by

Cara Mengetahui Komputer Windows 32 Bit atau 64 Bit

Ternyata selama ini masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara membedakan komputer Windows 32 bit dengan komputer Windows 64 bit. Terutama bagi orang awam yang memang bukan ahli komputer tentu informasi sederhana seperti ini akan sangat bermanfaat dan dibutuhkan.

Lalu bagaimana cara mengecek komputer kita termasuk Windows 32 Bit atau Windows 64 bit? Sangat mudah sekali, Anda tinggal klik kanan pada logo WindowsFile ExplorerKlik Kanan Pada Nama Komputer Anda. Lalu cek pada bagian System type: Jika komputer Anda 64 Bit akan terdapat keterangan yang mirip seperti ini “64-bit Operating System, x64-based processor“. Keterangan ini menandakan bahwa Sistem Operasi Windows Anda adalah versi 64 bit sedangkan processor komputer Anda dibuat berdasarkan OS dan arsitektur 64 bit, sehingga direkomendasikan jika ingin menggunakan OS adalah versi yang 64 bit. Untuk lebih jelasnya lihat dalam screenshot berikut:

Cara Mengetahui Komputer Windows 32 Bit atau 64 Bit - Langkah 1
Cara Mengetahui Komputer Windows 32 Bit atau 64 Bit – Langkah 1
Cara Mengetahui Komputer Windows 32 Bit atau 64 Bit - Langkah 2
Cara Mengetahui Komputer Windows 32 Bit atau 64 Bit – Langkah 2

Perbedaan versi dari sistem operasi 32 bit dan 64 bit adalah kemampuan dan kecepatan dalam memproses data. Tentu saja komputer 64 bit akan jauh lebih cepat daripada komputer 32 bit. Analoginya sederhana saja, jika data diumpamakan sebagai kendaraan, dan jenis 32/64 bit diumpamakan jalan, pasti kendaraan akan lebih lancar jika berjalan di jalan yang ukurannya relatif lebih besar. Begitu juga dengan data komputer, dengan ukuran 2x lebih besar dari 32 bit, komputer 64 bit tentu saja dapat berjalan lebih cepat dibandingkan 32 bit.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *