by

Bangkit dari Kegagalan dalam Berbisnis

-Bisnis-134 views
Bangkit dari Kegagalan dalam Berbisnis
Bangkit dari Kegagalan dalam Berbisnis

Tiap cerita kesuksesan, kebanyakan selalu di awali dengan kegagalan demi kegagalan. Pun termasuk kesuksesan dalam berbisnis. Kegagalan dalam berbisnis adalah suatu hal yang wajar dan dapat terjadi pada semua orang yang menggeluti suatu bisnis. Dan kegagalan yang terjadi seharusnya di sikapi dengan positif dan di jadikan sebagai batu loncatan untuk bisa bangkit dan berkembang menjadi lebih baik lagi di kemudian hari.

Buat Anda yang saat ini tengah mengalami kegagalan, dan merasa berat untuk mulai bangkit lagi, berikut ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar kegagalan yang Anda alami tidak membuat Anda putus asa atau menyerah. Tetapi justru membuat Anda bangkit dan terus melangkah maju hingga meraih puncak kesuksesan seperti yang diimpikan.

Langkah Cerdas Agar Bisa Bangkit Saat Mengalami Kegagalan Dalam Berbisnis

Harus Mengevaluasi Diri

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah kembali pada inti permasalahan yang Anda hadapi dalam berbisnis. Melihat ke dalam diri Anda, bertanya pada diri sendiri apa yang sebenarnya sedang terjadi. Jujur pada diri sendiri dan mengakui setiap kesalahan yang telah Anda perbuat dalam usaha untuk menjalankan bisnis, kemudian buat catatan daftar kesalahan-kesalahan untuk menjadi bahan introspeksi agar tidak jatuh ke dalam lubang atau kesalahan yang sama dalam berbisnis. Jadikan semua kesalahan sebagai pengalaman berharga anda, karena kesalahan dan kegagalan adalah pengalaman terbaik menurut saya.

Carilah Banyak Teman dan Koneksi Baru

Langkah penting yang harus Anda lakukan untuk bangkit dari kegagalan adalah membuka diri anda, pebanyaklah teman, relasi dan jalin komunikasi seluas-luasanya. Dengan mempunyai dan menemui banyak orang-orang baru, yang tentunya dengan berbagai kelebihan mereka, dapat membantu Anda atau menginspirasi agar Anda menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih berkompeten. Hal ini juga dapat memberi keuntungan untuk bisnis Anda nantinya.

Jika tidak bisa bertemu dengan orang-orang baru, maka temukanlah perspektif baru, jadikan semua hal positif pada diri orang-orang tersebut sebagai referensi menuju ke arah yang lebih baik. Cari tahu bagaimana mereka mampu menaklukkan rintangan yang dialami dan bagaimana cara mereka menyikapi berbagai hal yang terjadi dalam hidup mereka. Belajar dari kesalahan mereka, dan jadikan pengalaman mereka sebagai referensi dalam mengambil langkah, dalam menggapai sukses Anda sendiri.

Jadikan Kegagalan yang Terjadi Sebagai Kekuatan Anda

Orang-orang yang merasa dirinya menjadi orang yang paling malang sedunia ketika gagal dalam berbisnis, bisa dipastikan dia tidak akan bisa berkembang dan berakhir dengan menyandang status  pecudang. Anda tidak mau bukan disebut sebagai pecundang?

Satu-satunya pilihan terbaik yang harus Anda lakukan adalah terus bangkit, dan mencoba lagi. Sebaiknya Anda banyak membaca berbagai biografi orang-orang atau para pebisnis sukses. Dengan membaca kisah perjuangan mereka, hal itu tentunya akan bisa memotivasi Anda untuk bangkit dan menatap kedepan dengan penuh semangat.

Bangkit dengan Daya Ungkit

Ketika gagal dalam berbisnis, mungkin Anda kehilangan banyak sekali aset fisik, waktu, dan materi sehingga hal itu membuat Anda merasa sangat bersedih dan bahkan kadang memunculkan trauma untuk bangkit lagi. Seharusnya Anda tidak fokus dengan hilangnya aset Anda tersebut, tetapi fokus dan lihatlah dari sisi lain yang positif, yaitu pengalaman yang begitu berharga, selama menjalankan bisnis tersebut, itulah poin yang tidak akan dimiliki orang lain sebelum mencoba.

Jadikan pengalaman tersebut menjadi daya ungkit Anda untuk bangkit. Anda memiliki pengalaman bagaimana menghasilkan atau memutar uang, marketing, pemasaran, berhubungan dengan orang lain, mengelola sumber daya manusia serta koneksi luas yang Anda miliki selama menjalankan bisnis. Hal-hal tersebut sangat berharga dan menjadi senjata atau daya ungkit yang besar dalam melejitkan bisnis baru yang mulai Anda rintis lagi.

Visualiasasikan Kesuksesan Anda

Metode visualisasi merupakan salah satu metode yang cukup ampuh untuk menuai kesuksesan. Metode visualisasi dilakukan dengan cara membayangkan secara detail apa yang ideal bagi Anda, seperti penampilan, bau, rasa dan lainnya. Secara teknis memang belum terjadi, tetapi otak Anda percaya bahwa Anda telah meraih hal tersebut. dan seiring berjalannya waktu alam bawah sadar Anda akan menuntun Anda agar bisa mencapai sesuai yang Anda visualisasikan tersebut, yaitu berhasil dan sukses.

Kembali Bangkit dan Mulailah Dari Kesuksesan Kecil

Mulailah dengan sesuatu yang kecil, melihat sesuatu dengan lebih detail. Menciptakan kemenangan kecil sepanjang hari memungkinkan Anda mengalami sensasi menjadi pemenang. Sensasi tersebut akan menciptakan kesenangan dan tingkat kepuasaan Anda akan terus meningkat.

Ketika Anda meraih kemenangan, terlepas dari besar kecilnya, tubuh Anda akan mengeluarkan kadar Testosteron dan Dopamin yang menciptakan kecanduan untuk selalu   sukses. Kadar Testosteron yang besar tersebut meningkatkan keinginan Anda untuk melakukan hal yang lebih besar dalam meraih kesuksesan, sedangkan Dopamin membuat Anda merasa senang melakukannya.

Jangan Berpuas Diri, Teruslah Berkembang

Ketika Anda gagal dalam bisnis, sadarilah bahwa ada yang salah, kesalahan yang menyebabkan Anda gagal. Baik dalam pengambilan keputusan atau hal lainnya. Untuk bangkit dan bisa meraih sukses, hal penting yang harus Anda lakukan adalah, menambah pengetahuan, serta wawasan Anda. intinya tingkatkan kualitas Anda.

Dan selain meningkatkan kualitas diri, Anda juga harus Belajar dari kesalahan Anda dan kesalahan orang lain, jadikan itu sebagai modal Anda. Kembangkan wawasan Anda tentang ilmu berbisnis, tambah kemampuan Anda tentang pemasaran, manajemen dan pengetahuan Anda tentang leadership. Belajar lah dari mana saja, entah itu buku, dari internet, dan lain sebagainya, dan jika Anda sudah siap, segera bangunlah bisnis Anda dengan cara yang lebih baik lagi.

Manfaatkan Aset Dengan Sebaik-Baiknya

Satu-satunya solusi untuk mendapatkan modal dan membayar utang adalah Anda harus memiliki uang. Untuk mendapatkannya, manfaatkan semua aset yang Anda miliki, baik aset fisik, aset pengalaman dan aset jaringan. Berpikirlah, dan cari ide yang hebat, kemudian implementasikan ide tersebut dengan manfaatkan semua aset yang Anda miliki.

Perbaiki Mental dan Kejiwaan Anda

Salah satu penyebab kegagalan adalah masalah mental dan kejiwaan. Penyebab ini tidak mudah terlihat, tetapi sangat mungkin menjadi penyebab kegagalan. Jika Anda merasa segala persiapan Anda sudah matang, baik dari segi ilmu bisnis, ide bisnis dan aplikasi ilmu dalam menjalankan bisnis, tetapi masih gagal. Mungkin masalahnya ada di mental Anda.

Mindset memiliki pengaruh hingga 85 % terhadap keberhasilan. Jika ini bermasalah, maka bisnis Anda juga bermasalah. Anda mungkin tidak menyadari apa yang salah dengan mindset Anda. Anda harus mencari tahu dengan cara berdialog khusus dengan ahlinya, menemukan masalahnya dan melakukan terapi penyembuhan. Sehingga Anda siap untuk bangkit dan menjadi sukses dengan mindset yang baik.

Dan Yakinlah Anda Mampu Bangkit

Ciptakanlah mindset pemenang pada diri Anda. Dimana mindset seorang pemenang adalah selalu yakin bahwa dia mampu untuk  bangkit dan sukses, tidak perduli sekeras apapun dia jatuh. Seorang pemenang dilahirkan untuk menang.

Berdoa dengan Sungguh-Sungguh

Setelah berbagai hal di atas Anda lakukan, maka yang terakhir adalah Anda serahkan semua pada Tuhan YME. Berdoalah dengan sungguh-sungguh kepadaNYA, dan yakinlah DIA akan memberikan yang terbaik, sesuai kerja keras yang telah Anda lakukan. Hasil tidak akan pernah mengkhianati proses, itulah yang sering pepatah bilang.

Nah artikel diatas adalah beberapa tips terbaik yang sebaiknya Anda coba terapkan saat ingin bangkit dari kegagalan bisnis, dan mulai merintisnya kembali. Dengan menerapkan beberapa hal di atas, Anda bisa meminimalisir kegagalan yang sama, dan bahkan tidak menutup kemungkinan merupakan langkah awal kesuksesan bisnis Anda akan segera di mulai.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *