by

Cara Meningkatkan Alexa Rank Blog

Alexa rank adalah peringkat suatu situs yang diberikan oleh website Alexa. Peringkat yang dihasilkan oleh situs web/blog dari Alexa rank mungkin di analisis dari banyak hal. Mulai dari trafik pengunjung, pageview, backlink, bounce rate dan hal-hal lain yang berpengaruh pada blog.

Cara Meningkatkan Alexa Rank Blog
Cara Meningkatkan Alexa Rank Blog

Meskipun saya secara pribadi menilai bahwa tolak ukur suksesnya suatu blog/web tidak hanya dari Alexa rank, akan tetapi bagi sebagian blogger dan juga webmaster, persepsi semakin baik Alexa rank/peringkat situs kita di Alexa, maka akan semakin pula memberi keuntungan tersendiri bagi pemiliknya. Dan sayapun masih setuju dengan pernyataan sebagian blogger semacam itu.

Alasannya bahwa masih banyak blogger dan juga internet marketer yang suka memasang iklan di blog/web yang Alexa ranknya kecil. Perlu anda ketahui, bahwa semakin kecil peringkat Alexa rank situs anda, maka semakin baik pula kualitas situs anda di mata Alexa. Untuk mengecek Alexa rank anda dapat membukanya di laman ini http://www.alexa.com/siteinfo.

Berdasarkan dari pengalaman, saya mempunyai sedikit ilmu bagaimana meningkatkan Alexa rank/peringkat situs kita di mata Alexa.

Berikut adalah tips bagaimana cara meningkatkan alexa rank blog atau situs anda:
  1. Perbanyak konten yang bermanfaat atau menghibur

Berdasarkan pengamatan dan riset yang saya lakukan selama ini. Hal yang paling berpengaruh pada Alexa rank adalah jumlah visitor dan pageview pada blog/situs anda. Semakin banyak jumlah visitor/pengunjung, maka Alexa rank anda akan semakin baik (ramping).

Tentu saja jumlah visitor/pengunjung yang datang ke blog/situs anda akan sangat bergantung oleh bermanfaat tidaknya konten yang anda miliki di blog. Jika blog anda berisi banyak konten-konten yang sangat bermanfaat atau menghibur bagi pengunjung, maka otomatis jumlah visitor atau pengunjung juga akan semakin banyak, dan hal ini akan berdampak positif bagi peringkat atau Alexa rank blog anda.

  1. Posting rutin atau perbarui konten blog/situs

Karena peringkat alexa sangat dinamis (mudah berubah) bergantung pada jumlah visitor, maka paling tidak anda harus rajin update konten baik itu artikel, ataupun konten lainnya yang ada di blog/situs web anda secara berkala.

Dengan rutin melakukan update konten atau posting, maka pengunjung atau visitor tidak akan bosan di suguhkan konten yang itu-itu saja, sehingga tidak mengakibatkan pengunjung berhenti untuk mengunjungi situs anda. Jika anda memang tipe orang yang sangat malas, anda mungkin bisa menyewa jasa penulis artikel, ataupun jika tidak, anda wajib menetapkan target paling tidak sebulan sekali harus posting artikel ataupun update konten blog anda.

  1. Dapatkan backlink yang berkualitas

Backlink menurut saya juga punya pengaruh yang signifikan terhadap Alexa rank blog. Sebenarnya jika blog anda banyak memberikan manfaat, blog anda akan sangat mudah sekali memperoleh natural backlink dari situs lain. Hal ini karena, mereka akan mereferensikan situs anda untuk dikunjungi sebab mungkin konten di situs anda memang memberikan solusi, penyelesaian masalah dan konten-konten bermanfaat lain yang sedang mereka cari.

Namun kita juga bisa mendapatkan backlink dari situs lain dengan cara berkontribusi pada situs-situs tertentu, memberikan komentar, maupun hanya dengan mengisi profil yang menyediakan tempat URL blog kita untuk ditulis. Tidak semua situs memberikan backlink yang baik terhadap situs anda, jadi paling tidak pilihlah situs-situs yang peringkat alexanya jauh diatas anda agar lebih efektif untuk meningkatkan Alexa rank situs anda, lebih bagus lagi jika situs tersebut masih satu “niche” atau satu topik dengan situs anda.

  1. Kurangi bounce rate blog anda

Alexa mungkin juga menilai seberapa besar bounce rate blog anda untuk memberikan peringkat/rangking terhadap blog anda. Oleh karena itu sebaiknya anda juga perlu mengetahui cara-cara untuk mengurangi bounce rate blog. Lebih lengkapnya anda bisa membacanya di halaman ini.

Singkatnya bounce rate anda semakin besar jika banyak pengunjung yang hanya membuka sekali laman blog anda untuk mencari informasi tertentu kemudian menutup blog anda tanpa melihat konten-konten lain yang mungkin tersedia di blog anda. Disini akan saya rangkum bagaimana anda dapat mengurangi bounce rate blog: cobalah untuk membuat related post, inline related post, mengurangi page load situs, mengurangi widget-widget yang dapat memberatkan situs untuk dibuka, perbanyak konten dan usahakan blog anda responsive ketika dibuka dari berbagai ukuran device (perangkat).

  1. Cobalah memasang iklan di Google Adwords maupun Facebook

Selain dapat meningkatkan jumlah pengunjung atau visitor blog, memasang iklan di Google Adwords maupun Facebook sebenarnya juga memberikan backlink terhadap blog anda. Menurut pengalaman saya, hal ini karena Google Adwords dan Facebook mempunyai jaringan periklanan yang luas, sehingga link blog anda mungkin akan dimunculkan di situs-situs lain tersebut, dan secara alami blog anda akan memperoleh backlink dari sana, yang juga akan berdampak pada peringkat Alexa rank blog anda.

Itulah sedikit tips bagaimana meningkatkan peringkat Alexa rank blog anda. Dapat saya simpulkan bahwa yang paling berpengaruh adalah jumlah visitor, pageview, konten dan backlink blog, sehingga hanya dengan memberikan konten yang bermanfaat maupun menghibur di blog anda, hampir dapat dipastikan blog anda akan mendapatkan semuanya yaitu: visitor, pageview dan backlink.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *