by

Cara Melihat Statistik Pengunjung Situs via CPanel

Statistik pengunjung web/blog memang sangat penting bagi seorang webmaster. Dengan statistik kita dapat mengetahui siapa saja pengunjung situs kita. Selain itu kita juga dapat melihat berapa jumlah kunjungan, keyword apa saja yang sering dicari, berapa halaman yang dibuka, menggunakan device apa saja pengunjung tersebut, hingga dari negara mana saja pengunjung kita berasal.

Dengan data statistik yang cukup lengkap dan akurat, maka seorang webmaster akan dapat memetakan dan menganalisa apa yang perlu ditambah, diperbaiki dan paling dicari pengunjung terutama di situs kita. Hal ini memang tidak berkaitan langsung dengan SEO (Search Engine Optimization), namun setidaknya kita akan dapat memetakan dengan baik apa sebenarnya yang dicari pengunjung.

Cara Melihat Statistik Blog Lengkap Melalui CPanel
Cara Melihat Statistik Blog Lengkap Melalui CPanel

Banyak analytics di internet yang menyediakan tools atau alat untuk melihat statistik pengunjung situs kita. Namun bagi para webmaster yang memiliki situs dan dikelola melalui CPanel, akan memiliki keuntungan karena ada alternatif lain yang dapat dilakukan untuk melihat statistik pengunjung situs. Dengan kata lain para webmaster tidak perlu memakai tools di internet jika tidak benar-benar dibutuhkan, karena dengan menggunakan tools eksternal akan membuat situs kita memuat script tambahan sehingga situs akan menjadi lebih berat di akses.

Untuk itulah jika memang anda ingin mengetahui bagaimana cara melihat statistik pengunjung situs melalui CPanel silakan simak penjelasan langkahnya berikut ini.

Cara Melihat Statistik Pengunjung Situs Via CPanel

  1. Buka CPanel situs anda, biasanya dengan alamat “http://cpanel.situsanda.com”, ganti “situsanda.com” dengan URL situs anda sendiri. Jika tidak dapat dibuka minta bantuan penyedia layanan hosting anda.
  2. Lihat pada bagian grup menu “Metrics” biasanya dibawah grup menu “Email”.
  3. Lalu disitu ada tombol/menu yang bernama “Awstats”, klik tombol tersebut.
  4. Setelah itu akan terbuka pilihan “Domain” dan “Actions”, pilih domain yang anda ingin lihat statistiknya dengan cara mengklik pilihan “View” pada menu “Actions” disebelahnya.
  5. Setelah itu anda akan melihat statistik lengkap dari situs anda, mulai dari pageview, unique visitors, bandwith, browser dan device yang digunakan pengunjung, hingga keyword yang sering dicari pada situs anda. Berikut adalah sedikit gambaran statistik dari Awstats CPanel.

Bagaimana menarik bukan? Anda dapat mencobanya jika situs anda memang dikelola menggunakan CPanel, namun jika tidak anda masih dapat menggunakan tools eksternal lain di internet seperti Google Analytics dan Histats untuk melihat data statistik pengunjung situs anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *