by

Cara Promosi Online yang Murah dan Efektif

-Bisnis-107 views

Pengusaha yang pintar pasti juga memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menunjang usahanya. Salah satu trik untuk mengembangkan usaha dengan cepat, mudah, dan murah saat ini adalah dengan promosi menggunakan media online. Selain berbiaya murah, promosi online juga bisa menjangkau wilayah yang lebih luas dan tak terbatas. Nah, setidaknya ada tiga cara promosi mudah yang bisa Anda lakukan, khususnya bagi Anda yang masih pemula di bidang ini.

Cara Promosi Online yang Murah dan Efektif
Cara Promosi Online yang Murah dan Efektif
  1. Promosi Menggunakan Media Sosial

Langkah pertama yang wajib Anda coba adalah dengan menggunakan media sosial. Promosi di media sosial ini bahkan cenderung gratis yang hanya bermodalkan perangkat dan koneksi internet, kecuali jika Anda memilih menggunakan fitur yang berbayar dan premium. Berikut beberapa pilihan media sosial yang bisa Anda jadikan tempat promosi:

  • Facebook

Media sosial facebook memang masih sangat digemari hingga saat ini. facebook menjadi media sosial yang sangat potensial untuk mengiklankan produk Anda. Cara paling tepat memanfaatkan facebook untuk promosi adalah dengan membuat fanspage atau halaman untuk produk/toko Anda. Kemudian buatlah status mengenai ulasan produk ataupun program give-away ringan agar banyak orang yang mau bergabung dengan fanspage tersebut.

Jika Anda sudah memiliki cukup modal, Anda bisa melakukan kerjasama iklan dengan pihak facebook. Fanspage Anda akan muncul dengan sendirinya di beranda pengguna facebook lain jika Anda mengikuti program iklan ini. dengan begitu, tentunya nama toko Anda akan semakin dikenal luas.

  • Instagram

Sama seperti facebook, instagram yang juga satu platform dengan facebook ini juga bisa menjadi tempat promosi yang strategis. Bahkan saat ini banyak sekali pengguna media sosial lainnya yang beralih ke instagram dan menjadikan media sosial ini menjadi salah satu tempat jualan utama.

Untuk bisa mempromosikan barang di instagram, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Anda bisa membuat akun dengan nama toko, nama Anda, atau nama brand yang Anda inginkan. Setelah itu Anda tinggal memposting foto-foto produk yang dijual dengan semenarik mungkin. Selain itu masih banyak lagi trik berjualan di instagram yang bisa dicoba, mulai dari mengadakan kuis, meng endors selebgram, program give away dan cobalah juga menggunakan strategi Anda sendiri.

  1. Menggunakan Google AdWords

Google adalah search engine terbesar saat ini. Jadi Anda bisa memanfaatkan Google untuk mempromosikan produk Anda. Bagaimana caranya? Anda bisa menggunakan Google Adwords agar situs Anda bisa ditampilkan di halaman pertama pencarian google. Pastinya, semakin berada di urutan pertama, maka akan semakin besar kemungkinan situs Anda dibuka oleh calon konsumen. Namun untuk bisa mengiklankan usaha melalui Google AdWords ini pastinya tidak gratis, Anda harus merogoh dana untuk membayarnya, namun masih bisa di sesuaikan dan di kontrol pengeluarannya sesuai keinginan Anda.

  1. Menggunakan Jasa SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah strategi/cara yang digunakan untuk menaikkan rating website atau toko online Anda agar bisa tampil di halaman pertama Google Search Engine. Namun untuk bisa menempatkan website Anda di posisi pertama Goole Search Engine membutuhkan teknik khusus, dan pastinya untuk orang awam hal ini cukup sulit.

Untuk itu, tak ada salahnya jika Anda menggunakan jasa SEO, supaya toko online/web yang Anda buat bisa muncul di halaman teratas atau halaman pertama pencarian Google. Dan untuk menggunakan jasa ini memang biayanya lumayan mahal, bahkan bisa sampai jutaan. Namun tentunya hasil yang didapat akan sebanding dengan  modal yang dikeluarkan.

Itulah diatas 3 cara promosi online yang bisa Anda coba. Selain cara-cara promosi online tersebut tentu masih banyak lagi model promosi online lainnya, namun untuk Anda yang pemula, bisa memaksimalkan dulu trik diatas dan melihat seberapa besar dampaknya pada situs/toko online dan produk yang Anda jual.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *