by

Cara Sukses Menjadi Freelancer

-Bisnis-123 views

Bosan dengan kerja kantoran yang membuat Anda terkekang? Anda ingin beralih ke bidang lain? Kenapa tidak Anda coba saja menjadi freelancer? Gak ribet kok, hanya dengan bermodalkan komputer dan jaringan internet saja Anda sudah bisa memulainya.

Cara Sukses Menjadi Freelancer
Cara Sukses Menjadi Freelancer

Jika Anda pekerja keras dan pantang menyerah, pastinya kesuksesan bukan hal yang mustahil. Nah, buat Anda yang masih bingung harus memulai dari mana untuk menjadi freelancer, sebaiknya simak tips dan cara sukses menjadi freelancer berikut.

Tips Menjadi Freelancer Sukses

1. Kenali Potensi Diri
Sebagian besar freelancer bekerja berdasarkan keahlian di bidang kreatif seperti menulis, mendesain, fotografi dan banyak lagi. Kenali dulu keahlian Anda, baru kemudian mencari peluang. Keahlian yang menjual adalah modal utama menjadi freelancer sukses.

2. Lakukan Riset Pada Pasar
Riset yang meliputi pencarian tempat sebagai lahan untuk menjual keahlian nantinya juga akan bermanfaat bagi Anda untuk mempersiapkan hal-hal yang diperlukan ketika menjalani profesi ini.

3. Kumpulkan Karya Terbaik Anda
Karena bidang keahlian yang Anda pilih adalah yang paling Anda sukai, tentu Anda sudah mempunyai beberapa hasil karya sebelumnya. Publikasikan itu sebagai sarana memperkenalkan diri kepada calon pelanggan baru.

Jika yang telah dibahas di atas adalah langkah-langkah untuk Anda ketika memutuskan untuk menjadi freelancer, yang berikut ini khusus buat Anda yang baru atau sudah lama menjadi freelancer dan ingin sukses didalamnya.

1. Buat Rencana Bisnis
Tuangkanlah apa saja yang harus dilakukan ke dalam sebuah rencana terstruktur untuk membantu Anda menjalankannya.

2. Rencanakan Jadwal Kegiatan
Setiap minggu, susunlah jadwal kegiatan baru sehingga Anda bisa mengelola waktu secara efisien. Ingatlah bahwa klien Anda pasti sudah menetapkan deadline pada setiap proyek.

3. Gunakan Software Pendukung
Software pendukung akan membuat pekerjaan lebih cepat selesai. Anda akan diuntungkan dengan banyaknya software gratis yang bertebaran di internet.

4. Buat Logo Semenarik Mungkin
Logo sangat berperan untuk mempublikasikan diri Anda atau perusahaan. Selain itu logo dapat menunjukkan profesionalitas Anda. Karena itu buatlah logo semenarik mungkin, sederhana, mudah di ingat tetapi tetap penuh makna.

5. Jangan Memaksakan Diri
Kualitas dan deadline kadang saling bertentangan ketika Anda menerima sebuah proyek. Jika memang Anda sudah memperkirakan tidak bisa membuat hasil dengan kualitas bagus dengan batas waktu yang diberikan, Anda boleh mengatakan ‘tidak’ pada klien.

6. Membuat Blog
Blog, website dan media sosial merupakan sarana yang bagus untuk memasarkan produk Anda secara online. Blog juga dapat digunakan untuk menyimpan portofolio dari karya-karya Anda.

7. Update Website Secara Teratur
Jika sudah mempunyai sebuah website, maka Anda harus memperbarui kontennya secara berkala. Memang akan memakan waktu, namun website dengan konten yang selalu segar akan banyak menarik pelanggan baru.

8. Perbanyak Mitra Kerja
Mitra kerja bisa berasal dari mana saja. Bisa dari rekan, keluarga atau bahkan teman lama Anda. Bangunlah relasi sebanyak-banyaknya karena akan sangat membantu mengembangkan bisnis Anda di bidang freelancer ini.

9. Disiplin
Satu lagi kunci untuk menjadi freelancer yang sukses adalah disiplin dalam bekerja. Disiplin juga menjadi tolak ukur untuk menilai seberapa profesionalkah Anda dalam bekerja.

Nah, itulah diatas beberapa tips dan sukses menjadi seorang freelancer. Menarik bukan pembahasan di atas, apa Anda sudah mulai berpikir untuk mencobanya? Beritahu kami pengalaman Anda!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *