by

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Walaupun di jaman modern seperti sekarang ini, ternyata masih banyak orang yang belum percaya bahwa dengan membuat blog kita bisa menghasilkan uang. Meski ngeblog sendiri pun saya pikir tidak harus dijadikan pekerjaan utama bagi orang yang mungkin punya kesibukan di dunia nyata, namun ternyata diluar sana juga banyak profesi menjadi seorang Blogger. Jika kita serius bukan tidak mungkin kalau mencari uang dari blogging dapat menjadi alternatif pemasukan kita, yang kadang-kadang penghasilannya juga lumayan besar. Lalu apa saja yang bisa dilakukan dan bagaimana cara menghasilkan uang dari blog itu sendiri?

Cara Menghasilkan Uang dari Blog
Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Ketika mempunyai blog, kita dapat menghasilkan uang dari berbagai cara dan metode, mulai dari cara yang sudah populer hingga cara yang masih sedikit orang memanfaatkannya. Untuk itulah saya ingin berbagi kepada anda bagaimana cara menghasilkan uang dari blog menurut versi saya sendiri tentu saja, dan akan saya urutkan mulai dari cara yang tidak populer hingga yang populer. Simak ulasannya berikut ini.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

  1. Menjual Keahlian Kita

Cara ini saya anggap memang belum terlalu populer, namun bisa dikatakan cukup efektif untuk menghasilkan uang. Nah, bagi anda yang mempunyai keahlian tertentu, anda bisa memanfaatkan sebuah blog untuk menjual keahlian anda tersebut. Hal yang dijual biasanya berupa jasa. Misalnya anda mahir dalam urusan desain poster, banner dan logo. Anda bisa menawarkan keahlian anda melalui blog dan mencantumkan nomor kontak anda yang bisa dihubungi, dengan cara ini kemungkinan kesempatan anda akan mendapatkan customer/pelanggan menjadi lebih besar. Saya sudah pernah membuktikan hal ini, apalagi kalau pelayanan anda baik, bukan tidak mungkin dari mulut ke mulut jasa anda bisa menjadi terkenal. Namun tentu saja akan lebih efektif lagi kalau anda selain membuat blog juga mempromosikan keahlian anda di sosial media, agar banyak yang tahu tentu saja.

  1. Menjual Produk

Bedanya menjual keahlian kita dengan menjual produk adalah, yang pertama kalau kita menjual produk tidak harus produk itu dari kita sendiri, anda bisa menjadi reseller untuk produk orang lain yang anda jualkan, sehingga anda dapat memperoleh keuntungan dari harga menjadi reseller. Yang kedua adalah, jika kita menjual keahlian maka, kita biasanya menunggu pesanan terlebih dahulu baru kemudian kita kerjakan, sedangkan jika menjual produk, maka tidak ada pesanan pun kita tetap membuat produk untuk kita jual, misalnya anda ahli dalam membuat logo, setiap hari anda dapat membuat logo yang berbeda-beda dan anda jual menggunakan blog yang telah anda buat, anda kelola dengan baik sehingga suatu saat nanti blog anda akan memiliki katalog sendiri, hal ini akan membuat konsumen lebih percaya. Menjual produk dengan menggunakan blog memang alternatif yang cukup menggiurkan, karena potensi pasar yang tidak terikat ruang dan waktu. Apalagi blog bisa anda buat secara gratis, namun jika ingin lebih profesional tentu anda harus menggunakan blog versi yang premium (berbayar).

  1. Melakukan Paid to Review (Dibayar untuk Mengulas)

Dengan memiliki sebuah blog, apalagi jika blog anda sudah terkenal, maka untuk menghasilkan uang dengan cara melakukan Paid to Review atau mengulas untuk dibayar akan menjadi hal yang sangat mudah bagi anda. Biasanya yang kita review adalah sebuah produk dari perusahaan maupun dari individu-individu tertentu. Nah, banyak sekali tawaran-tawaran untuk melakukan ulasan/review berbagai produk di internet. Apalagi jika anda mau jemput bola, maka peluang anda menghasilkan uang dari kegiatan mengulas/mereview produk menggunakan blog, akan memberikan pemasukan uang kepada anda dengan cara yang cepat. Karena biasanya kita akan dibayar terlebih dahulu sebelum melakukan review sebuah produk atau bisa juga sebaliknya, namun yang perlu digaris bawahi adalah penghasilan dari paid to review ini langsung cash/transfer dan instan, tentu ini sangat menguntungkan bagi kita para Blogger. Saran saya, jika anda memilih opsi yang nomor tiga (3) ini, maka tingkatkanlah kualitas blog anda, karena hal ini akan menjadi modal yang sangat berharga, dimana biasanya orang-orang yang ingin produknya di ulas menetapkan kriteria-kriteria tertentu pada sebuah blog tersebut. Misalnya alexa rank harus dibawah 10000, umur blog harus lebih dari 6 bulan, domain blog harus TLD (Top Level Domain) dan sebagainya.

  1. Memasang Link Afiliasi (Affiliate Link)

Apa itu link afiliasi? Link afiliasi atau dalam bahasa inggris biasa disebut affiliate link adalah kegiatan yang menawarkan suatu produk atau jasa, kebanyakan adalah produk, melalui sebuah link di blog/web yang telah berafiliasi/bekerjasama dengan kita. Para internet marketer pasti sudah sangat familiar dengan hal ini, bahkan pendapatan mereka bisa ratusan dollar perbulan. Jika anda serius penghasilannya akan lumayan, namun jika setengah-setengah maka lebih baik tidak anda lakukan. Ada banyak contoh program link afiliasi, diantaranya yang paling terkenal adalah situs Amazon. Nah di Amazon anda bisa menawarkan sebuah produk dengan link afiliasi, jika produknya terjual maka komisi yang diberikan Amazon juga lumayan besar. Saat ini saya kurang tahu berapa rate komisinya, namun anda bisa mencari tahu sendiri di internet. Contoh lain adalah link afiliasi milik Themeforest dan anggotanya. Colorlib adalah sebuah situs web di internet yang banyak mengulas berbagai produk di Themeforest dan memasang link afiliasi mereka, sehingga saya pernah membaca kalau tidak salah mereka pernah mendapatkan komisi hingga ribuan dollar dari kegiatan link afiliasi ini. Kalau anda suka mencari tema untuk situs WordPress pasti anda tidak akan asing dengan situs Colorlib ini, ya kan?

  1. Memasang Iklan

Akhirnya kita sampai juga pada cara yang paling populer digunakan Blogger untuk menghasilkan uang. Nah, memasang iklan memang merupakan kegiatan Blogger yang paling populer untuk mencari uang, karena dengan memasang iklan kita dapat memperoleh penghasilan yang mungkin bisa dikatakan walaupun kadang penghasilannya naik turun akan tetapi berkelanjutan. Banyak sekali situs-situs di internet yang menawarkan kepada para Blogger untuk menjadi publisher (orang yang memasangkan iklan di blog/webnya Blogger). Ada beberapa situs penyedia iklan yang paling banyak digunakan oleh Blogger di dunia, sebut saja Google Adsense, Media.Net, AdCreator dan situs-situs penyedia iklan lainnya. Google Adsense mungkin menjadi yang paling populer karena Google Adsense dikelola oleh perusahaan besar seperti Google Inc., untuk mendaftar Google Adsensepun tidak mudah, ada banyak persyaratan dan kriteria yang harus dipenuhi untuk dapat diterima sebagai publisher mereka. Jika anda ingin tahu bagaimana cara mendaftar dan memasang iklan Google Adsense di blog anda, ada banyak sekali tutorial di internet yang menjelaskan hal tersebut, sehingga untuk belajarpun menjadi lebih mudah karena banyak referensi yang bisa anda dapatkan. Oh ya, satu lagi yang membuat Google Adsense populer adalah sudah banyak orang yang mendapatkan penghasilan besar dan sukses menjadi publisher Google Adsense, jadi anda tidak perlu ragu untuk mencobanya. Yang perlu diperhatikan, tentu saja butuh modal ketekunan dan keuletan jika anda berkecimpung di dunia periklanan, karena butuh waktu yang tidak sebentar untuk bisa meraih penghasilan dari memasang iklan.

Bagaimana, anda sekarang jadi tertarik ingin memiliki blog dan mendapatkan penghasilan? Sebenarnya masih banyak lagi cara menghasilkan uang dari blog, namun lima (5) cara diatas adalah yang paling umum dan sering digunakan oleh seorang Blogger untuk mereka mendapatkan penghasilan. Banyak yang telah sukses dari hasil blogging, dan anda pun memiliki kesempatan yang sama untuk itu. Namun saran terakhir saya adalah, jadilah Blogger yang berkualitas dan bermanfaat bagi orang lain, jangan jadi Blogger negatif yang melakukan hal-hal seperti seperti copy paste artikel orang, menyebar isu yang tidak baik dan kegiatan yang merugikan orang lain tentu saja, karena akan memperburuk citra Blogger. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda khususnya bagi anda para Blogger di dunia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *