by

Cara Cek Nomor NIK KTP Secara Online

Cara Cek Nomor Nik Ktp Secara Online – Warga negara Indonesia yang telah memasuki usia ke 17 maka diharuskan memiliki kartu indentitas diri berupa kartu tanda penduduk atau KTP. Kepemilikan ID card ini bersifat wajib dan akan dibutuhkan oleh individu dalam berbagai urusan seperti mendaftar kuliah, melamar pekerjaa, kawin, bpjs, dan lain-lain.

Peggunaan KTP sendiri sekarang telah beralih ke jenis ktp elektronik atau dikenal dengan sebutan e-KTP di mana rekam datanya telah diinput secara digital dengan banyak manfaat dan keuntungannya dibandingkan dengan penggunaan ktp biasa seperti sebelumunya. Diantara manfaat dari penggunaan ektp adalah tidak bisa dimanipulasi seperti penggandaan ektp karena masa berlakunya seumur hidup, dapat melacak warga yang mendhindari pembayaran pajak, dapat melacak warga yang tersandung kriminal dan measuk dalam daftar pencarian orang, dapat membantu dalam pengamanan tidakakan korupsi dan berbagai tindak kejahatan lainnya.

Maka dari itu, dengan digunakannya ektp ini semoga akan lebih memberikan kenyamanan bagi setiap warga negara Indonesia baik dalam urusan yang bersifat administratif maupun ketertiban dan keamanannya.

Selain itu ektp ternyata juga memiliki kelebiha lain yang penggunannya tidak hanya sebatas kartu identitas saja, tetapi juga memberikan kemudahan bagi setiap pemiliknya dalam hal mengurus perizinan semisal membuka rekening baru di bank tertentu  yang bisa dilakukan tidak hanya di daerah domisilinya saja.

Kemudian olah data pada ektp yang dilakukan secara digitalisasi sehingga rekam data terpusat pada databas kependudukan kementrian dalam negeri pusat yang menjadikan akurasi data sangat kongkirt dan jelas.

Juga dalam bentuk fisik ektp, kartu tanda penduduk elektronik milik Indonesia masuk dalam kategori id card dengan status canggih bila dikonparasikan dengan id card milik indina dan china sebab terdapat biometrik dan chip yang dipasang sekaligus dalam fisik ektp.

Dan yang paling penting untuk urusan keamanannya, ektp ini tidak lagi bisa dbuat ganda atau dimanipulasi dan dipalsukan meskipun secara bentuk fisik masih terdapat bentuk ektp paslu dalam beberapa kasus tetapi secara data yang terintegarsi ke bagian pusat tentu aman dan terhindar dari penyalahgunaan data.

Kelebihan lain yang terdapat di ektp adalah adanya kelengkapan data berupa sidik jari yang direkam oleh petugas. Beberapa alasan dari penggunaan sidik jari sebagai kelengkapan identitas dalam id card ini adalah karena pemakaiannya lebih ramah dana ketimbang biometrik lain, bentuk sidik jari yang tidak akan berubah  dan keunikan sidik jari yang tidak mungkin sama dengan milik orang lain.

Bagi anda yang belum memiliki ektp dan ingin segera membuatnya, sebaiknya anda perhatikan beberapa hal yang menjadi persyaratan pemuatan kartu tanda penduduk elektronik tersebut seperti:

  • Warga negara sudah berusia 17 tahun
  • Sudah mendapatkan surat pengatar dari desa atau kelurahan kemudian menunjukannya pada petugas pembuat ektp.
  • Mengisi formulis F1.01 khusu bagi warga yang belum sama sekali mengisi data dan tidak terdapat informasi data dirinya di sistem informasi administrasi data kependudukan. Lembar ini harus ditandatangani oleh kepala desa atau kelurahan.
  • Menyerahkan foto kopi kartu keluarga.

Sedangkan tahapan yang harus dilalui oleh anda yang akan mengajukan pembuatan ektp adalah sebagai berikut.

  • Mendatangi tempat pelayanan pembuatan ektp dengan menyerahkan surat panggilan.
  • Mengante dan menunggu panggilan.
  • Mendatangi loket tertentu.
  • Verifikasi data penduduk berbasis data oleh petugas.
  • Pengambilan foto.
  • Menyertakan tanda tangan melalui alat rekam tanda tangan.
  • Rekam sidik jari dan scan retina mata.
  • Mendapatkan surat panggilan yang telah dilengkapi tanda tangan dan stempel dari petugas untuk pengambilan ektp pada waktu yang telah ditentukan.

Bagian penting dalam KTP selain adanya informasi identitas diri dari mulai nama lengkap, alamat, pekerjaa, golongan dara, status perkawinan, dsb. juga adanya Nomor Induk Keluarga (NIK) yang terdiri dari 16 angkat meliputi kode provinsi, kode kabupaten dan kotamadya, kode kecamatan, tanggal lahir, bulan lahir, tahun lahir dan nomor registrasi kependudukan.

Deretan angka NIK pada KTP inilah yang akan ditanyakan dalam pengisian berbagai fomulir yang menyangkut data pribadi baik mendaftar kuliah, melamar kerja, mendaftar BPJS, perkreditan dan lain-lain. Lantas apakah 16 digit NIK pada KTP ini bisa dilihat secara online? Untuk itu mari kita lihat ulasannya berikut ini.

Cara Cek Nomor Nik Ktp Secara Online

Untuk dapat mengetahui NIK di KTP apakah sudah sesuai dengan data diri anda atau ada yang keliru maka anda bisa memastikannya melalui akses internet dari aplikasi dan website resmi dukcapil

Cek NIK KTP Lewat Aplikasi

  • Unduh aplikasi Cek KTP dan pasang di smartophone anda.
  • Silahkan masukkan nomor ektp lalu pilih cek.
  • Akan muncul informasi berupa data pemilik NIK tersebut. Dari situ anda sudah bisa memastikan apakan NIK tersebut milik anda atau orang lain.

Cek NIK KTP Lewat Situs Web

  • Melalui perangkat hp anda, silahkan buka browser dan akses ke alamat situs http://dukcapil.kemendagri.go.id/
  • Kemudian masukkan NK dari ektp anda. Maka akan muncul informasi data diri kepemilikan ktp tersebut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *