by

Beragam Masalah yang Seringkali Menimpa Pebisnis Online dan Solusinya

-Bisnis-88 views

Dalam melakukan bisnis apapun, masalah akan selalu datang menghampiri. Termasuk saat berbisnis online (membuka online shop). Banyak masalah yang mungkin akan dihadapi dan tak jarang bisa membuat bisnis terhambat bahkan terancam gulung tikar. Mulai dari masalah ketatnya kompetisi pasar hingga masalah dengan supplier, serta masalah-masalah teknis lainnya. Dan tentu saja, semua masalah tersebut adalah hal yang wajar dan harus bisa dicari solusinya. Berikut ini adalah daftar masalah yang mungkin akan Anda hadapi saat terjun ke bisnis online, sehingga kemudian bisa Anda cari solusinya.

Beragam Masalah yang Seringkali Menimpa Pebisnis Online dan Solusinya
Beragam Masalah yang Seringkali Menimpa Pebisnis Online dan Solusinya

Ragam Masalah yang Seringkali Terjadi pada Pebisnis Online

1. Banyaknya Kompetitor
Maraknya kalangan yang mencoba terjun di bisnis online saat ini membuat peluang meraup keuntungan sebanyak-banyaknya semakin terbatas. Karena dengan banyaknya kompetitor tentu makin sulit dalam mendapatkan pelanggan, terlebih mempertahankannya. Untuk itu, Anda tak boleh hanya tinggal diam, lakukan promosi secara maksimal, baik itu secara gratisan atau berbayar, serta tentu dengan dibarengi peningkatan layanan yang lebih baik.

2. Masalah dengan Supplier atau Penyetok
Masalah dengan supplier atau penyetok dapat menjadi masalah yang krusial. Pasalnya Anda mendapatkan barang dagangan dari mereka, dan jika supplier Anda tidak terlalu responsif, atau mungkin kehabisan stock barang, maka proses jual beli di toko Anda pastinya juga akan terhambat. Untuk itu, hindari hal tersebut dengan memiliki beberapa supplier cadangan, sehingga penyetokan barang selalu berjalan dengan lancar, saat ada salah satu supplier tidak bisa melakukan kewajibannya.

3. Akses Internet yang Kurang Lancar
Memiliki akses internet yang lancar adalah hal yang wajib bagi pebisnis online. Pastikan tempat kerja Anda memiliki koneksi internet pribadi yang lancar sehingga komunikasi dengan pelanggan/supplier dapat berjalan dengan baik. Begitupula dengan smartphone Anda, pastikan juga selalu tersambung dengan koneksi internet agar selalu terhubung dengan konsumen dimanapun dan kapanpun.

4. Karakter Pembeli yang Berbeda-beda
Ketika memulai berbisnis online, Anda harus sudah siap dengan karakteristik pembeli yang berbeda-beda. Dalam peristiwa terburuk, calon pembeli dapat mengajukan beragam pertanyaan yang sebenarnya sudah tercantum dalam keteragan produk atau calon pembeli yang selalu menginginkan balasan cepat ketika bertanya.

Jika hal tersebut terjadi, tetaplah sabar. Jawab pertanyaan mereka dengan sopan dan bijak. Anda dapat mengatakan bahwa informasi tersebut dapat dilihat di bagian keterangan produk secara sopan tanpa membuat pembeli tersinggung. Dan jangan sekalipun mengabaikan pertanyaan yang diajukan oleh calon pembeli Anda. Pastikan tetap berpegang teguh dengan prinsip bijak ‘pembeli adalah raja’.

Itulah di atas informasi yang dapat kami rangkum berkaitan dengan masalah yang sering dihadapi saat berbisnis online beserta solusinya. Meskipun menghadapi banyak masalah, sebagai wirausahawan Anda tentu tidak boleh pantang menyerah dan terus semangat menjalankan bisnis yang sedang ditekuni. Nah, semoga sukses dan semoga Anda bisa menjadi pebisnis yang menginspirasi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *