by

Cara Menggunakan RDP

Menggunakan RDP (Remote Desktop Protocol) sebenarnya cukup mudah. RDP sendiri sebenarnya merupakan teknik untuk menggunakan komputer lain dengan jaringan yang sama maupun berbeda jaringan (selama ada koneksi internet) untuk mempermudah melakukan sebuah aktivitas/kepentingan dengan komputer yang kita remote tersebut.

Banyak sekali manfaat RDP, diantaranya adalah untuk memanfaatkan jaringan internet yang super cepat, memanfaatkan spesifikasi RDP yang tinggi untuk merender video, melakukan upload dan download, serta kegiatan lain yang masih berhubungan dengan dunia komputer dan internet.

Karena di Indonesia jaringan internet belum stabil secara merata di semua daerah terutama pedesaan, maka dengan memiliki RDP yang mempunyai koneksi jaringan internet super kencang, kita dapat memanfaatkan internet tersebut untuk browsing, upload dan download tanpa harus menguras kuota internet kita.

Kembali ke topik bahasan, bagaimana sebenarnya cara menggunakan dan memperoleh komputer RDP?

Sebelum menggunakan RDP tentu saja Anda harus membeli komputer RDP terlebih dahulu. Anda dapat membeli komputer RDP di situs penjualan RDP seperti 99rdp.com. Meskipun jika Anda mau, di internet sana juga banyak yang menawarkan trial secara gratis.

Berikut ini Tutorial Bagaimana Cara Menggunakan RDP di Komputer Windows

  1. Cari aplikasi Remote Desktop Connection bawaan Windows Anda, jika Anda menggunakan Windows 10, tinggal ketikkan saja di kotak pencarian Cortana “Remote Desktop Connection”, lihat screenshot berikut.

    Remote Desktop Connection
    Remote Desktop Connection
  2. Setelah itu isikan ip address atau alamat domain komputer RDP Anda beserta username komputer RDP Anda, lalu klik tombol “Connect”. Biasanya untuk pertama kali jika Anda belum mengsave “Credentials”, Anda perlu memasukkan password. Centang “Allow me to save credentials” jika Anda ingin mengsave konfigurasi alamat/ip, username dan password, sehingga akan memudahkan Anda ketika ingin mengkoneksikan komputer RDP Anda kembali nantinya.

    Isikan IP atau Domain Komputer RDP Serta Username RDP
    Isikan IP atau Domain Komputer RDP Serta Username RDP
  3. Setelah Anda terhubung dengan komputer RDP kira-kira tampilannya akan seperti gambar berikut.

    Contoh Tampilan Komputer RDP
    Contoh Tampilan Komputer RDP
  4. Inilah hasil speedtest koneksi internet di komputer RDP yang pernah saya lakukan.

    Hasil Speedtest Internet Komputer RDP
    Hasil Speedtest Internet Komputer RDP

Lumayan kencang bukan koneksi internetnya? Untuk Anda yang sering upload software atau aplikasi berukuran size besar, video dengan kualitas HD, namun tidak punya koneksi internet yang bagus dan stabil, menyewa komputer RDP mungkin bisa menjadi salah satu solusi yang efektif untuk Anda, semoga tutorial cara menggunakan RDP di Windows ini bermanfaat bagi Anda, jika belum jelas Anda dapat melihat video tutorialnya dibawah ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *