by

Cara Mempercepat Download di Windows 10

Sering kesal karena unduhan tak kunjung selesai? Atau koneksi sering terputus tanpa sebab saat bermain game online? Permasalahan klise ini seringkali dialami oleh para pengguna komputer, terutama Windows 10. Jaringan internet padahal dalam keadaan stabil dan cenderung kencang, tapi entah mengapa koneksi terganggu.

Kalau sudah begini, Anda bukan hanya kesal tapi bisa marah-marah sampai habis kesabaran. Apalagi kalau downloadan sudah ditunggu-tunggu berjam-jam, bukannya membuahkan hasil malah zonk. Tapi tidak usah khawatir karena disini akan diberikan beberapa penjelasan singkat mengenai cara mempercepat download (windows 10) dengan upaya menstabilkan koneksi.

Cara Mempercepat Download di Windows 10
Cara Mempercepat Download di Windows 10

Kiat Mudah Menstabilkan Koneksi Pada Windows 10 

  1. Gunakan CMD untuk Mengetahui Stabilitas Koneksi

Cara pertama dan paling mudah untuk mengecek koneksi yang bahkan bisa dilakukan oleh orang awam adalah menggunakan “Command Prompt” atau CMD. Gunakan fitur CMD pada komputer Anda untuk memeriksa koneksi internet yang tengah digunakan. CMD bisa membantu menstabilkan atau mempercepat jaringan internet, serta melihat Ping koneksi. Untuk mengoperasikan CMD tidaklah sulit, yakni cukup buka menu search pada laman windows atau klik tombol Windows + R secara bersamaan. Pada kolom ketikkan CMD dan tekan enter, tunggu selama beberapa saat.

Setelah itu akan muncul laman CMD, ketikkan ping 8.8.8.8 tanpa di ikuti tanda kutip. Jika koneksi Anda benar-benar lancar, ping akan muncul setiap detik tanpa jeda. Tapi bila sebaliknya, akan muncul kalimat Requested time out. Ini artinya koneksi Anda tengah bermasalah dan perlu dicek ulang. Coba periksa kembali modem atau jaringan internet yang Anda gunakan, bisa jadi ada kesalahan teknis yang menghambat browser untuk beroperasi. Anda dapat menghubungi provider internet Anda jika memang merasa kesulitan.

  1. Uninstall Aplikasi Bawaan Windows 10 yang Tidak Terlalu Penting

Windows 10 diakui atau tidak memang secara default menginstall banyak aplikasi yang memakan koneksi internet, sebut saja seperti Cortana, Xbox, Windows Store, Mail and Calendar, Paint 3D, Maps, View 3D, dan aplikasi lain.

Anda dapat menguninstall aplikasi-aplikasi tersebut jika memang tidak terlalu dibutuhkan. Cara uninstall cukup ketik dibar pencarian Windows 10 “Apps & Features”, klik aplikasi yang ingin di uninstall lalu pilih “Uninstall”. Jika tidak dapat di uninstall Anda dapat menggunakan Iobit Uninstaller untuk uninstall aplikasi bawaan Windows 10. Cukup buka Iobit Uninstaller lalu pilih menu “Windows Apps” lalu klik ikon tong sampah untuk uninstall aplikasi bawaan Windows 10 yang tidak Anda inginkan.

  1. Task manager

Koneksi internet tidak lancar bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya aplikasi yang menggunakan koneksi internet terlalu besar. Hal tersebut seringkali tidak disadari oleh para pengguna komputer, terutama Windows 10. Guna menyiasatinya, Anda bisa membuka task manager untuk mengecek dan memberhentikan aplikasi tersebut. Dengan memberhentikan aplikasi yang mungkin tidak perlu, koneksi internet Anda akan kembali stabil dan download pun akan kembali lancar.

Untuk menjalankan task manager tidaklah sulit, cukup tekan tombol keyboard “Ctrl+Shift+Esc” secara bersamaan. Layar akan langsung menampilkan task manager beserta aplikasi yang mungkin menyedot koneksi internet. Bila dirasa tidak terlalu memerlukannya, Anda bisa menekan tombol end task atau cukup klik dua kali pada aplikasi tersebut. Cortana termasuk aplikasi yang paling banyak menyedot penggunaan koneksi saat komputer dioperasikan.

  1. Software

Jika memungkinkan, cobalah install software klik download Netlimiter. Software ini membantu Anda membatasi kecepatan koneksi internet serta penggunaannya. Program gratis tersebut bisa Anda unduh untuk membantu menstabilkan koneksi internet, terutama pada aplikasi tertentu. Tak sulit menginstal aplikasi ini, cukup ikuti semua petunjuk instalasi yang diarahkan. Saat akan terbuka, Anda bisa memilih browsing yang akan digunakan pada pengaturan.

Pada bagian limit, ganti nomor atau kecepatan limit yang digunakan. Limit ini akan membantu Anda mendapatkan kecepatan saat mendownload. Kecepatan koneksi juga akan tetap stabil selama Anda melakukan proses download. Jadi tidak perlu khawatir akan berhenti di tengah jalan atau tiba-tiba koneksi terputus dan semuanya gagal.

  1. Notifikasi

Mematikan notifikasi pada Windows 10 bisa jadi solusi paling tepat untuk Anda mempertahankan kecepatan koneksi. Untuk menghentikan notifikasi, buka pengaturan pada Windows 10, lalu pilih icon system. Pada menu di bagian kiri, pilih notification and actions. Cari show app notifications, lalu nonaktifkan fitur tersebut. Secara otomatis notifikasi akan berhenti masuk ke dalam laman Windows Anda.

Atau jika pada layar desktop Windows 10, Anda dapat klik kanan pada aplikasi bawaan Windows 10 seperti Windows Store, Prakiraan Cuaca, Xbox, setelah klik kanan pilih “More” > “Turn Live Tile Off”.

Itulah tutorial sederhana bagaimana cara mempercepat dan mencoba menstabilkan koneksi di Windows 10.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *