by

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Bagaimana cara mendapatkan uang dari internet atau bisnis online? Pastinya banyak orang yang ingin tahu jawaban dari pertanyaan tersebut. Semakin minimnya peluang kerja di dunia nyata, dan banyaknya tingkat persaingan para pencari kerja, membuat banyak orang berpikir keras bagaimana cara mendapatkan uang atau penghasilan dari dunia online/internet.

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet
Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Dan hal tersebut tampaknya bukan pilihan yang salah.  Sebab,  memang banyak sekali peluang bisnis atau peluang usaha yang bisa Anda tekuni agar bisa mendapatkan uang dari internet. Dan menariknya, untuk memulai hal tersebut Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Anda cukup menyiapkan seperangkat komputer atau laptop, plus jaringan internet. Jika Anda sudah mempunyai dua modal tersebut, langkah berikutnya, tinggal memantapkan hati anda, untuk memilih jenis bisnis apa yang akan di tekuni. Sebab, di internet, ada banyak sekali model usaha yang bisa di ikuti. Tetapi sebaiknya Anda hanya memilih salah satunya saja yang benar-benar Anda sukai, dan berusaha fokus hingga benar-benar menghasilkan.

Nah buat Anda yang lagi bingung, mencari cara atau ide bagaimana agar bisa menghasilkan uang dari internet, atau lagi bingung memilih usaha online apa yang cocok buat Anda, berikut kami share beberapa contoh ataupun ide usaha yang bisa Anda coba.

  1. Menjadi Content Writer atau Penulis Artikel

Cara mendapatkan uang dari internet yang pertama, dan yang mudah untuk di lakukan adalah dengan menjadi penulis artikel. Sebab, menjadi penulis artikel merupakan pilihan yang sangat cocok buat Anda para pemula, yang ingin mendapatkan uang dari internet.

Anda latih kemampuan menulis anda, kemudian jual skill menulis tersebut kepada mereka,  para blogger yang tidak punya waktu atau kwalahan dalam mengupdate blognya. Anda bisa mempromosikan jasa Anda tersebut di facebook atau forum-forum online, misalnya kaskus, dan sebagainya. Rangkai kata yang menarik di profil facebook Anda yang menjelaskan tentang Anda dan nilai plus Anda dalam membuat artikel. Buat juga daftar harga yang Anda tawarkan. Untuk tahap awal, sebaiknya jangan memasang tarif selayaknya penulis yang sudah profesional, walaupun sebenarnya Anda mampu menulis sebaik mereka.

Buat gimana caranya, orang tertarik memakai jasa anda, dan jika sudah mempunyai pelanggan, pastikan Anda bersunguh-sungguh dan benar-benar menjaga kwalitas tulisan anda. Agar mereka tidak jera dan menjadi pelanggan tetap Anda. Dan seiring berjalannya waktu, jika Anda tetap menjaga kwalitas, tidak mustahil menjadi penulis artikel, merupakan jalan menuju kesuksesan Anda, dan bisa di jadikan pekerjaan tetap yang menghasilkan banyak uang.

  1. Jasa Menerjemahkan Online

Buat Anda yang menguasai bahasa inggris, ataupun bahasa asing lainnya, sayang kan jika tidak dimanfaatkan. Dengan membuka jasa penerjamah, selain mendapatkan penghasilan tentunya berdampak baik pada kemajuan skill anda. Semakin sering dipakai tentunya semakin terasah kemampuan bahasa Anda.

Untuk cara memulainya, bisa Anda lakukan promosi seperti halnya membuka jasa penulisan artikel yang sudah dijelaskan di atas. Anda bisa mempromosikan lewat facebook, atau membuat blog khusus agar orang bisa mudah menghubungi anda.

  1. Membuat Blog dan Menjadi Publisher Adsense

Nah, berikutnya adalah cara mendapatkan uang dari internet dengan menjadi blogger, membuat sebuah website yang bagus dan mengisinya dengan berbagai konten yang  bermanfaat buat orang banyak. Kenapa isinya harus bermanfaat? Sebab, jika blog tersebut isinya hanya curhatan-curhatan gak penting Anda, siapa yang akan mengunjunginya.

Nah langkah berikutnya, setelah blog Anda sudah mempunyai banyak pengunjung, misalnya di atas 1000an trafik perharinya, maka saatnya Anda memonetize blog tersebut. Dan salah satu dari sekian banyak pilihan, menjadi publisher adsense adalah yang sering dipilih dan di anggap yang paling menguntungkan. Buat yang belum tahu apa itu adsense, bagaimana mendaftarnya dan bagaimana agar bisa sukses menjalankannya, silahkan browsing di internet, disini tidak di bahas hingga mendetail step by stepnya. Yang pasti, sudah tak terhitung lagi bukti mengenai kisah sukses mereka yang telah berhasil menjadi publisher adsense ini.

  1. Menekuni Bisnis MLM Online

Walaupun kebanyakan orang banyak yang alergi dengan MLM, tapi harus di akui jika jenis usaha ini juga mempunyai masa depan yang bagus, terutama buat yang tekun menjalankannya. Buat Anda yang pernah mempunyai pengalaman atau kisah sukses menjalanan bisnis MLM dalam dunia nyata atau secara offline, maka tidak ada salahnya, dan malah sangat di rekomendasikan untuk menjalankannya secara online.

Banyak sekali keuntungan yang di dapat jika menjalankan bisnis MLM ini secara onlien, daripada dengan metode konvensional atau cara lama, dimana para membernya di wajibkan harus sering mengikuti pertemuan-pertemuan di tempat tertentu serta harus mencari downline dengan merayu dari rumah ke rumah, yang tentunya selain banyak menyita waktu, juga banyak biaya yang dikeluarkan. Untuk biaya transportasi maupun biaya lainya saat melakukan kunjungan tersebut.

Nah, jika Anda menerapkan secara online, maka akan lebih efektif dan tentunya juga sangat efisien. Anda tidak harus keluar rumah meninggalkan putra-putri Anda, cukup membuat website semenarik mungkin sebagai sarana promosi anda. Dan Anda bisa mencari anggota dengan berbagai tehnik marketing online yang menurut Anda paling menguntungkan. Misalnya dengan melakukan promosi di forum-forum, sosial media, atau bisa juga dengan menggunakan jasa pengiklanan  berbayar.

  1. Menjadi Dropshiper atau Membuat Toko Online

Ini juga salah satu dari sekian banyak keuntungan menjalankan bisnis secara online. Jika dalam dunia nyata, membuat toko itu memerlukan biaya yang cukup besar, karena harus menyewa kios, membeli barang dagangan, menyiapkan alat-alat untuk menaruh barang dagangan tersebut, dan lain sebagainya, tetapi untuk membuka toko online, Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk hal-hal tersebut. Bahkan bisa di mulai tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Kok bisa, caranya bagaimana?

Yaitu dengan menjadi dropshipher, dimana Anda tidak perlu mempunyai stock barang dagangan. Anda hanya perlu mempromosikannya, dengan membuat beberapa akun media sosial, seperti  facebook, twitter, instagram, dan sebagainya. Anda pajang produk yang mau Anda jual tersebut, dan promosikan, melalui akun media sosial tersebut. Pilih gambar yang bagus, penjelasan yang mendetail, serta kata-kata yang menarik pembeli. Setelah ada pembelian, pihak penyedia dropship yang mengurusnya. Mulai dari mengepakan barang dan pengiriman, mereka yang melakukan, Anda akan mendaptkan keuntungan dari mark up harga yang udah di tetapkan sama pihak penyedia dropshiper.

Jika ingin lebih terlihat profesional, Anda bisa membuat website toko online sendiri, masukkan semua barang dagangan Anda ke dalam toko online tersebut. Lengkap dengan data kontak Anda, serta penjelasan menarik tentang produk yang Anda jual. Kunci sukses dari usaha toko online, selain dengan menerapkan harga yang bersaing, juga tentang kwalitas pelayanan. Pastikan Anda menjadi penjual yang ramah, fast respon, serta tepat waktu saat mengirim barang.

Nah itu dia beberapa contoh ide/peluang usaha, tentang cara mendapatkan uang dari internet. Selain yang disebutkan di atas, masih banyak lagi jenis bisnis online lainnya yang tak kalah menarik dari beberapa contoh di atas. Hal yang paling penting agar bisa sukses menjalankan bisnis online, bukan karena banyaknya jenis usaha yang Anda ikuti, melainkan fokus Anda dalam menekuni suatu jenis usaha/bisnis online hingga Anda benar-benar berhasil sukses menjalankannya. So, jika Anda ingin berhasil berarti harus fokus, fokus dan fokus. Semoga sukses.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *