by

Cara Memproteksi Folder Menggunakan Noos Folder Protector

Terkadang ada kalanya anda menyimpan folder di komputer yang berisi data-data sensitif. Meskipun komputer itu milik anda, namun bukan hanya anda yang menggunakan komputer tersebut, sehingga anda tidak ingin orang yang tidak bertanggung jawab membuka/melihat data anda. Misalnya saja data anda tersebut berkaitan dengan data keuangan kantor atau bisa jadi data pribadi anda yang anak anda saja tidak boleh melihat isinya. Untuk itu alangkah baiknya jika anda dapat melindungi data di folder komputer anda.

Noos Folder Protector
Noos Folder Protector

Noos Folder Protector bisa menjadi solusi sederhana bagi anda para pekerja atau orang tua yang memiliki data sensitif dan ingin melakukan perlindungan/proteksi sederhana terhadap data anda. Dengan aplikasi Noos Folder Protector anda bisa melakukan proteksi sederhana agar data di sebuah folder tidak mudah untuk dibuka. Sehingga akan lebih aman jika komputer anda digunakan banyak orang terutama anak anda yang masih kecil/balita. Lalu bagaimana cara memproteksi foldernya?

Cara Memproteksi Folder Menggunakan Noos Folder Protector

  1. Download aplikasi Noos Folder Protector. [Klik Disini].
  2. Install aplikasinya di komputer anda, dengan cara klik dua kali pada aplikasi yang sudah anda download tadi, atau Klik Kanan >> Open, bisa juga Klik Kanan >> Run as administrator.
  3. Tinggal install atau klik “Next” dan isi/pilih data yang mungkin diperlukan.
  4. Setelah selesai instalasi, buka aplikasi Noos Folder Protector. Karena aplikasi sederhana ini membutuhkan privileges level “Admin” maka sebaiknya ketika membuka “Klik Kanan >> Run as administrator”. Atau jika tidak, akan muncul popup pemberitahuan pilih saja “Yes/Ok”.
  5. Karena setelah selesai install pertama kali tidak membutuhkan password untuk masuk aplikasi, maka sesudah terbuka aplikasinya silakan tekan “Enter” di keyboard, atau anda bisa menggunakan mouse untuk menekan tombol “Enter” di aplikasi. Tunggu loadingnya sampai selesai.
  6. Sekarang anda dapat menggunakan aplikasi Noos Folder Protector untuk memproteksi folder anda. Pilih tombol “Lock” untuk memproteksi folder, atau tombol “Unlock” untuk menjadikan folder kembali seperti semula. Gunakan menu “Show Log” untuk melihat catatan data ketika anda selesai menggunakan aplikasi, barangkali anda lupa lokasi folder yang anda proteksi karena pathnya terlalu spesifik, ini akan sangat membantu.
  7. Terakhir agar aplikasi tidak dibuka orang lain, silakan set passwordnya dengan cara Klik Kanan >> Set Password di form proteksi tadi. Tekan “Enter”, lalu agar aman anda bisa rubah passwordnya. Setelah itu untuk masuk ke Noos Folder Protector adalah dengan menggunakan password yang baru saja anda perbarui.

Semoga aplikasi Noos Folder Protector yang sederhana ini dapat membantu anda para pekerja/orang tua dalam pencegahan data penting di komputer agar tidak mudah dilihat/diakses orang tanpa/disengaja. Bagi anda yang belum mengerti bisa melihat video panduan berikut.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *