by

Cara Mudah Mengatasi Rasa Jenuh dalam Bekerja

-Opini-128 views

Manusia memang tidak pernah terlepas dari permasalahan-permasalahan kehidupan. Bagi pengangguran, masalah mereka adalah susah mendapatkan pekerjaan. Sementara bagi mereka yang sudah memiliki pekerjaan, kerap kali rasa bosan dan jenuh singgah ke dalam pikiran, sehingga membuat mereka menjadi tidak semangat untuk bekerja. Masalah-masalah yang bisa dibilang sepele dan sederhana ini memang umum terjadi dan biasanya sering terjadi pada pekerja/karyawan yang sudah lama bekerja. Namun walau dianggap masalah sederhana dan sepele, tapi buktinya banyak orang yang tidak mampu untuk mengatasinya. Dan mereka merasa tertekan saat bekerja, sehingga hasil kerjapun tidak maksimal.

Cara Mudah Mengatasi Rasa Jenuh dalam Bekerja
Cara Mudah Mengatasi Rasa Jenuh dalam Bekerja

Untuk itu solusi yang tepat harus di cari agar dapat mengatasi masalah tersebut. Sebab jika dibiarkan berlama-lama, bisa saja hal buruk terjadi, misalnya Anda di skors bahkan mungkin di berhentikan dari perusahaan Anda, karena dianggap tidak produktif lagi.

Lantas, bagaimana cara mengatasi ini? Banyak cara yang bisa Anda lakukan, yang mana beberapa diantaranya telah kami rangkum dibawah ini.

Empat Cara Mudah Mengatasi Kejenuhan dalam Bekerja

  1. Manfaatkan Waktu Jeda untuk Melakukan Kegiatan yang Menghibur

Kebosanan mungkin terjadi karena Anda terlalu sibuk dengan segudang aktivitas yang monoton setiap harinya. Pada saat rasa bosan mulai melanda, hal sederhana yang harus Anda lakukan adalah memanfaatkan waktu jeda. Waktu istirahat kerja memang tidak banyak. Akan tetapi, Anda bisa memaksimalkannya dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan, misalnya ngopi sambil mendengarkan musik atau makan makanan favorit Anda. Hal semacam ini efektif untuk mengurangi rasa bosan.

  1. Kendalikan Situasi

Rasa bosan dan jenuh menjadi salah satu ancaman yang sangat serius bagi karir Anda. Oleh karena itu, jangan jadikan kejenuhan tersebut sebagai semacam pembenaran yang nantinya akan merugikan Anda. Orang yang jenuh dengan pekerjaannya sering membuat keputusan yang salah, misalnya berhenti bekerja. Jangan sampai kejenuhan mengendalikan Anda. Anda harus mengambil alih kendali jiwa Anda sendiri. Mulailah mengendalikan diri atas kejenuhan yang menimpa Anda. Jangan berlarut-larut dalam kejenuhan.

  1. Lakukan Penilaian/Introspeksi

Setelah Anda dapat mengendalikan situasi, saatnya Anda mulai melakukan penilaian atas pekerjaan Anda. Pahami dengan benar apa yang membuat Anda merasa jenuh, apakah penyebabnya adalah karena lingkungan kerja yang buruk, beban kerja yang berat, atau tekanan dari pihak lain. Sebagai pekerja professional, Anda pasti bisa memberikan penilaian yang objektif atas hal tersebut. Berhenti bekerja memang menjadi opsi paling nyata ketika seseorang merasa jenuh. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa pekerjaan baru pun belum tentu bisa menghindarkan Anda dari rasa jenuh. Lagi pula, pindah kerja berarti memulai karir Anda dari awal lagi. Ini tentu akan menjadi beban berat juga.

  1. Luangkan waktu untuk Berlibur

Saat Anda ada pada posisi benar-benar stres, lelah, dan jenuh bekerja, tidak ada salahnya untuk menyisihkan waktu sibuk Anda dengan berlibur. Kepenatan Anda dalam menghadapi pekerjaan akan sedikit terkurangi saat Anda berlibur. Mengunjungi tempat-tempat yang indah akan memberikan ketenangan pada diri Anda. Setelah Anda merasa tenang, Anda bisa kembali berfikir jernih dan fokus dengan pekerjaan Anda.

Berlibur tidak selalu pergi ke tempat yang jauh dan menghabiskan banyak uang. Anda bisa pilih destinasi wisata yang dekat dengan tempat bekerja Anda. Destinasi berlibur yang paling cocok untuk Anda yang sedang stres dengan pekerjaan adalah wisata alam. Kembali ke alam yang hijau dan asri akan mengurangi kejenuhan Anda.

Demikian adalah empat hal sederhana yang bisa Anda lakukan ketika rasa bosan menyerang Anda. Setelah bekerja begitu keras, tubuh juga harus mendapatkan timbal balik yang setimpal. Istirahat dan pergi berlibur bisa menjadi solusi yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat buat Anda yang sedang jenuh dalam bekerja. (Ran).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *