by

Cara Memindahkan WordPress Ke Domain Baru

Bagi Anda para Blogger mungkin pernah bertanya bagaimana cara memindahkan blog WordPress Anda ke domain baru. Hal ini bisa terjadi mungkin saja karena domain lama Anda kurang bagus untuk branding, ataupun domain lama Anda mengalami masalah lain sehingga mau tidak mau Anda sangat menginginkan blog Anda di pindahkan ke domain baru.

Masalahnya adalah, blog lama Anda telah terkonfigurasi dengan URL lama, sehingga Anda harus merubah semua konfigurasi URL lama tersebut ke URL/domain baru. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara yang sangat cepat melalui perintah SQL di database, sehingga semua konfigurasi seperti di tabel, wp_options, wp_posts, dan wp_postmeta dapat kita perbaharui untuk menyesuaikan dengan domain baru Anda.

Jika Anda mengalami masalah seperti yang saya sebutkan maka berikut ini adalah tutorial bagaimana cara memindahkan blog WordPress Anda ke domain baru dengan mengkonfigurasi ulang database blog WordPress lama Anda.

Langkah-langkah memindahkan blog WordPress ke domain baru:

  1. Sebelum memindahkan blog WordPress lama Anda ke domain baru ada baiknya telah Anda backup terlebih dahulu database dan file-file web untuk mencegah kesalahan selama proses konfigurasi WordPress Anda, karena pada tutorial ini Anda akan memindahkan blog lama ke domain baru dengan mengubahnya melalui database. Anda dapat melakukan backup file dan database web melalui CPanel ataupun sesuai dengan cara/metode yang disediakan oleh layanan hosting Anda.
  2. Masuklah ke CPanel hosting dimana file WordPress Anda disimpan, lalu carilah menu yang bernama PhpMyAdmin. Jika Anda menggunakan VPS (Virtual Private Server) Anda juga bisa bertanya bagaimana cara masuk ke PhpMyAdmin Anda.
  3. Setelah Anda masuk ke halaman PhpMyAdmin, kemudian carilah nama database Anda misalnya “db_wordpress” . setelah database Anda ketemu, klik database tersebut dan masuklah ke menu “SQL”, pada kolom perintah yang di sediakan eksekusi perintah-perintah SQL berikut perbaris saja biar tidak terlalu banyak memakan waktu.

[sql]UPDATE wp_options SET option_value = replace(option_value, ‘http://www.old-url.com’, ‘http://www.new-url.com’) WHERE option_name = ‘home’ OR option_name = ‘siteurl’;
UPDATE wp_posts SET guid = replace(guid, ‘http://www.old-url.com’,’http://www.new-url.com’);
UPDATE wp_posts SET post_content = replace(post_content, ‘http://www.old-url.com’, ‘http://www.new-url.com’);
UPDATE wp_postmeta SET meta_value = replace(meta_value,’http://www.old-url.com’,’http://www.new-url.com’);[/sql]

[Penting]: Ganti “http://www.old-url.com” dengan URL domain lama Anda, dan ganti juga “http://www.new-url.com” dengan domain baru Anda. Lihat pada contoh screenshot berikut ini.

SQL Konfigurasi Ulang WordPress Ke Domain Baru
SQL Konfigurasi Ulang WordPress Ke Domain Baru
  1. Selesai, seharusnya setelah Anda mengeksekusi perintah-perintah SQL tersebut, maka blog WordPress lama Anda telah terkonfigurasi dengan domain baru, sehingga tugas Anda hanya tinggal mengarahkan domain baru Anda ke namesever hosting Anda dan menambahkannya melalui Addons domain. Bagaimana jika ingin Anda pindahkan ke hosting yang lain juga? Tinggal upload saja file dan database ke hosting yang baru, namun jangan lupa untuk menyesuaikan konfigurasi database di file “wp-config.php” blog WordPress Anda.

Itulah tutorial bagaimana cara memindahkan blog WordPress lama ke domain baru. Jika Anda masih mengalami kebingungan dan ada yang ingin ditanyakan, Anda dapat mengirimkannya melalui komentar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *