by

Cara Install SSH Ubuntu

SSH atau Secure Shell digunakan untuk meremote komputer kita terutama yang menggunakan sistem operasi Unix seperti Linux. SSH tidak familiar digunakan pada Windows, akan tetapi menurut Microsoft, kemungkinan SSH juga akan support untuk versi Windows yang terbatas.

Cara Install SSH Ubuntu
Cara Install SSH Ubuntu

Dengan menginstall SSH kita tidak perlu lagi berhadap-hadapan dengan fisik komputer server untuk mengonfigurasinya. Tentu dengan cara ini kita akan sangat efisien dalam mengelola server, terlebih lagi jika kita menggunakan IP Public.

Untuk menginstall SSH di Ubuntu silakan lakukan langkah-langkahnya berikut ini:

1.) Update dahulu paket aplikasi dan repository Anda.

apt-get update

2.) Kemudian install paket SSH dengan melakukan perintah sebagai berikut.

apt-get install ssh

3.) Sebenarnya setelah melakukan instalasi Anda dapat meremote komputer Anda dengan menggunakan program Putty untuk Windows, akan tetapi agar lebih aman, saya sarankan Anda mengganti port default bawaan dari SSH dari port 22, ke port lain yang hanya Anda sendiri yang mengetahuinya. Silakan edit dengan perintah nano seperti berikut.

nano /etc/ssh/sshd_config

4.) Hilangkan tanda “#” pada bari script #Port 22, dan ubah 22 sesuai port keinginan Anda, jangan melebihi 6000, misalnya Anda ganti 777 agar lebih aman.

5.) Simpan dengan menekan Ctrl+X secara bersamaan, kemudian restart dengan cara.

/etc/init.d/ssh restart

6.) Selesai. Sekarang jika Anda ingin meremote Ubuntu Anda gunakanlah port 777, karena sudah tidak menggunakan port default 22 lagi.

Bagi Anda yang masih bingung, dapat melihat panduannya dalam video berikut ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *