by

Cara Cek Nomor KK (Kartu Keluarga) Secara Online

Cara Cek Nomor KK Secara Online – Kartu keluarga (KK) merupakan kartu yang wajib dimiliki oleh setiap keluarga sebab berguna sebagai identitas keluarga di mana terdapat muatan informasi mengenai anggota keluarga dari mulai kepala keluarga, ibu, anak, hubungan, pekerjaan, tanggal lahir dan nomor induk kependudukan.

Dalam prosedur kepemilikannya, kartu KK yang telah selesai dibuat dirangkap menjadi 3, satu disimpan oleh kepala keluarga, dan dua lagi diarsipkan oleh ketua RT dan kantor kelurahan di mana keluarga tersebut menetap. Karena status KK merupakan dokumen dengan kepemilikan pemerintah daerah provinsi setempat, setiap perubahan, penggantian, penghapusan atau penambahan data pada KK adalah tidak boleh dlikaukan secara perorangan melainkan harus menempuh prosedural yang ditentukan yaitu melalui dinas kependudukan terkait.

Kartu KK memiliki peran penting dalam hal dokumen keluarga, barang ini akan dibutuhkan dalam berbagai hal yang bersifat administratif seperti pembuatan akta kelahiran anak, pendaftaran bpjs, pendaftaran sekolah, kuliah dan melamar kerja dan lain-lain. Oleh sebab itu anda sebagai kepala keluarga yang belum memiliki kartu keluarga sebaiknya segera bergegas membuat kartu KK agar ketika dibutuhkan nanti tidak mendadak mondar-mandir mengurus pengajuan pembuatan KK dengan waktu yang mepet.

Dalam prosedur pembuatan KK, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dan dilengkapi seperti surat pengantar dari RT/RW, kartu keluarga lama, surat nikah atau akta cerai, akta kelahiran, surat pengangkatan anak, surat keterangan pendaftaran penduduk tetap (WNA), surat keterangan pelaporan pendatang baru, surat pindah domisili. Sementara pembuatan KK baru dapat langsung menghadap ke disdukcapil sesuai daerahnya masing-masing.

Selain menjadi persyaratan administratif untuk berbagai kepentingan sosial, kesehatan dan pendidikan, kartu KK sekarang ini juga menjadi salah satu syarat dalam registrasi kartu seluler baru. Anda yang akan menggunakan kartu perdana diharuskan mendaftarkan kartu sesuai dengan identitas dan nomor induk pada KTP dan KK.

Mengingat betapa pentingnya kartu KK, anda yang sudah memilikinya sebaiknya menyalinnya dalam bentuk fotokopi atau scan digital untuk membuat salilan elektroniknya sehingga dapat dibawa ke mana-mana dan tidak perlu kuatir hilang sebab dokumen yang asli tersimpan aman di rumah.

Salinan KK baik fotokopi atau hasil scan yang disimpan di flashdisk, smartphone atau penyimpanan online akan sangat bermanfaat sekali ketika suatu saat anda membutuhkan data KK seperti nomor KK untuk berbagai keperluan. Dengan adanya salinan tersebut tentu anda dapat dengan mudah mengeceknya kembali lewat salinan tersebut.

Namun bagaimana jika ternyata anda tidak memiliki salinan kartu KK padahal anda sedang membutuhkan nomor KK untuk mengisi suatu formulir yang bersifat penting dan urgent. Pada saat situasi seperti ini maka anda bisa mencari solusinya dengan melakukan pengecekkan nomor KK secara online.

Cara Cek Nomor KK Secara Online

Mencari tahu nomor KK lewat online sekarang ini sudah bisa dilakukan berkat teknologi internet yang semakin canggih dan merata. Bagi anda yang ingi mengecek nomor KK secara online bisa menyimak langkah-langkahnya seperti berikut ini.

  1. Silahkan anda kunjungi situs web resmi dukcapil. http://www.dukcapil.kemendagri.go.id/
  2. Pada halaman awal akan nampak kolom kosong yang sengaja disediakan untuk mengecek nomor KK.
  3. Silahkan masukkan NIK, nama depan dan nama belakang serta nama ibu kandung, lalu tekan Cek.
  4. Secara otomatis sistem akan menampilkan data kartu keuarga sesuai yang telah anda input sebelumnya.

Opsi laing untuk cek nomor KK online juga bisa dari situs web dukcapil sesuai domisili provinsi anda. Perilisan situs web untuk dukcapil masing-masing provinsi sekarang ini telah mengudara dan sudah bisa diakses oleh publik. Dengan begitu proses pengecekkan nomor KK akan semakin lebih mudah lagi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *