by

Bidang Keahlian Freelancer Paling Diminati Pasar

Tingginya permintaan sebagai freelancer saat ini tidak di imbangi dengan ketersediaan SDM (Sumber Daya Manusia) yang mau menekuni profesi sebagai tenaga lepas sehingga membuat peluang di bidang ini sangat terbuka lebar.

Bidang Keahlian Freelancer Paling Diminati Pasar
Bidang Keahlian Freelancer Paling Diminati Pasar

Jadi, jika Anda adalah orang yang mempunyai skill di bidang tertentu mengapa tidak memanfaatkan kesempatan ini? Buat Anda yang punya keahlian seperti yang akan saya sebutkan berikut tidak ada salahnya mencoba untuk terjun ke dunia freelancer karena siapa tahu Anda bisa menuai sukses besar jika fokus bekerja sebagai freelancer.

Berikut Bidang Keahlian Freelancer yang Paling Diminati

1. Natural Language Processing (Pengolahan Bahasa Alami)
NLP merupakan salah satu cabang ilmu komputer yang mempelajari interaksi antara komputer dengan bahasa manusia. Kemampuan akan penguasaan NLP ini banyak di lirik para raksasa teknologi di dunia.

2. Social Media Marketing
Sosial media yang berkembang pesat belakangan ini membuat banyak perusahaan memburu mereka yang ahli dalam bidang pemasaran di sosial media untuk dijadikan patner dalam usahanya.

3. Desain
Bidang inilah yang sebenarnya paling populer diantara bidang lainnya. Mulai dari desain web, desain UX/IX, desain produk, desain merk sampai desain 3 dimensi sepertinya tidak pernah sepi peminat. Jika Anda jago dalam desain tertentu yang punya keunikan, jangan ragu untuk mencoba menekuni freelance, karena banyak perusahaan yang membutuhkan desainer profesional.

4. Pembuat Konten
Jika Google saja menyebut bahwa “Content Is King” dalam dunia pemasaran, bisa Anda bayangkan betapa pentingnya konten bagi sebuah brand sebagai sarana publikasi. Karenanya, menjadi pembuat konten adalah peluang yang bagus buat Anda yang punya keahlian menulis atau berpengalaman dalam hal publikasi.

5. Programming
Untuk programming, keahlian yang paling dibutuhkan adalah penguasaan MySQL, PHP, R dan Swift untuk masalah web. Dan untuk mobile programming banyak di butuhkan programmer Android, iOS, dan Windows Phone. Anda bisa mempelajari Java maupun C# (CSharp) untuk menguasai bidang Mobile Programming.

6. Akuntansi
Perangkat lunak terpopuler dalam bidang akuntansi saat ini adalah QuickBooks, Freshbooks, dan Sage. Anda yang menguasai salah satu atau bahkan semua perangkat lunak tersebut akan banyak dibutuhkan saat musim pelaporan pajak, walaupun tidak sedikit juga yang membutuhkan keahlian ini sepanjang tahun.

7. Pelatihan (Coaching)
Jika Anda mempunyai keahlian untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan, apalagi sudah mengantongi sertifikasi pelatihan, maka ambillah peluang ini untuk membantu orang lain secara profesional.

8. Penerjemah
Industri medis, hukum dan bisnis mempunyai permintaan yang tinggi akan jasa penerjemah bahasa Cina, Spanyol, Jepang, Korea dan banyak negara lain lagi.

9. Administrative Support
Saat ini, banyak juga perusahaan yang memperkerjakan sekretaris freelance yang bisa bekerja bahkan dari jarak jauh sekalipun. Jika Anda seorang yang sistematis dalam hal apapun, sepertinya bidang ini akan cocok untuk Anda.

10. Layanan Pelanggan (Customer Service)
Perusahaan yang tidak ingin mempekerjakan staf layanan secara fulltime dan internal, akan membutuhkan freelancer untuk membantu mereka memberikan layanan kepada pelanggan baik melalui telepon, email, maupun sosial media.

11. Voice Over
Bagi yang punya suara bagus dan enak didengar, Anda bisa mengisi suara pada video game, instruksi e-learning atau pembacaan audio book. Yang menarik adalah pekerjaan semacam ini bisa Anda lakukan dirumah atau sesuai kesepakatan dengan klien.

Nah itulah tadi beberapa keahlian yang paling banyak dicari untuk mengisi posisi sebagai freelancer. Apakah keahlian yang Anda miliki, termasuk satu diantaranya? Jika tidak ada satupun, tidak berarti Anda tidak punya kesempatan sama sekali.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *