by

Cara Merubah Tulisan Menjadi Suara

Pernahkan Anda mendengarkan suara seseorang yang seperti robot? Mungkin saja audio itu dibuat menggunakan program Text to Speech (TTS). Program kecerdasan buatan ini memungkinkan untuk merubah teks ataupun tulisan menjadi sebuah suara. Hebatnya lagi suara tersebut langsung bisa kita simpan dalam format audio.

Cara Merubah Tulisan Menjadi Suara
Cara Merubah Tulisan Menjadi Suara

Ada banyak software TTS (Text to Speech) yang bertebaran di internet. Akan tetapi menurut saya yang paling bagus dan free adalah software Balabolka. Software Balabolka ini memungkinkan kita untuk mendapatkan audio dari yang sebelumnya berbentuk tulisan.

Software Balabolka juga mendukung suara Bahasa Indonesia, akan tetapi kita harus menggunakan plugin KobaSpeech. Anda dapat mendownload KobaSpeech di situs resminya (nanti akan saya sertakan linknya dibawah postingan). Untuk suara orang Indonesia silakan memilih Voicer dengan nama (Damayanti – Indonesia).

Akan tetapi untuk suara orang Indonesia menggunakan KobaSpeech Damayanti masuk dalam kategori premium atau shareware. Sehingga untuk mendapatkan full versi Anda harus membelinya, karena jika tidak KobaSpeech akan kadaluarsa dalam 30 hari dan Anda tidak dapat menggunakan suara Damayanti-Indonesia kembali.

Tapi tenang saja, BalaBolka tidak hanya support KobaSpeech, kabar baiknya BalaBolka bisa digunakan untuk Bahasa Indonesia dengan memanfaatkan Google Text to Speech. Namun kelemahan jika menggunakan Google Text to Speech di BalaBolka ini Anda harus terkoneksi dengan internet. Akan tetapi Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena saya sudah menggunakan BalaBolka dan saya rasa tidak terlalu menguras kuota internet.

Lalu bagaimana cara menggunakan software BalaBolka? Anda dapat menyimaknya dalam video berikut ini (juga saya sediakan link download BalaBolka dan KobaSpeech jika Anda membutuhkannya).

[ Download BalaBolka ]

[ Download KobaSpeech ]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *