by

Cara Cepat Menguasai Pelajaran Matematika

-Edukasi-657 views

Matematika adalah pelajaran exact yang masuk kategori ilmu pasti (1+1=2). Selain sangat berpengaruh bagi kelulusan, nilai matematika pelajar biasanya juga banyak digunakan sebagai acuan/standar untuk modal masuk universitas favorit, sekolah favorit, maupun untuk mencari pekerjaan.

Cara Cepat Menguasai Pelajaran Matematika
Cara Cepat Menguasai Pelajaran Matematika

Pelajaran matematika masuk dalam salah satu pelajaran yang paling banyak ditakuti oleh pelajar sekolah saat ini. Karena masuk kategori mata pelajaran di sekolah yang sangat sulit dan pelajaran matematika ini juga merupakan salah satu mata pelajaran yang di ujian nasionalkan, maka sudah pasti banyak para pelajar yang sangat takut ketika menghadapi ujian.

Untuk menguasai materi terutama banyak rumus yang harus dihafal pada mata pelajaran matematika memang tidak mudah. Namun, ada beberapa cara yang dapat digunakan agar kita dapat cepat menguasai materi pelajaran matematika. Apa saja cara dan tipsnya? Simak ulasannya berikut.

Cara Cepat Menguasai Pelajaran Matematika

  1. Mencoba Menyukai dan Menikmati Mata Pelajaran Matematika

Ini adalah salah satu poin yang paling penting dan kunci bagaimana seseorang terutama pelajar dapat menguasai pelajaran matematika yang sulit. Berusaha menyukai dan menikmati saat proses belajar matematika adalah hal yang sangat penting. Hal ini dilakukan agar rumus dan juga materi mudah masuk pada otak kita. Jika seseorang sudah tidak menyukainya dan tidak mau berusaha menikmati pelajaran matematika, sudah dipastikan sebanyak apapun belajar akan tetap gagal. Menurut pengalaman saya dan banyak orang lain, ketika kita sudah senang dan bisa menikmati pelajaran matematika, maka ilmu rumus, hitung-hitungan dan materi akan mudah masuk, diingat dan dimengerti. Jadi bagi anda para pelajar yang ingin dapat menguasai mata pelajaran matematika hukumnya wajib dan harus mencoba menyukai dan menikmati proses belajar anda.

  1. Banyak-banyaklah Memahami Rumus Jangan Hanya Menghafal

Ini mungkin yang paling sering dilakukan para pelajar saat belajar matematika di sekolah. Pelajaran matematika tidak akan mudah dikerjakan jika kita tidak paham rumusnya. Walaupun menghafal juga penting, tetapi ada cara lain agar kita dapat menguasai dengan cepat mata pelajaran yang satu ini, meskipun saat itu kita lupa rumus dan kesulitan. Ya, dengan menggunakan nalar dan logika untuk memahami rumus mata pelajaran matematika, ketika kita menghadapi soal yang berbeda dengan rumus yang sama, maka akan jauh lebih mudah dikerjakan jika kita paham dan mengerti caranya. Lebih mudahnya akan saya beri contoh: anda diberi soal matematika untuk menghitung keliling lingkaran atau persegi, jika anda hanya hafal rumusnya memang mudah saja mengerjakan, namun ketika ada soal seperti diketahui sebuah tabung dengan nilai tutupnya yang sudah diketahui, lalu anda disuruh menghitung keliling selimut tabung tersebut. Jika anda hanya menghafal dan tidak memahami rumus, maka soal seperti itu akan sulit anda kerjakan. Jadi selain menghafal rumus dan materi matematika cobalah untuk menikmati dan memahaminya.

  1. Banyak-banyaklah Berlatih Mengerjakan Soal

Bisa karena terbiasa, nah hal ini juga berlaku pada mata pelajaran matematika. Semakin anda sering latihan dengan mengerjakan soal matematika, maka anda akan dengan cepat dapat menguasai materi dan rumus-rumusnya. Banyak latihan ini juga akan sangat berguna ketika ujian. Misalnya pada hari “H” anda ujian, anda menemukan soal yang mirip dengan saat anda pernah latihan mengerjakan soal matematika di rumah maupun sekolah, maka anda akan dengan mudah dapat mengerjakan soal tersebut, sekaligus akan menghemat waktu ujian anda. Selain itu dengan banyak berlatih dan belajar mengerjakan soal, anda akan terbiasa mengerjakan suatu materi yang sama namun berbeda tipe. Misalnya anda disuruh menghitung luas bangun datar yang diarsir, dikemudian hari anda menemukan soal sebaliknya, yaitu anda menemukan soal untuk menghitung luas bangun datar yang tidak di arsir. Maka dengan banyaknya latihan anda tidak akan menjadi bingung dengan adanya tipe soal matematika seperti ini.

  1. Belajar Matematika di Lingkungan yang Anda Sukai

Jika anda suka mengerjakan matematika di tempat yang tenang, sepi dan sunyi untuk mengerjakan, maka carilah tempat seperti itu yang dapat anda temukan. Misalnya di kamar, ruang tamu dan ruangan lain. Sebaliknya jika anda lebih suka mengerjakan matematika ditempat yang ramai, anda bisa memanfaatkannya dengan belajar dan diskusi dengan teman, anda juga bisa sambil mendengarkan musik, mencari spot-spot atau tempat lain yang memang mendukung anda untuk belajar disana. Carilah tempat yang ditempat itu anda mudah mengerjakan dan tidak merasa terganggu oleh aktivitas orang lain. Karena kalau anda sudah merasa terganggu, maka fokus dan konsentrasi anda akan sering buyar sehingga kesulitan untuk belajar dan mengerjakan soal.

  1. Temukan Guru yang Cocok Dengan Anda

Guru juga adalah faktor yang sangat penting, ketika anda sudah menemukan guru yang cocok untuk mengajari anda materi matematika, maka banyaklah belajar dan bertanya kepada guru tersebut mengenai soal-soal matematika yang tidak bisa anda kerjakan. Menurut pengalaman saya memiliki guru matematika lebih dari satu akan memberikan keuntungan, kita bisa mengcompare atau membandingkan ajaran siapa yang cocok dengan kita. Saya dulu sewaktu sekolah juga seperti itu, banyak guru matematika yang mengajarkan mengerjakan soal dengan cara dan metode yang berbeda-beda. Ada cara cepat, cara biasa, cara normal dan cara yang sangat panjang serta detail. Pilih yang anda sukai yang sesuai karakter anda, jangan terpaku pada satu guru, maka hal itu akan membantu anda menguasai materi dan pelajaran matematika.

Mungkin hanya empat (4) itulah cara sederhana yang bisa saya berikan untuk anda terutama para pelajar, bagaimana cara menguasai mata pelajaran matematika dengan cepat. Walaupun mungkin masih banyak metode dan cara lain, akan tetapi ke empat (4) cara tersebut sudah pernah saya buktikan, sehingga anda dapat mencoba untuk menerapkannya pada diri anda sekarang.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *