by

Cara Terbaik untuk Mencari Modal Berbinis

-Bisnis-82 views

Anda ingin berbisnis tetapi bingung bagaimana caranya untuk mendapatkan modal? Nah, jika itu yang terjadi pada anda, maka bisa kami katakan anda tidak sendiri. Karena di luar sana banyak orang yang mengalami masalah serupa. Untuk itu, pada kesempatan ini kami akan bagikan beberapa tips atau ide dalam mengumpulkan modal berbisnis yang bisa anda contoh dan terapkan. Penasaran ide apa saja itu? Berikut jawabannya.

Cara Terbaik untuk Mencari Modal Berbinis
Cara Terbaik untuk Mencari Modal Berbinis

Cara Terbaik untuk Mencari Modal Berbisnis

Pakai tabungan

Sumber dana/modal yang paling mudah adalah modal dari uang tabungan. Menggunakan tabungan sendiri untuk mendanai bisnis yang sedang anda rintis adalah pilihan yang tepat. Karena jika sewaktu-waktu ada hal buruk menimpa usaha anda, maka anda tak perlu berurusan dengan pihak bank atau pihak rentenir yang mungkin anda jadikan tempat meminjam modal.

Pinjam ke teman/saudara

Bila tak mempunyai tabungan pribadi yang cukup, maka pinjam uang ke teman atau pada saudara adalah pilihan yang tepat. Untuk meyakinkan mereka pastikan anda telah panjang lebar menjelaskan rencana bisnis atau usaha anda. Dengan meminjam uang pada mereka, tentu anda tidak perlu membayar bunga pinjaman seperti layaknya bila meminjam di bank. Yang penting, selalu jaga kepercayaan mereka, jika anda berjanji mengembalikan tanggal sekian, maka pada tanggal tersebut anda harus menepati untuk mengembalikan pinjaman anda.

Pinjam ke bank

Jika anda tak punya tabungan, dan tak ada saudara yang bisa meminjamkan sesuai nominal yang anda harapkan, maka solusi berikutnya anda bisa meminjam uang di Bank. Namun sebaiknya anda jeli dalam memilih bank tersebut. Pastikan bank tersebut terpercaya, dan tingkat suku bunga pinjamannya paling rendah di antara yang lain. Atau kalau bisa, anda mendaftar pada program pinjaman lunak buat para UKM. Sebab di bank-bank tertentu ada program tersebut, guna mensukseskan progam pemerintah dalam memajukan UKM di tanah air. Yang perlu anda siapkan adalah proposal usaha yang bagus dan persyaratan lain yang di minta oleh pihak bank yang bersangkutan.

Manfaatkan Pegadaian

Pegadaian adalah alternatif berikutnya jika anda membutuhkan modal usaha dengan cepat. Anda bisa menggadaikan barang berharga anda, semisal emas, atau barang lainnya, yang bisa di ajukan dan digadaikan guna mendapatkan uang untuk modal usaha anda.

Menjual Aset Anda

Solusi berikutnya yang bisa anda tempuh dalam mencari modal usaha adalah dengan menjual aset anda. Tentunya dalam melakukan pilihan ini, anda telah berpikir masak-masak baik buruknya. Karena jika tidak, justru anda yang akan rugi. Pastikan yang anda jual adalah aset yang tidak terlalu anda butuhkan dan kurang produktif. Misalnya dengan menjual emas, atau mungkin tanah yang tidak strategis lokasinya.

Dari Pelatihan

Coba ikuti pelatihannya di lembaga-lembaga pelatihan. Biasanya pada pelatihan, lembaga penyelenggara menyediakan informasi mengenai modal untuk usaha. Siapa tahu ada investor yang siap mendanai usaha/bisnis anda.  Jadi, cobalah anda mengikuti bila ada event-event  atau training. Hal ini sangat membantu anda dalam memperoleh dana untuk modal.

Dari Konsumen Anda

Tak selamanya modal di rogoh dari kocek sendiri. Ternyata anda bisa memanfaatkan konsumen sebagai sumber modal anda. Bagaimana caranya? Mintalah lebih dahulu uang muka, kemudian gunakan uang muka tersebut sebagai modal dalam mengerjakan produk yang anda jual tersebut.

Bagaikan pepatah, tak ada rotan akar pun jadi. Jadi anda tak boleh menyerah, dalam mendapatkan modal guna menjalankan bisnis Anda. Jika jalan satu gagal, maka jangan ragu untuk memakai jalan lainnya, supaya berhasil. Dan setelah mendapatkan modal yang di inginkan, gunakan sebaik-baiknya dan pastikan modal tersebut dapat kembali dan berkembang hingga berkali-kali lipat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *