by

Cara Agar Mudah Diterima Google Adsense

Sekarang mendaftar Google Adsense memang sangatlah sulit, banyak Blogger yang hampir menyerah karena selalu ditolak situsnya. Oleh karena itulah kali ini saya ingin memberikan tips dan cara bagaimana agar anda lebih mudah diterima dan situs anda disetujui oleh Google Adsense. Lalu bagaimana caranya? Simak tips dan ulasannya berikut ini.

Cara Agar Mudah Diterima Google Adsense
Cara Agar Mudah Diterima Google Adsense

Tips dan Cara Agar Mudah Diterima Google Adsense

  1. Pastikan Konten Situs Anda Memiliki Manfaat Bagi Pembaca

Menurut pengalaman saya, hal ini merupakan yang paling penting dan paling utama. Sebelum mencoba mendaftarkan situs anda ke Google Adsense ada baiknya situs anda harus sudah memiliki konten yang bermanfaat bagi pengguna/pembaca. Jika anda tidak memiliki konten yang bermanfaat, misalnya saja situs anda isinya tentang curhatan pribadi anda, maka kemungkinan situs anda diterima Google Adsense akan menjadi sangat kecil. Jadi pastikan situs anda memiliki konten yang bermanfaat sebelum anda memutuskan untuk mendaftarkannya ke Google Adsense.

  1. Usahakan Situs Memiliki Banyak Konten

Situs anda baru memiliki 1 sampai 2 artikel lalu anda terburu-buru mendaftarkannya ke Google Adsense, bisa saya katakan 98% akan ditolak oleh Google Adsense. Jangan terburu-buru mendaftar ke Google Adsense jika anda belum memiliki banyak konten, dan yang paling penting menurut pengalaman saya, konten yang banyak namun memiliki satu topik akan lebih mudah diterima daripada banyak konten tetapi situsnya gado-gado ataupun membahas banyak topik. Nah, jika situs anda sudah mempunyai kriteria seperti nomor dua (2) ini, maka peluang diterima menjadi publisher Google Adsense akan menjadi semakin besar.

  1. Gunakan Tema/Template Situs yang Responsive

Poin nomor tiga (3) ini menurut saya juga sangat penting, pada era seperti sekarang ketika lebih banyak orang menggunakan smartphone untuk mengakses internet, maka situs yang responsive dan mudah diakses via mobile juga akan menjadi salah satu pertimbangan penting diterima tidaknya situs anda oleh Google Adsense. Saran saya gunakanlah tema/template yang sederhana dan ringan, sehingga situs tidak berat ketika diakses terutama melalui mobile platform. Jika situs anda sangat berat untuk diakses, maka selain membuat pengunjung malas mengunjungi situs anda lagi, hal ini juga akan berdampak kecil diterimanya situs anda sebagai publisher Google Adsense.

  1. Jangan Buru-buru Mendaftar Ketika Situs Anda Belum Jadi

Banyak Blogger yang gagal karena hal ini, biasanya mereka tidak sabaran dan ingin cepat-cepat mendaftar Google Adsense padahal situs mereka masih belum jadi seutuhnya. Bagaimana cara melihat situs yang belum jadi? Ciri-ciri yang paling mudah adalah navigasi/menu situs anda masih belum mengarah ke link yang sesuai dengan judul menu, misalnya saja menu situs anda berjudul “Artikel”, tetapi saat di klik malah tidak terjadi apa-apa. Yang lebih parah lagi jika situs anda masih memiliki default menu seperti “Menu 1, Menu 2, Menu 3, dst.) jangan coba-coba untuk mendaftar Google Adsense karena hanya akan membuat anda lelah karena ditolak hehe. Tipsnya adalah, usahakan semua link situs anda berfungsi sebagaimana mestinya, dari segi tampilanpun sudah matching, enak dipandang dan bukan seperti situs setengah jadi. Yang saya maksud matching adalah ketika anda menggunakan logo situs maka usahakan harus sesuai dengan domain dan judul situs anda, bukan logo bawaan dari tema/template.

  1. Perhatikan Umur Situs Anda

Walau kata sebagian Blogger hal ini tidak berpengaruh, namun menurut pengalaman saya daftarkan situs anda ketika umurnya sudah lebih dari empat (4) bulan. Hal ini adalah rentan waktu yang natural untuk membangun dan mengisi sebuah situs hingga selesai dan benar-benar jadi. Tidak mungkin hanya dalam waktu satu hari sebuah situs dibuat lengkap dengan segala konten-kontennya. Walaupun juga mungkin, pasti akan ada persiapan sebelumnya. Sehingga tidak dianjurkan ketika situs anda misalnya baru berumur lima (5) hari anda daftarkan Google Adsense, maka peluang diterima akan sangat kecil. Gunakan waktu yang panjang untuk membangun dan mengisi konten situs anda, semakin anda bersabar dengan memperbaiki kekurangan situs milik anda sebelum mendaftar Google Adsense, maka ketika situs dirasa semua sudah memadai dan lengkap, saat itulah waktu yang tepat untuk mendaftar ke Google Adsense.

  1. Minimal Cantumkan Link Kontak Anda

Meski sebagian Blogger juga menganjurkan untuk memberi menu (Tos, Privasi dan Kontak) pada situs sebelum mendaftar Google Adsense, tapi menurut saya hal ini juga tidak terlalu berpengaruh, yang paling penting mungkin adalah menu “Kontak”, karena dengan memberitahukan kontak anda, maka anda tidak akan lagi disebut robot tetapi manusia. Sudah tahu robot bukan? Robot tidak akan punya email, nomor telepon, fax, alamat dan sebagainya, apalagi membutuhkan akun Google Adsense hehe. Maka usahakan menu “Kontak” wajib tercantum di situs anda, jika anda mau melengkapinya dengan menu Tos dan Privasi maka situs akan menjadi semakin lengkap dan bagus.

  1. Patuhi Segala Aturan dan Kebijakan Google Adsense

Nah cara-cara yang sudah saya jelaskan dari nomor 1-6 akan gagal ketika anda tidak mematuhi peraturan dan kebijakan Google Adsense. Misalnya situs anda berisi software berbayar dan cracknya, sehingga ini akan sangat melanggar kekayaan intelektual dan hak cipta orang lain. Jika situs anda masuk kategori seperti ini, maka kemungkinan diterima menjadi publisher Google Adsense hampir nol persen (0%) hehe. Penting membaca aturan dan kebijakan Google Adsense, jangan malas untuk membacanya jika anda tidak ingin gagal dan gagal lagi saat mendaftarkan situs anda ke Google Adsense.

Walaupun banyak cara yang mungkin bisa menjadi alternatif bagaimana cara agar mudah diterima Google Adsense, namun sebagian cara-cara yang saya sebutkan diatas adalah pengalaman pribadi saya ketika mendaftar ke Google Adsense. Ketika anda sudah menerapkan cara-cara tersebut dan masih belum diterima oleh Google Adsense, maka jangan menyerah dan teruslah untuk mencoba di sambi terus memperlengkap dan memperbaiki kondisi situs anda agar menjadi semakin lengkap dan nantinya layak diterima menjadi publisher Google Adsense.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. Saya sudah ikutin TOS google, trus masih ditolak, katanya web saya kebanyakan gambar, padahal gambarnya normal aja kayak biasanya, bingung 🙁

    1. Coba menulisnya agak panjang dan navigasi webnya dipermudah lagi. Mungkin juga perlu jumlah postingan yang lebih banyak agar bisa diterima. Intinya terus coba jangan menyerah, selamat berjuang!