by

Berkunjung ke Desa Banyumulek Sentra Industri Gerabah di Lombok Barat

-Wisata-152 views

Sentra industri gerabah tidak hanya ada dan terkenal di Kota Yogyakarta. Lombok juga memiliki sentra industri gerabah, tepatnya berada di Desa Banyumulek. Desa Banyumulek ini memang sudah terkenal dengan industri gerabahnya. Desa Banyumulek hingga saat ini menjadi desa yang dijadikan destinasi wisata bagi para pengunjung yang ingin berburu cinderamata untuk dibawa pulang kembali ke daerah asalnya.

Kerajinan Gerabah Desa Banyumulek
Kerajinan Gerabah Desa Banyumulek

Lokasi Desa Banyumulek

Desa Banyumulek ini berada di Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Desa Banyumulek berjarak kurang lebih 14 kilometer di bagian selatan pusat Kota Mataram.

Akses Menuju Desa Banyumulek

Untuk menuju Desa Banyumulek tidaklah sulit. Dari pusat Kota Mataram, Anda dapat menggunakan kendaraan umum untuk sampai di Desa Banyumulek dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam perjalanan.

Tarif Masuk Desa Banyumulek

Pengunjung tidak dikenakan biaya untuk memasuki kawasan Desa Banyumulek alias gratis. Jadi untuk masuk ke sentra industri gerabah di wilayah Desa Banyumulek Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Fasilitas di Desa Banyumulek

Desa Banyumulek sudah menyediakan beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh para pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut seperti area parkir yang memadai, masjid, musholla, warung makan, dan fasilitas lainnya.

Daya Tarik Wisata di Desa Banyumulek

Memasuki kawasan Desa Banyumulek, Anda akan disambut dengan sebuah gapura yang terbuat dari besi dan bertuliskan Sentra Industri Gerabah Banyumulek. Di sepanjang jalan Desa Banyumulek ini pengunjung akan melihat deretan toko kesenian yang berada di depan rumah warga.

Gapura Masuk Desa Banyumulek
Gapura Masuk Desa Banyumulek

Toko-toko kesenian di Desa Banyumulek ini menyajikan beragam kerajinan gerabah yang diproduksi oleh warga desa tersebut. Ada banyak jenis kerajinan gerabah yang dapat ditemui di sana. Seperti kerajinan gerabah yang bersifat fungsional, misalnya selao atau gentong, dumang atau anglo, sigon atau wajan, kemek atau periuk, dan sebagainya. Ada pula kerajinan gerabah yang berfungsi sebagai dekorasi, misalnya vas bunga, asbak, patung, hiasan dinding, lampu tembok, dan lain-lain.

Contoh Gerabah Hasil Karya Warga Desa Banyumulek
Contoh Gerabah Hasil Karya Warga Desa Banyumulek

Harga kerajinan gerabah di Desa Banyumulek ini beragam, tergantung pada model dan tingkat kesulitan pembuatannya. Harganya bisa berkisar antara Rp 5.000,00 hingga Rp 500.000,00.

Proses pembakaran dalam pembuatan kerajinan gerabah di Desa Banyumulek masih menggunakan teknik tradisional, yaitu menggunakan jerami serta kayu bakar. Teknik ini lebih dikenal dengan istilah tenunuq lendang yang berarti pembakaran gerabah di tengah kebun.

Teknik pembakaran tersebut dilakukan di luar ruangan secara terbuka. Sehingga, gerabah yang dibakar dapat secara  leluasa dikeluarkan dari tempat pembakaran untuk kemudian diwarnai ataupun ditambahi dengan ukiran juga hiasan. Teknik pembakaran ini juga menghasilkan gerabah yang lebih rapuh.

Kerajinan gerabah di Desa Banyumulek biasanya dilengkapi dengan hiasan yang terbuat dari anyaman rotan. Hiasan ini kerap disebut anyaman Ketak Lombok. Selain itu, biasanya kerajinan gerabah di sana juga dihiasi dengan pasir putih yang ditempelkan pada permukaan kerajinan, dengan membentuk motif tertentu.

Nah, itulah diatas sekilas review tentang obyek wisata Desa Banyumulek. Semoga bisa menjadi referensi destinasi wisata industri gerabah yang bermanfaat untuk Anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *