by

Cara Cek Tagihan Listrik

Sahabat pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah topik yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Dimana saja kita menjumpainya karena dia sangat dibutuhkan banyak orang. Dia adalah LISTRIK. Yah, benar sekali kita sangat dekat dengan dia, karena kita sangat membutuhkannya.

Cara Cek Tagihan Listrik
Cara Cek Tagihan Listrik

Saat ini hampir semua yang ada disekitar kita menggunakan listrik. Dari aktivitas yang paling kecil dirumah seperti mencuci membutuhkan listrik, untuk menjalankan pompa sumur, memasak membutuhkan kompor yang juga bisa menggunakan listrik, bahkan tanpa penerangan alias lampu, kita tidak dapat beraktivitas apapun dirumah. Begitu juga di berbagai kantor, pabrik dan lain sebagainya, semua menggunakan listrik untuk menjalankan roda kehidupannya.

Berhubung listrik adalah hal primer yang ada dalam hidup kita. Tentu kita harus mengenal macam-macam jenis pembayaran listrik supaya dapat mengetahui bagaimana cara untuk mengecek tagihan listrik yang kita gunakan.
Baiklah sahabat mari kita simak informasi tentang macam-macam listrik sebelum kita berbicara mengenai cek tarif listrik.

1. Listrik Prabayar
Jenis listrik ini adalah listrik yang menggunakan pulsa atau token. Beberapa tahun kemarin PLN mengeluarkan produk ini dengan harapan dapat memudahkan masyarakat dalam memasang listrik yang murah dan mudah.

Namun untuk saat ini mungkin kita sudah jarang menemukannya. Seperti halnya handphone, kita harus mengisi pulsa terlebih dahulu ke dalam meteran. Jika pulsa telah habis maka meteran akan mengeluarkan suara atau beep sampai dia terisi. Jadi kita dapat merasakan aliran listrik setelah mengisi meteran.

2. Listrik Pascabayar
Jenis listrik ini merupakan listrik yang sudah sejak lama digunakan masyarakat. Dimana pengguna dapat menggunakan listrik sesuka hati, kapanpun dan dimanapun. Eits ingat ya, harus berhemat juga. Setelah sebulan lamanya penggunaan, tentu akan dikenai biaya yang sebesar listrik yang telah digunakan. Pembayaran listrik ini dapat dilakukan secara online dan offline. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana caranya.

“Cek Tagihan Online”
Sahabat dapat menggunakan salah satu situs cek tagihan listrik yaitu www.cekbill.com. Pada situs tersebut silahkan pilih menu cek tagihan listrik kemudian masukkan ID pelanggan PLN, masukkan captcha jika diperlukan klik cek tagihan maka akan muncul status tagihannya.

1. Cek tagihan via telepon
Perusahaan PLN memang selalu mengusahakan pelayanan terbaik bagi para konsumennya. Call center yang disediakan PLN menjadi salah satu kemudahan yang diberikan kepada konsumen. Jika sahabat hendak mengecek tagihan listrik, silakan hubungi saja call center yang sudah tersedia. Hubungi 123 yang diikuti dengan masing-masing kode area. Maka sahabat akan segera terhubung dengan call center PLN. Oh iya selain via website sahabat juga dapat menggunakan aplikasi cek tagihan listrik baik android maupun IOS semua sudah tersedia. Pelayanan ini dapat dilakukan selama 24 jam loh, jadi manfaatkan dengan sebaik mungkin ya.

2. Cek tagijan via SMS
Selain cara diatas, sahabat juga dapat menggunakan SMS untuk mengecek tagihan. Terdapat 2 pilihan cek tagihan yaitu pertama cek tagihan 1 bulan dan kedua cek tagihan berkala atau langganan. Caranya mudah sekali, simak dengan baik ya.

• Cek tagihan sebulan, formatnya: REK (spasi) No. ID Pelanggan, kirim ke 8123
• Cek tagihan langganan, formatnya: PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID Pelanggan, kirim ke 8123
• Berhenti cek tagihan langganan, formatnya: PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID Pelanggan, kirim ke 8123

Nah itulah sahabat cara-cara yang dapat digunakan untuk mengecek tagihan listrik dirumah. Semoga dapat bermanfaat ya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *