by

Cara Membuat Display Foto Produk Online Lebih Berkualitas

Dalam berbisnis online, keberadaan sebuah foto produk sangatlah penting. Jika Anda mempunyai toko online, pastikan yang Anda pajang adalah gambar yang berkualitas, yang gambarnya terang dan jelas, bila memungkinkan ukurannya tidak terlalu besar atau dapat melalui tahap compress image sebelum foto di upload. Dan tentunya foto yang dipajang adalah foto paling update tentang produk yang Anda jual. Karena jika gambar yang Anda cantumkan asal-asalan, sangat mungkin menjadikan pembeli malas berbelanja di toko online Anda karena kurang tertarik dan tidak yakin.

Cara Membuat Display Foto Produk Online Lebih Berkualitas
Cara Membuat Display Foto Produk Online Lebih Berkualitas

Lantas bagaimana cara membuat display foto produk yang bagus dan menarik? Tenang, berikut kami telah rangkum informasi lengkapnya kepada Anda, silakan baca ulasannya berikut ini.

Cara Membuat Display Foto Produk Online Lebih Berkualitas

1. Penggunaan Kamera dengan Resolusi Tinggi
Untuk mendapatkan hasil gambar produk yang bagus, Anda perlu menggunakan kamera dengan resolusi tinggi. Anda dapat menggunakan kamera digital untuk hasil yang memuaskan, namun jika tidak memiliki kamera digital, Anda cukup menggunakan kamera smartphone asalkan gambar yang dihasilkan bagus dan jernih.

2. Penggunaan Background yang Tepat
Pada saat pengambilan gambar, penggunaan background yang tepat sangatlah penting. Kami menyarankan untuk menggunakan background polos berwarna putih agar tampilan produk dapat terlihat dengan baik. Selain itu, background putih juga dapat menambah kesan profesional untuk toko Anda. Perhatikan pula angel (sudut) saat pengambilan gambar agar detail produk terlihat dengan lebih jelas.

3. Menggunakan Aplikasi Foto untuk Pengeditan
Jika Anda memiliki masalah dengan pencahayaan foto, gunakan aplikasi pengolah gambar seperti photoshop atau corel draw. Edit foto Anda dengan menambahkan cahaya, ketajaman ataupun kontras. Namun, Anda wajib memperhatikan kemiripan foto dengan produk asli. Jangan terlalu ekstrim mengedit foto agar pelanggan tetap merasa puas dengan produk yang diterima.

4. Compress File
Biasanya hasil jepretan menggunakan kamera digital menghasilkan foto dengan resolusi tinggi. Hal ini dapat menyebabkan proses mengupload dan menampilkan foto cenderung butuh waktu yang lama. Akali hal tersebut dengan dengan meng-compress file atau mengecilkan resolusi foto yang dapat dilakukan dengan photoshop, program paint ataupun jika image/gambar Anda berbentuk dan berekstensi .PNG, Anda dapat menggunakan program handal yang bernama PngQuant untuk melakukan compress gambar, sehingga gambar Anda jauh lebih kecil ukurannya namun tetap tidak mengurangi begitu banyak kualitas gambar Anda. Dengan begitu, calon pembeli dapat melihat gambar dengan mudah dan cepat dengan koneksi internet yang pas-pasan sekalipun.

5. Watermark / Branding
Pemberian watermark atau nama brand di foto produk dapat mencerminkan bahwa Anda adalah penjual yang profesional. Hal ini juga dapat menghindarkan Anda dari pencurian foto produk. Watermark sendiri dapat berupa logo maupun tulisan nama toko yang dibentuk sesuai keinginan Anda. Jika perlu buatlah logo untuk toko Anda dengan menggunakan jasa pembuat logo agar lebih menarik.

Itulah beberapa tips yang dapat kami berikan mengenai bagaimana cara membuat foto produk online shop lebih menarik. Dengan foto display yang baik, konsumen akan lebih tertarik serta yakin, dan membuatnya memutuskan untuk membeli produk Anda. Namun tentunya perlu juga diperhatikan mengenai kemiripan foto display dengan produk/barang aslinya, agar konsumen tidak merasa dibohongi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *