by

Break Statement di CSharp

Keyword “break” masuk dalam kategori jump statement. Jump statement digunakan untuk mentransfer kontrol eksekusi dari suatu bagian ke bagian lain dalam program. Beberapa statement yang termasuk dalam jenis ini sebaiknya diminimalkan penggunaaanya, contohnya: goto, continue, dan break. Alasannya adalah karena penggunaan statementstatement tersebut mengurangi kejelasan flow atau aliran alur program. Selain itu, kemungkinan terjadinya bug (celah) juga semakin besar, terutama jika bagian-bagian yang akan dilompati tersebut memiliki bagian inisiasi dan terminasi. Statement “break” ini digunakan untuk “melompat” keluar dari while, for, dan switch statement yang sudah dibahas sebelumnya. Berikut adalah contoh kode program penggunaan keyword “break”:

[csharp]using System;
namespace latihan
{
class ContohBreak
{
public static void Main()
{
for (int i=0; i<10; i++)
{
Console.WriteLine("i=" + i);
if (i==5) break;
}
Console.ReadLine();
}
}
}[/csharp]

 

Pada contoh kode program tersebut, walaupun bentuk perulangan for di spesifikasikan untuk dijalankan sebanyak 10 kali, pada saat nilai mencapai 5, break dijalankan. Akibatnya, eksekusi akan “melompat” keluar dari badan (bagian) perulangan. Jadi pada akhirnya, perulangan hanya dilakukan sebanyak 6 kali.

Tips: gunakan model for semacam ini untuk melakukan perulangan yang jumlah maksimum iterasinya (perulangannya) sudah diketahui di awal dan ada kondisi-kondisi tertentu yang mungkin menyebabkan iterasi berhenti sebelum mencapai jumlah maksimumnya. Dengan cara ini, iterasi pasti akan berhenti setelah dijalankan n-kali. Bila yang digunakan adalah bentuk while (kondisi) kemungkinan terjadinya infinite loop lebih besar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *