by

Blog Sepi Pengunjung ini Penyebabnya

Bagi seorang Blogger pengunjung blog merupakan sebagian dari nyawa mereka. Bagaimana tidak, jika blog ramai pengunjung maka sang pemilik blog akan merasa sangat senang dan terus bersemangat untuk mengupdate konten dalam blognya, akan tetapi begitu juga sebaliknya, jika pengunjung blog sepi maka rasa semangat dan putus asapun seringkali menghinggapi seorang Blogger dan rasa malas untuk ngeblogpun timbul, yang kemudian pada akhirnya konten blog tidak pernah di update lagi, sehingga blog seperti mati suri dan tidak bernyawa.

Blog Sepi Pengunjung ini Penyebabnya
Blog Sepi Pengunjung ini Penyebabnya

Banyak faktor yang membuat blog sepi pengunjung, mulai dari faktor teknis blog itu sendiri maupun faktor internal dari sang pemilik blog. Disini saya akan coba membagikan kepada Anda faktor-faktor apa saja yang mungkin membuat blog sepi pengunjung, agar kemudian Anda tidak melakukan kesalahan yang sama seperti yang akan saya jelaskan kepada Anda berikut ini.

Faktor yang mungkin membuat blog sepi pengunjung:

  1. Konten tidak menarik dan tidak bermanfaat

Biasanya faktor utama penyebab blog sepi pengunjung adalah karena konten blog yang Anda miliki tidak punya daya tarik atau bahkan tidak ada manfaat bagi pembaca. Hal inilah yang membuat blog Anda akhirnya jarang dikunjungi orang. Lalu seperti apa contohnya konten tidak menarik atau tidak bermanfaat tersebut? Contoh blog yang tidak menarik atau tidak bermanfaat bagi banyak orang misalnya adalah blog yang membahas curhatan pribadi (Blog Diary). Contoh lain misalnya blog yang hanya menampilkan portofolio data diri dan bukan suatu karya. Blog seperti ini tentunya akan jarang mendapatkan pengunjung karena kurang memiliki manfaat bagi pembacanya, sehingga jika memang tidak diperlukan sebaiknya Anda tidak membuat blog dengan tipe semacam ini.

  1. Konten blog tidak asli atau copy paste

Blog yang isinya hanya copy paste artikel milik orang lain akan sangat riskan jika sampai ketahuan pengunjung dan pemilik blog yang di copy paste. Akibatnya setelah ketahuan artikel di blog Anda isinya copy paste milik orang lain, selain dilaporkan, pengunjung juga akan ogah balik lagi ke blog Anda karena kurangnya kredibilitas dan kepercayaan terhadap blog Anda. Sebenarnya hal semacam ini sama saja dengan bumerang bagi Anda sang pemilik blog. Lama-lama blog Anda akhirnya juga akan sepi pengunjung walaupun mungkin pada awal saat Anda copy paste artikel milik orang lain pengunjung blog Anda lumayan banyak.

  1. Blog terlalu berat di akses

Percaya atau tidak jika blog Anda sangat berat ketika diakses, pengunjung yang datang untuk mengunjungi laman blog Anda bisa-bisa tidak sampai membuka laman malah langsung menutup browsernya karena blog Anda butuh waktu yang sangat lama untuk terbuka, apalagi di Indonesia sendiri jaringan internet juga belum terlalu kencang dan stabil. Contoh blog yang berat ketika di akses adalah blog dengan banyak gambar beresolusi tinggi tanpa melalui proses pengkompresan, sehingga gambar tersebut memiliki ukuran yang sangat besar dan berat ketika dibuka melalui browser dan jaringan internet. Faktor ini juga merupakan salah satu yang mengakibatkan pengunjung blog Anda sepi, serta dapat menaikkan bounce rate blog Anda yang tentunya tidak bagus buat SEO (Search Engine Optimization).

  1. Iklan yang menutupi konten atau mengganggu

Jika Anda ingin memiliki pengunjung blog yang betah berlama-lama di blog Anda, maka usahakan tidak ada iklan yang menutupi konten atau mengganggu isi dari blog Anda. Percuma blog berisi konten bermanfaat akan tetapi tertutup oleh iklan yang Anda pasang sendiri, sehingga membuat pengunjung tidak bisa membaca atau mendapatkan apa yang mereka cari di blog Anda. Iklan lain yang mengganggu misalnya, saat mengklik sebuah link tiba-tiba browser membuka pop up yang tidak dibuka oleh pengunjung, hal ini tentu saja sangat mengganggu pengunjung karena merasa dikerjai, apalagi bagi orang awam bisa-bisa blog Anda disebut memiliki “virus”. Hati-hati saat meletakkan dan memasang iklan, jangan sampai pengunjung kabur hanya karena iklan yang Anda pasang sendiri dengan kurang perhitungan.

  1. Pemilihan font, ukuran font dan warna yang tidak tepat

Pemilihan jenis font, ukuran font dan warna background konten yang tidak tepat akan membuat mata pengunjung sakit ketika sedang membaca isi atau konten di blog Anda. Ini membuat pengunjung tidak bisa bertahan lama ketika sedang mengakses blog Anda, akibatnya blog Anda akan sepi karena tahu jika membuka blog Anda mata mereka akan sakit saat membaca kontennya. Meskipun terlihat sepele, akan tetapi kenyamanan pengunjung harus mendapat prioritas dan perhatian bagi Anda sebagai seorang Blogger.

  1. Blog jarang di update

Jika Anda mempunyai blog dan ingin tetap ada pengunjung yang mengunjungi blog Anda, maka usahakan Anda tetap mengupdate blog Anda secara berkala, entah itu satu minggu sekali, satu bulan sekali, atau dua bulan sekali. Hal ini agar pengunjung tetap mendapatkan informasi segar dan terbaru dari blog Anda. Jika blog Anda tidak pernah di update maka lama-lama akan ditinggal oleh pengunjung. Selain itu jika Anda tidak pernah mengupdate blog, ditakutkan posisi laman atau artikel blog Anda di SERPS (Search Engine Result Pages) akan menurun. Search engine seperti Googlepun mungkin akan menurunkan peringkat blog Anda di hasil pencarian mereka.

Itulah beberapa alasan yang mungkin membuat blog Anda sepi pengunjung. Mungkin diluar sana masih banyak faktor lain yang membuat blog sepi pengunjung, akan tetapi enam poin yang saya jelaskan merupakan yang paling sering saya jumpai, sehingga sebagai seorang Blogger yang ingin punya banyak pengunjung sebaiknya kita harus hindari kesalahan-kesalahan tersebut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *