by

Bisnis Bidang Internet Mengapa Mahal?

-Bisnis-146 views

Bisnis internet merupakan bisnis yang sangat menguntungkan, oleh karena itu banyak sekali di jaman sekarang para pelaku bisnis menggeluti bisnis internet sebagai sesuatu yang memiliki prospek bagus. Semua orang tahu bahwa internet tidak bisa lepas dari masyarakat modern seperti jaman sekarang. Oleh karena itu bisnis di bidang atau area internet merupakan hal yang menguntungkan.

Bisnis Bidang Internet Mengapa Mahal
Bisnis Bidang Internet Mengapa Mahal

Akan tetapi untuk berbisnis di industri internet membutuhkan biaya yang cukup mahal atau bisa dibilang sangat mahal. Terutama bagi penyedia layanan internet seperti cloud server, dedicated server, virtual private server, web hosting, dan bisnis yang berhubungan dengan internet lainnya.

Berikut adalah beberapa faktor yang membuat bisnis internet menjadi sangat mahal

  1. Hardware

Untuk berbisnis di area internet, ada banyak hardware yang dibutuhkan, mulai dari server, router, komputer, switch, kabel, perangkat WiFi, yang semua hardware tersebut merupakan komponen yang cukup mahal dan perlu modal untuk membeli dan melakukan perawatan.

Hardware dengan spesifikasi yang cukup tinggi dibutuhkan agar bisnis Anda dibidang internet juga berkualitas. Akan tetapi hal ini tentu saja juga akan semakin membuat Anda harus mengeluarkan modal yang cukup besar.

  1. Software

Jika Anda berbisnis internet yang menyediakan layanan seperti hosting, dedicated server, virtual private server, ataupun cloud server tentu saja Anda juga membutuhkan lisensi software untuk memanajemen hardware Anda agar dapat dikelola dengan semakin baik.

Akan tetapi lisensi software yang berhubungan dengan manajemen server di internet, biasanya membutuhkan biaya yang sangat mahal. Hal ini wajar, karena software dikembangkan dalam waktu yang lama dan berhubungan dengan tingkat keamanan, sebut saja seperti layanan CPanel untuk memanajemen hosting di internet. Lisensi untuk mendapatkan CPanel juga cukup mahal sehingga Anda memerlukan modal yang besar untuk memperoleh lisensinya.

  1. Sumber Daya Manusia

Berbisnis di dunia internet tentu juga membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas serta ahli yang mampu untuk memanajemen hardware dan software dengan baik sehingga faktor kerusakan, di hack, kurang bagusnya pelayanan akan dapat dihindari.

Tentu Anda juga tahu bahwa di dunia internet, aksi peretasan, exploit, dan aktivitas merugikan lain tak bisa dihindarkan, hal ini menyebabkan, sumber daya manusia yang benar-benar ahli mutlak harus dimiliki jika Anda ingin terjun di dunia bisnis internet yang berkualitas.

Sumber daya manusia yang berkualitas dan mempunyai sertifikat mungkin akan jauh lebih mahal dibandingkan orang yang hanya sekedar ahli saja. Akan tetapi jika mereka berdedikasi dalam pekerjaannya dan dapat melaksanakan tanggung jawab dengan baik maka memang layak jika menyewa mereka Anda harus membayar dengan gaji yang cukup tinggi.

  1. Biaya Perawatan

Selain memerlukan biaya untuk pembelian hardware, lisensi software, dan membayar sumber daya manusia yang berkualitas, dalam dunia bisnis internet juga dibutuhkan untuk biaya perawatan. Hal ini karena dalam bisnis internet, hardware dan software sangat rentan terkena masalah, baik karena faktor alam maupun human error, sehingga jika Anda memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis internet, anggaran untuk perawatan hardware dan software harus Anda perhitungkan pula dengan baik dan benar.

Itulah beberapa alasan mengapa bisnis dibidang internet membutuhakan biaya yang bisa dibilang sangat mahal. Akan tetapi karena internet terus berkembang dan menjadi kebutuhan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat modern, tentu saja keuntungan di bisnis internet mungkin akan dengan cepat dalam mengembalikan modal awal saat menggeluti bisnis ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *