by

Cara Bertahan di Bisnis Online Shop yang Makin Ketat

-Bisnis-117 views

Persaingan bisnis online shop yang semakin ketat tentunya akan menekan Anda untuk tetap bisa bertahan dalam bisnis ini.  Maka dari itu Anda perlu banyak belajar dan menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai bisnis online shop yang Anda jalankan. Bagi Anda yang ingin mempertahankan eksistensi bisnis online shop Anda, berikut ini cara-cara ampuh untuk bertahan di bisnis online:

Cara Bertahan di Bisnis Online Shop yang Makin Ketat
Cara Bertahan di Bisnis Online Shop yang Makin Ketat

Cara Bertahan di Bisnis Online Shop yang Makin Ketat

  1. Tingkatkan kepercayaan konsumen

Salah satu cara terbaik untuk mempertahankan bisnis online shop yang Anda geluti, ditengah persaingan yang semakin ketat seperti sekarang, ialah dengan berusaha menjadi yang terbaik diantara kompetitor. Bisnis Anda harus lebih menonjol dibandingkan kompetitor. Salah satu caranya adalah dengan membangun reputasi bisnis yang baik, misalnya dengan mengoptimalkan kegiatan branding, melakukan promosi yang lebih aktif lagi, dan aktif menjemput bola ke konsumen dengan pelayanan yang super baik. Yang intinya, bagaimana caranya bisa  meningkatkan kepercayaan konsumen.

  1. Buat konsep yang unik dan menarik

Meskipun bisnis online shop saat ini sangat variatif (banyak jenisnya), namun tetap saja akan ada persaingan yang ketat, sebab memang tidak bisa dipungkiri pelaku bisnis dalam industri ini semakin banyak. Nah, salah satu cara jitu lainnya, yang juga ampuh dalam  mencegah Anda kalah bersaing, ialah dengan melakukan inovasi pada produk dan jasa bisnis Anda. Jangan ragu untuk menyuguhkan sesuatu yang baru, yang lain dari para kompetitor Anda, sehingga dimungkinkan produk Anda mendapat tempat tersendiri dimata konsumen.

Tidak hanya pada produknya, namun pada kemasan produk, cara penyajian produk, atau konsep penjualan produk, dibuat yang se-inovatif mungkin agar produk Anda begitu menonjol dan mudah di ingat. Dan tentunya jangan hanya fokus membuat sesuatu yang unik, namun juga upayakan untuk menciptakan kesan yang menarik, sehingga konsumen tidak ragu dan punya keinginan untuk mencoba produk Anda.

  1. Selalu ketahui tren yang berkembang saat ini

Hal yang paling penting dalam mengembangkan bisnis Anda adalah, jangan sampai Anda ketinggalan zaman. Menjalani bisnis online shop artinya Anda harus melakukan riset pasar setiap hari, selalu ketahui apa tren yang sedang berkembang saat ini, yang sedang di minati pasar. Hal inilah yang sering dianggap sepele, padahal melakukan riset pasar/konsumen akan sangat berdampak pada sukses tidaknya bisnis Anda di kemudian hari.

  1. Pilih hanya SDM yang berkualitas

Jika bisnis Anda sudah mulai berkembang menjadi lebih besar, tentunya Anda akan membutuhkan tim yang akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Dalam memilih anggota tim, Anda tidak boleh sembarangan memilih. Pilihlah SDM yang profesional, jujur, pekerja keras, dan yang terpenting memiliki integeritas dan dapat dipercaya. Hal ini juga sangat penting untuk masa depan bisnis online Anda.

  1. Strategi pemasaran yang tepat

Suatu bisnis tidak akan berjalan dengan baik jika pemiliknya tidak memiliki strategi pemasaran yang baik. Untuk itu, sudah seharusnya Anda meluangkan waktu dan dana untuk fokus menyusun strategi pemasaran yang profesional. Anda wajib melakukan riset pasar, kenali dan pahami apa yang konsumen Anda inginkan dan butuhkan. Kalangan mana yang menjadi pengguna produk Anda, dan fokuslah untuk melakukan pemasaran pada calon konsumen yang mempunyai prospek tinggi.

  1. Cantumkan info kontak

Dalam kegiatan promosi, baik melalui iklan digital maupun email marketing, hendaknya Anda menyertakan ajakan untuk segera bertindak. Bertindak untuk membeli, atau sekedar menanyakan informasi produk kepasa tim support Anda. Bagaimana caranya?

Anda dapat mencantumkan informasi kontak yang jelas pada setiap konten promosi yang Anda unggah atau Anda kirimkan kepada pelanggan.  Informasi kontak juga wajib berada di situs bisnis Anda. Selain itu, tidak ada salahnya mencantumkan info kontak pada kemasan produk Anda. Karena zaman yang semakin maju, sediakan kontak-kontak yang mudah digunakan konsumen, seperti Whatsapp, Telegram, Facebook, BBM, dan kontak-kontak lainnya.

Agar bisnis Anda tetap berjalan lancar, jangan pernah berhenti untuk belajar. Belajar memahami keinginan dan tren pasar, serta belajar menciptakan produk yang lebih baik lagi. Semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *