by

Biaya Membuat Blog Profesional

Berapakah kira-kira biaya yang dibutuhkan untuk membuat blog profesional? Mungkin bagi anda sebagian blogger yang ingin membuat blog profesional atau minimal dengan domain dan hosting sendiri akan bertanya-tanya, kira-kira berapakah dana yang harus dipersiapkan untuk membuat blog profesional tersebut. Sedikit saya akan menjelaskan bahwa yang saya maksud profesional disini adalah tidak menggunakan platform gratisan seperti blogspot, wordpress.com dan beberapa penyedia layanan blog gratis lainnya.

Biaya Membuat Blog Profesional
Biaya Membuat Blog Profesional

Sehingga disini minimal anda membuat blog tersebut dengan hosting dan domain yang anda sewa sendiri, tentu saja anda harus membayar sewa tersebut setiap jangka waktu tertentu.

Berikut akan saya tunjukkan perkiraan harga dan apa saja yang harus anda beli dengan standar minimal yang saya perhitungkan sendiri.

  1. Domain

Domain adalah sebuah alamat unik yang tidak akan mungkin sama antara satu dengan yang lainnya. Untuk mendapatkan domain premium seperti .com, .net, .org, .us, .edu, .id dan lain sebagainya, tentunya anda harus menyewa dan membayar. Untuk domain .com yang sering dipakai perkiraan harganya ± Rp. 120.000,-.

  1. Hosting

Setelah mempunyai domain tidak akan ada gunanya jika anda tidak memiliki hosting yang digunakan untuk tempat menyimpan file-file blog anda, kali ini tidak akan saya bahas hosting yang gratis, akan tetapi saya akan membahas versi yang berbayar. Sebuah hosting yang cepat, sebut saja seperti Cloud Hosting dan SSD Hosting paling tidak membutuhkan biaya yang bisa dibilang relatif murah, pertahunnya yaitu ± Rp. 400.000,-.

  1. CMS (Content Management System)

Content Management System (CMS) adalah sebuah software engine berbasis web yang biasanya digunakan sebagai dasar dari pembuatan sebuah blog atau situs web. Sebut saja seperti WordPress Self Hosted, Joomla, Drupal dan CMS lain. Untungnya jika anda membuat blog profesional, anda tidak perlu menghire profesional jika tidak mempunyai uang yang cukup berlebih untuk membuat blog anda mulai dari “0”. Anda dapat memanfaatkan CMS ini dengan gratis untuk membuat blog profesional anda sendiri. Yang paling disarankan mungkin adalah WordPress Self Hosted karena sudah teruji dan banyak sekali yang sudah menggunakannya, serta didukung oleh banyak developer web di dunia.

  1. Theme atau Templates

Theme memang ada yang gratis, namun akan lebih profesional jika anda memberanikan diri untuk membeli sebuah theme premium. Di jaringan envato harga theme atau templates ini berkisar antara ± Rp. 400.000,- s/d Rp. 1000.000,-. Jadi kita ambil saja perkiraan harga yang paling murah yaitu Rp. 400.000,-.

  1. Penulis Konten (Opsional)

Jika anda ingin membuat blog profesional rasanya tidak akan lengkap tanpa konten yang kaya. Hal ini tentu saja mengharuskan anda untuk menyewa penulis konten jika dari anda sendiri memang adalah orang yang sibuk dan tidak punya cukup banyak waktu untuk menulis. Biaya yang dibutuhkan untuk mengupdate artikel berkualitas setiap bulannya kira-kira minimal ± Rp. 500.000,-. Namun anda tidak perlu mengeluarkan biaya ini jika anda sanggup mengisi konten blog anda sendiri dengan konsisten tentu saja.

Dan berikut ini tabel minimal biaya yang anda butuhkan jika ingin membuat sebuah blog profesional.

No.

Item

Harga

1.

Domain

Rp. 120.000

2.

Hosting

Rp. 400.000

3.

CMS (Content Management System)

Rp. 0

4.

Theme atau Templates

Rp. 400.000

Total untuk pembuatan blog profesional

Rp. 920.000

5.

Penulis Konten (Opsional)

Rp. 500.000 per bulan

Biaya tersebut hanya sebatas perkiraan, jadi masih bisa lebih besar atau bahkan lebih kecil. Tergantung skill anda dan ketepatan anda dalam memilih item-item yang diperlukan. Akan tetapi blog profesional selain tampilan yang akan dilihat paling utama adalah isi atau kontennya, jadi sebisa mungkin buatlah blog yang memiliki banyak manfaat dan banyak konten, sehingga blog anda akan bisa populer dan memiliki banyak pengunjung.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *