by

Belajar dari Blogger Populer di Indonesia

Tempo hari pada saat saya mencari referensi-referensi tentang beberapa blog yang populer dan terkenal di Indonesia, saya sangat kagum dan terkejut, ternyata blog yang populer dan terkenal tersebut hampir semuanya memiliki desain yang sederhana, jauh dari kesan mewah.

Im Blogger Im Unique
Im Blogger Im Unique

Selain pada tampilan dan desain, saya juga bisa menarik kesimpulan dan pelajaran yang sangat berharga yang akan saya share/bagikan kepada anda. Hal ini mungkin akan sangat bermanfaat terutama jika anda adalah juga seorang blogger. Berikut beberapa kesimpulan penting yang saya ambil dan rangkum untuk anda.

  1. Para blogger tersebut mempunyai skill/keahlian khusus di suatu bidang tertentu.

Hampir semua blog populer yang saya kunjungi dan kata beberapa orang masuk nominasi blog terbaik di Indonesia tersebut masing-masing mempunyai ciri khas, yaitu pemiliknya ahli di bidang tertentu. Sehingga isi atau konten blognya sangat berkaitan atau kental dengan keahlian sang pemilik blog yang di eksplor atau dikembangkan. Nah, ini berarti bisa memberi kita pesan bahwa jika ingin berhasil dalam dunia blogging, tuliskan atau tuangkan sesuatu yang memang kita kuasai, kembangkan, dan sebisa mungkin hindari copy paste konten.

  1. Konten adalah raja, jangan terlalu pusing memikirkan tampilan blog.

Kesalahan inilah yang mungkin sering dilakukan oleh seorang blogger pemula yang baru belajar blogging, tetapi tidak apa-apa karena itu mungkin adalah sebuah proses pembelajaran. Untuk itulah setelah membaca tulisan ini, diharapkan seorang blogger akan mulai berpikir bahwa konten atau isi dari blog jauh lebih penting dibandingkan desain dan tampilan. Saya juga punya pengalaman sangat sering otak-atik tampilan blog agar sempurna, dan percayalah tampilan blognya tidak akan pernah sempurna, malah capek yang kita dapatkan, jadi fokuslah pada isi atau konten blog anda.

  1. Pemiliknya apa adanya.

Hampir semua blog yang saya kunjungi tersebut memperlihatkan tidak ada yang ditutup tutupi oleh pemiliknya. Baik dari segi bahasa yang digunakan, konten, cara penggunaan bahasa, semuanya unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Pemiliknya pun blak-blakan, istilahnya tidak jaim (jaga image). Mungkin inilah yang membuat pembacanya setia berkunjung ke blog tersebut.

  1. Rutin di update walaupun tidak terlalu sering.

Pada saat saya mengunjungi blog-blog tersebut, saya juga melihat artikel dan kontennya selalu di update meskipun saya mengamati dari tanggal postingan, intensitas updatenya juga tidak terlalu sering, namun mempunyai jiwa dan ciri khas yang membuat kontennya hidup.

  1. Menjaga interaksi dengan pengunjung.

Hampir semua pemilik blog populer tersebut aktif menjawab pertanyaan pengunjung melalui komentar, hal ini yang membuat pengunjung kerasan dan merasa dihargai oleh sang pemilik blog, yang pada akhirnya akan berdampak positif terhadap blognya sendiri.

Itulah sedikit kesimpulan yang bisa saya ambil setelah berkunjung ke blog-blog populer di Indonesia. Menjadi seorang blogger memang unik, dan keunikan kita yang harus dikembangkan agar berbeda dengan yang lain. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda dan diri saya pribadi khususnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *