by

Boot Legacy Mode Laptop HP

Jika kalian punya laptop HP seri baru mungkin kalian akan mengalami kesulitan untuk booting melalui mode legacy, hasilnya jika partisi harddisk kalian hanya support mode UEFI maka mungkin kalian akan mengalami kesulitan saat proses install ulang.

Nah kejadian ini mirip seperti yang gua alami saat mencoba install ulang laptop merk HP yang lumayan baru. Biasanya setting Legacy dan UEFI bisa dilakukan dengan mudah di BIOS. Akan tetapi semakin modern ternyata aturannya berubah, UEFI otomatis mempunyai level yang lebih tinggi sehingga membuat kita kesulitan ketika ingin install ulang.

Kalau itu kalian alami, nih kalian bisa coba cara ini Guys:

1.) Sebelumnya matikan komputer kalian terlebih dahulu. Hidupkan saat akan hidup jangan lupa untuk menekan tombol Esc (Escape).

2.) Maka kalian akan masuk ke menu Startup Menu, setelah itu kalian pilih Boot Device Options. Dalam kasus gua, boot device options ini dipilih dengan F9, sesuaikan dengan milik kalian sendiri ya Guys.

3.) Disinilah kuncinya, setelah dipencet F9 akan muncul beberapa pilihan Booting , yang harus kalian pilih adalah Booting dengan CD/DVD yang nomor 2, ada dua pilihan booting CD/DVD nah yang dibawah adalah mode Legacy dan yang diatas adalah UEFI, jadi kalian pilih Internal CD/DVDRom Drive yang kedua. Setelah itu tekan Enter.

4.) Selesai !

Gimana? Kalian sekarang sudah tidak kesulitan untuk mengatasi masalah booting yang tidak bisa di setting ke Legacykan? Semoga bermanfaat.

Nih Videonya 🙂

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *