by

Bisnis Anda Tidak Muncul di Google Maps? Ini Solusinya

-Bisnis-593 views

Google Maps menjadi salah satu hal penting untuk mengembangkan bisnis di era seperti sekaran ini. Terutama pada kota-kota kecil dan belum banyak diketahui orang, Google Maps menjadi salah satu andalan bagi para pebisnis untuk menandai lokasi bisnis mereka, sehingga konsumen akan dapat dengan lebih mudah untuk menjangkau lokasi bisnis mereka.

Dengan mengandalkan Google Maps, lokasi yang sulit dan belum terkenal sekalipun akan menjadi lebih mudah untuk ditelusuri. Dan bagi para pebisnis, tentu saja hal ini akan sangat membantu mereka dalam mengembangkan bisnis.

Akan tetapi sebagian pebisnis yang tidak terbiasa menggunakan Google Maps, kadang akan bertanya-tanya, mengapa lokasi bisnis yang mereka miliki tidak muncul pada peta Google Maps.

Perlu diketahui bahwa lokasi bisnis di Google Maps tidak akan muncul dengan sendirinya, apalagi untuk bisnis dengan skala kecil, pemilik bisnis harus menandai lokasi bisnis dan memverifikasi alamat bisnis mereka, sehingga Google Maps nantinya akan menampilkan lokasi bisnis tersebut jika memang sudah terverifikasi.

Berikut ini adalah alasan kenapa lokasi bisnis Anda tidak muncul di Google Maps

  1. Anda Belum Menandai Lokasi Bisnis Anda di Google Maps

Jika bisnis Anda ingin muncul di Google Maps, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menandai terlebih dahulu lokasi bisnis Anda pada situs https://www.google.com/maps. Bagaimana cara menandai bisnis Anda di Google Maps? Ikuti langkahnya berikut ini.

a. Anda harus login terlebih dahulu ke akun Google Anda, lalu buka situs Google Maps di alamat berikut https://www.google.com/maps, kemudian tempatkan penanda pada lokasi dimana bisnis Anda berada, isi data-data yang dibutuhkan seperti nama bisnis Anda, alamat dan kategori bisnis Anda kemudian klik “Submit”, untuk lebih jelasnya silakan Anda lihat gambar berikut ini.

Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps - Langkah 1
Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps – Langkah 1
Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps - Langkah 2
Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps – Langkah 2
  1. Lokasi Anda Belum di Verifikasi Keberadaannya

Setelah Anda menandai bisnis Anda di Google Maps, langkah tersebut belumlah selesai, Anda perlu untuk memverifikasi alamat bisnis Anda menggunakan surat (untuk beberapa bisnis juga dapat melalui nomor telephone). Di dalam surat tersebut nantinya Google Maps akan mengirimkan beberapa kode yang nanti harus Anda masukkan ke kolom verifikasi di akun bisnis Google Anda. Untuk memverifikasi lokasi yang sudah Anda tandai, ikuti langkahnya berikut ini.

a. Pastikan Anda telah login ke akun Google yang Anda gunakan untuk menandai atau membuat lokasi bisnis Anda. Lalu masuklah ke Google Bisnis pada URL berikut https://www.google.com/business/, kemudian klik “Verified” pada lokasi bisnis Anda yang belum di verifikasi, lalu klik “Mail” untuk mengirim surat verifikasi. Lihat detailnya pada gambar berikut ini.

Verifikasi Lokasi Bisnis di Google Maps - Langkah 1
Verifikasi Lokasi Bisnis di Google Maps – Langkah 1
Verifikasi Lokasi Bisnis di Google Maps - Langkah 2
Verifikasi Lokasi Bisnis di Google Maps – Langkah 2

b. Setelah Anda menerima surat verifikasi yang berisi beberapa digit angka atau mungkin kombinasi angka dan huruf, masukkan angka tersebut di kolom verifikasi, lokasi bisnis yang telah terverifikasi akan memiliki tanda centang warna hijau bahwa lokasi tersebut telah di verifikasi oleh Google Maps.

  1. Masih Membutuhkan Waktu

Walaupun Anda sudah menandai dan juga memverifikasi lokasi bisnis Anda, bisnis Anda mungkin tidak akan segera muncul karena Google Maps mungkin membutuhkan waktu untuk update lokasi bisnis dan juga menghilangkan history lama website Google Maps.

Untuk itu setelah Anda menandai lokasi bisnis dan juga telah memverifikasinya, mungkin Anda harus sedikit lebih bersabar hingga lokasi bisnis Anda di Google Maps dapat ditampilkan. Cobalah untuk menunggu 2-4 minggu, jika belum muncul juga mungkin Anda bisa menghubungi bantuan untuk lokasi Google Bisnis yang disediakan.

  1. Lokasi Bisnis Anda Sudah Anda Hapus atau Anda Pindahkan

Alasan berikutnya kenapa lokasi bisnis Anda tidak muncul di Google Maps adalah, mungkin Anda telah menghapus atau memindahkan lokasi bisnis Anda. Sehingga ketika Anda mencari lokasi bisnis Anda di Google Maps Anda tidak menemukannya.

Menghapus lokasi bisnis ataupun mengganti nama bisnis tentu akan mempengaruhi hasil pencarian lokasi di Google Maps. Jika Anda tidak menemukan lokasi bisnis Anda di Google Maps, coba ingat-ingat apakah Anda pernah merubah nama, lokasi ataupun menghapus bisnis Anda? Jika ternyata memang pernah Anda hapus, Anda dapat menandai lokasi bisnis seperti Anda membuatnya pertama kali, yang ada pada langkah nomor 1.

Itulah alasan kenapa lokasi bisnis Anda tidak muncul di Google Maps. Cara terbaik setelah Anda menandai lokasi dan memverifikasi alamat bisnis adalah dengan terus mencoba mencarinya melalui situs Google Maps.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. Terima kasih pencerahnnya,,,,sy lg nunggu tempat bisnisku muncul di maps. sudah verifikasi tnggl 2 februari, tp sampai saat ini blm muncul. mdh2n segera muncul,,,