by

Cara Download di Scribd

Anda tentu sudah familiar dengan situs Scribd bukan? Selama beberapa tahun terakhir, Scribd kerap menjadi teman setia para mahasiswa ataupun mereka yang hobi membaca dan mencari ilmu. Ada begitu banyak bahan tulisan, jurnal, sampai dokumen karya ilmiah dengan berbagai kategori yang bisa ditemukan di Scribd. Bahkan, beberapa tahun yang lalu, semua dokumen tersebut bisa didapat secara gratis tanpa mengeluarkan sepeserpun. Sayangnya beberapa waktu terakhir tak semua dokumen di Scribd bisa diakses secara gratis.

Hanya para member atau anggota yang sudah terdaftar saja yang bisa mendownload jurnal dan dokumen tersebut. Padahal sebelumnya semua dokumen bisa didownload dalam bentuk PDF, Word maupun Power Point. Hal ini pastinya membuat para mahasiswa maupun pelaku pendidikan lainnya kebingungan. Darimana lagi bisa mendapatkan dokumen secara gratis dan mudah serta lengkap lagi di internet? Untuk menjawab semua kegundahan Anda, berikut akan dijelaskan secara singkat mengenai cara download di Scribd dengan mudah.

Cara Download di Scribd
Cara Download di Scribd

Cara Download Dokumen di Scribd dengan Mudah dan Cepat

  1. Pertama, login ke Scribd dengan mengklik bagian pojok atas sebelah kanan dari situs
  2. Tak perlu repot-repot untuk mendaftar atau register terlebih dahulu ke Scribd, jika Anda memiliki akun facebook, Anda cukup mengklik login with facebook dengan memanfaatkan akun facebook yang dimiliki.
  3. Upload salah satu file apa saja yang ukurannya kecil untuk mempermudah proses. Ini menjadi syarat wajib bagi para pengguna Scribd untuk bisa mendownload file pada laman tersebut. File dapat berupa Ms. Word, Excel maupun Power Point, terserah pada keinginan Anda. Usahakan ukurannya tidak begitu besar, sehingga tidak memakan waktu yang cukup lama.
  4. Isi deskripsi dokumen, tidak harus semua deskripsi Anda jabarkan secara jelas. Cukup isi kolom judul dokumen serta deskripsi singkat dari dokumen tersebut. Lakukan langkah tersebut hingga upload dokumen selesai lalu klik tombol save & continue.
  5. Jika semua proses tersebut telah selesai. Biasanya Anda akan dibawa otomatis ke halaman unduhan semula, Pilih dokumen yang ingin didownload dan unduh hingga selesai. Namun jika tidak dibawa secara otomatis Anda dapat mencoba kembali ke halaman awal sewaktu mengunduh dokumen.

Selain cara diatas, sebenarnya ada cara paling mudah lainnya, yakni mendownload file melalui ponsel. Sayangnya cara ini tak begitu efektif bila Anda ingin mengunduh file berukuran besar. Dikhawatirkan proses download terputus atau memori ponsel Anda yang tak mencukupi. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mencoba cara berikut:

  1. Mengunduh Scribd melalui laman browser firefox. User agent pada firefox bisa diganti ke browser smartphone. Trik ini untuk menyamarkan seakan-akan Anda mengakses Scribd melalui ponsel. Oleh karena itu, unduh browser firefox bila komputer Anda tidak menyediakannya. Pastikan firefox yang diinstall adalah versi terbaru, agar mempermudah proses selanjutnya.
  2. Setelah firefox selesai di install, Anda bisa menginstall add-on user agent switcher serta firebug. Caranya tidak sulit, cukup pilih add to firefox, lalu klik allow. Jika sudah, klik pilihan install now di ikuti oleh restart now.
  3. Setelah add-on terinstall, selanjutnya firefox Anda harus direstart terlebih dahulu. Tapi jangan lupa untuk melakukan bookmark halaman tersebut dengan cara menekan tombol CTRL + D. Ini guna mempermudah Anda kembali ke laman tersebut nantinya.
  4. Bila firefox sudah selesai direstart, Anda bisa mulai mengubah user agent. Munculkan menu bar pada firefox dengan mengklik fitur options, lalu pilih menu bar.
  5. Pada menu new, pilih user new agent untuk mengkamuflase Scribd.
  6. Tahapan Anda mengunduh dan mengonfigurasi add-on sudah selesai, kini Anda tinggal mendownload dokumen Scribd. Sampai disini, Anda cukup menyalin link dokumen pada Scribd yang mau download, lalu pilih download now.

Itulah tutorial singkat bagaimana cara mendownload dokumen di situs Scribd dengan mudah dan cepat. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi Anda yang sedang ingin mengunduh dokumen di Scribd.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *