, kesannya anda tidak serius bahkan di cap penipuan.

Lebih bagus lagi jika anda mengoptimasi website tersebut. Agar website anda bisa bersaing di search engine dan selalu muncul di halaman teratas pencarian google. Karena jika website anda muncul di halaman awal maka potensi di datangi pengunjung makin besar. Dan semakin besar pengunjung pada blog anda, tentu makin besar juga peluang produk anda di beli. Jika anda gaptek dalam hal optimasi website, anda bisa menyewa jasa seo untuk mengoptimasi website anda agar selalu muncul di halaman pertama pencarian.

5). Promosi lewat Google AdWords

Melihat peluang bisnis online yang lumayan besar, perusahaan raksasa, Google juga menyediakan fasilitas untuk mempromosikan produk anda lewat internet. Yaitu dengan adwords. Yang mana Google AdWords di sini adalah hasil kerjasama antara Google, Blogger, dan Webmaster. AdWords menampilkan iklan di web blog yang terdaftar sebagai publisher iklan Google.

Fasilitas ini merupakan fasilitas berbayar, karena Google AdWords adalah jaringan periklanan online yang sangat luas yang mempunyai banyak jaringan. Produk dari google ini di kenal sangat bagus dalam menunjang penjualan produk anda, selain itu adwords sangat profesional dan transparan dalam memberikan laporan, misalnya saja mengenai laporan kinerja iklan anda.

6). Promosi lewat Iklan

Selain adwords ada banyak jasa pengiklanan yang bisa di coba. Baik itu jasa pengiklanan dalam negeri maupun luar negeri. Untuk memaksimalkan penjualan produk dagangan anda, tak ada salahnya jika anda mencoba jasa pengiklanaan tersebut.

7). Promosi lewat Situs Jual-Beli

Cara lain yang dapat anda lakukan untuk mempromosikan produk anda dan tanpa dipungut biaya adalah dengan memanfaatkan situs jual-beli. Promosi via situs jual-beli ini merupakan strategi yang paling mudah, cepat, dan bebas biaya.

Anda bisa membuat akun di beberapa situs jual-beli ternama di Indonesia seperti olx.co.id, dan sebagainya. Dengan tidak melupakan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan pada situs tersebut. Keanggotaan pada banyak situs jual-beli akan melebarkan jangkauan anda dalam mempromosikan produk anda lewat internet.

8). Promosi menggunakan Toko Online

Membuat toko online untuk memasarkan produk dagangan anda, adalah cara terbaik yang sepantasnya anda lakukan. Alangkah baiknya dalam membuat toko online di lakukan dengan serius. Tak ada salahnya jika anda menyewa jasa pembuat toko online profesional, agar nama anda lebih mempunyai nilai jual. Gunakan nama domain toko anda yang bagus, simple dan mudah di ingat. Lengkapi toko online anda dengan menu pelacakan resi, perhitungan ongkos kirim, dan sarana penunjang lainnya, agar toko online anda tampak sangat meyakinkan dan terpercaya.

9). Promosi menggunakan Banner Iklan Mandiri di Website Orang

Cara ini juga sangat layak untuk di coba. Tapi pemilihan blog atau website yang anda ajak bekerja sama, tidak boleh sembarangan. Pastikan website tersebut membahas topik atau tema yang cocok dengan produk yang anda jual. Misalnya anda menjual produk kesehatan, maka sebaiknya ajak kerjasama website yang membahas tema tersebut. Dan pastikan juga website tersebut ramai pengunjungnya.

10). Memanfaatkan Email Marketing

Selain menggunakan website untuk mempromosikan produk anda, anda juga bisa menggunakan e-mail untuk mempromosikan produk anda. E-mail akan dikirimkan secara masal maupun personal melalui e-mail marketing. Cara ini tergolong mudah dan murah. Namun anda harus bijak menggunakan metode ini. Jangan sampai ada kesan yang anda kirimkan tersebut merupakan email spam.

11). Promosi lewat Kolom Komentar

Murah dan gratis, anda dapat menggunakan cara ini hanya untuk sebagai pelengkap strategi promosi lainnya. Anda cukup berkunjung di web atau blog orang lain kemudian tinggalkan komentar anda yang berisi promosi tentang produk anda. Anda bisa melakukan hal ini baik di blog atau website maupun di media sosial seperti instagram, facebook, dan lainnya. Namun pastinya, produk anda harus sesuai dengan topik yang sedang di bahas.

12). Endorse “Artis” Media Sosial

Teknik ini sangat populer sekarang ini. Terutama di media sosial instagram. Anda pilih artis yang menurut anda potensial, kemudian hubungi dan bicarakan kerjasama yang anda inginkan, dan yang terakhir bicarakan masalah harga.

13). Promosi menggunakan Market Place Online

Anda juga bisa mensosialisasikan produk anda dengan membuat toko online di market place online seperti bukalapak.com, dan tokopedia.com. anda tidak akan dipungut biaya ketika membuat toko virtual di market place online ini. Berbagai kemudahan juga ditawarkan di market place ini untuk menunjang kesuksesan lapak anda.

Keuntungan lainnya jika anda bergabung dengan market place online seperti ini ialah, anda tak perlu pusing-pusing memikirkan desain web, membayar langganan domain atau hosting dan lain sebagainya yang berhubungan dengan blog atau toko online.

Nah itu dia di atas tips atau strategi jitu dalam memasarkan produk anda secara online, agar banyak pembeli yang datang. Selamat mencoba.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *